Friday, December 12, 2014

DIET!

Udah 3 bulanan ini kami menerapkan pola diet baru buat D, juga buat keluarga kami. Buat D karena berkaitan dengan “alergi” atau makanan-makanan yang “offensive” buat D, dan buat kami karena solidaritas :|

Jadi, sekitar 4-5 bulan lalu si D dites BIOTEK. Testnya di Jakarta, daerah Pluit. Jadi diambil darah 3 tetes doang dari ujung jari, terus dites makanan-makanan apa yang “menumpuk” di badannya D, yang gak kecerna dengan baik. Makanan-makanan ini sebagian adalah makanan yang harus dihindari, atau harus dirotasi, alias gak boleh dimakan saban hari. Idealnya, satu jenis makanan yang “gak numpuk” di dalam badan, hanya boleh dimakan sekali dalam kurun waktu 4 hari. Dan makanan yang “udah numpuk” alias titernya tinggi di dalam darahnya, kudu dihindari. Ada yang udah tinggi banget titernya, dan kudu dipantang sama sekali selama 6 bulan, baru setelah itu dites ulang untuk liat perkembangannya. Kalo masih tinggi ya kudu dipantangin terus, tapi kalo menurun, berarti makanan tersebut bisa dimakan lagi, dengan dirotasi setiap 4 hari sekali.

Kedengerannya rumit ya? Yah lumayan.
Saya orang yang gak bisa mikirin menu seminggu ke depan. Saya emang gak tiap hari ke pasar, sekali ke pasar saya nyetok daging-dagingan, buat masak A, B, C gitu aja. Gak kepikir bahwa hari senin saya mau masak A sama X, sama Y, hari selasanya saya masak B, W, Z. My brain just doesn’t work that way. Pernah nyoba bikin menu mingguan. Pas nyampe pasar liat bahan-bahan yang bagus dan lagi murah, saya bingung sendiri karena menu yang udah susah payah saya susun jadi kacau balau gara-gara diubah-ubah -.-‘
So, saya ini tipe orang yang hampir tiap hari butuh tukang sayur. Pagi-pagi saya baru mikir hari ini mau masak apa, sesuai stok yang ada di kulkas, yang ngga ada ya saya kudu mendadak beli.

Nah sejak diet rotasi 4 harian ini, saya mau gak mau terpaksa bikin menu, at least buat 4 hari, karena pada hari ke-5 kan udah bisa berulang ya. Hm. Cara yang bagus buat expand my capacity, in terms of daily cooking.

Puyeng?
Engga terlalu puyeng ya?

Tapi simak dulu dong pantangannya:
1. BIG no-no (sama sekali engga boleh, selama 6 bulan):
telur, susu, kedelai (termasuk kecap dan semua yang mengandung kedelai), jagung, udang, tiram, timun, semangka, rebung
2. NO:
terigu/gluten, bawang daun, selada, tomat, kangkung, brokoli, kol, kembang kol, kentang, seledri, wortel, jahe, ragi, talas, stroberi, jeruk, lemon, kiwi, melon, blewah, cumi, lobster, kepiting, labu siam, paprika, dan lain-lain (yang jarang ada di Indo dan hampir gak pernah kami konsumsi juga)

Sekarang udah puyeng? :D

Daging sih cukup banyak yang bisa dimakan: ayam, babi, sapi, ikan, bahkan kodok. Tapi susahnya kalo dalam sehari si D makan 2 macem daging, 2 daging itu baru boleh dimakan lagi 4 hari kemudian, jadi dalam sehari gak boleh terlalu banyak jenis daging yang boleh dimakan. Maka buat memudahkan, saya mencanangkan “hari daging tertentu”: jadi kalo hari ini hari ayam, kita makan daging ayam, sebisanya jangan makan daging lain. Pada hari sapi, kami sebisanya makan sapi aja (plus sayuran atau lauk lain). Dan pada hari2 sapi, saya perhatiin kok sekeluarga pada gak semangat makan. Ternyata kami sekeluarga gak terlalu doyan sapi, sodara-sodara, baru nyadar, hahaha... Akhirnya hari sapi pun ditiadakan :)

Kerjaan saya sehari-hari jadinya mikirin makanaaaaannn melulu. Ngejadualin menu sambil mikir ketersediaan bahannya dan boleh engganya dimakan, nyocokin sama jadual saya sehari-hari (waktu saya gak keburu masak karena ada pertemuan ortu atau sebangsanya, saya jadi kudu masak yang simpel aja), nyocokin jadual anaknya (karena selain 3 meals, saya juga kudu sediain dan masakin cemilannya dan bekalnya ke skul), kudu juga sediain makan siang buat helper part time kami, dan makanan kalo suami bakal makan di rumah. Diri sendiri udah kelaut deh. Gak sanggup lagi mikir -.-‘ Kadang dengan hati puas karena makanan plus cemilan buat D udah aman buat seharian atau buat keesokan harinya, saya gak sadar diri sendiri belom dikasih makan @.@
Dan daripada puas hati karena berhasilnya, lebih banyakan saya bengong ngeliatin “berkas-berkas” saya dengan pikiran nge-blank gak nemu solusi.


Puyeng banget mikirin menu. Kadang udah hepi banget karena berhasil nyusun menu yang masuk akal dan ideal, eh nyampe di pasar bahan-bahan yang saya cari gak ada! Kalo udah gituh, sakitnya tuh di siniiihhhh.... #tunjuk otak.
Rasanya sepanjang hari saya bisa bolak balik ngahuleng alias ngelangut mikirin menu. Rasanya saya jauh lebih banyak mikirin menu daripada mikirin yang lain. Rasanya kaya punya berhala baru *tepokjidat*

Kemudian saya baca Matius 6:25:
Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian?

Iya ya.

Dan Matius 6:26:
Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

Eh bukannya dapet pencerahan, saya malah jadi sirik sama burung-burung dan hewan-hewan. Kok enak ya, makan tinggal makan aja, gak pusing kayak saya?

Suatu ketika, pagi-pagi waktu saya lagi berpusing-pusing ria mikirin menu lagi, saya iseng sambil setel TV. Acaranya seri dokumenter berjudul “Natural Born Hunters”, alias film hewan-hewan gitu. (Ehm, iya saya emang demen nonton dokumenter hewan, kaya anak saya, dan juga kaya papa saya. Yup kami 3 generasi penggemar film hewan, hahaha...)
Anyway, di seri ini, mereka mengulas 3 jenis hewan dalam perjuangan mereka mencari makan dalam sehari itu. Ada cheetah yang berburu berulang-ulang tapi gak kunjung dapet mangsa, ada belalang yang dalam waktu singkat udah berhasil dapet banyak mangsa tapi terus dimangsa oleh hewan lain, dan lain-lain. Ternyata hewan-hewan pun kudu berjuang untuk makan, sering kali bertaruh nyawa dalam usahanya. Ternyata Tuhan memberi hewan-hewan ciptaan-Nya makanan, tapi enggak ditaruh di sarang mereka, kudu dicari dan diusahakan!
Satu-satunya tempat di mana seorang dewasa bisa dapet makanan 3x sehari gratis tanpa usaha atau meminta dalam jangka waktu yang lama adalah: di penjara :P

Setelah 2 bulanan ke mana-mana menggendong catetan menu, akhirnya saya berusaha lebih cuek. Bukan berarti dietnya disingkirin begitu aja (udah bayar berjuta-juta, mubasir juragaaann...), tapi diikutin sebisanya aja dah. Yang daftar BIG no-no sih emang beneran dipantang abis, tapi yang lain-lainnya go with the flow aja :P
Kalo gak ada pilihan yang lebih baik, ya udah lebih baik makan aja apa yang ada daripada gak makan, selama pilihan itu bukan daftar BIG no-no.
Eating healthy is good, but let’s not take it to the extreme. Setuju?

So far, BB saya dan anak saya turun sih *nangis meraung-raung*. So we are at wits end. Masih berusaha nyari balance yang sehat antara menghindari offensive foods sambil tetap feed ourselves.

Menutup posting kali ini, saya mau share resep kukis tanpa telor, tanpa susu dan tanpa terigu ini:

EGGLESS, MILKLESS, GLUTEN-FREE COOKIES
Resep diambil dari http://samayalarai-cookingisdivine.blogspot.com

Bahan:
1 1/2 cup tepung mocaf
1/2 cup butter (saya pake Barco coconut oil dimasukin ke kulkas selama 20-30 menitan)
1/2 cup tepung almond (saya pake ampas bekas bikin almond milk)
1/3 cup gula halus
1/4 sdt garam
1/2 sdt bubuk kayu manis (saya pake spekuk)
1/2 sdt vanila
1/2 sdt baking powder
3/4 sdm air (atau susu almond)
1/2 sdm tepung ubi garut (arrowroot)
1/4 sdt air perasan lemon (atau cuka apel)
3/4 sdt xanthan gum (optional)
Filling: selai rasa apa aja (optional)

Cara membuat:
1. Campur tepung mocaf, tepung almond, garam, xanthan gum, bubuk kayu manis/spekuk, vanila bubuk (kalo pake vanila cair digabungnya sama bahan cair nanti), aduk dengan whisk sampe rata betul
2. Di mangkok agak besar: kocok butter lembek (kalo pake coconut oil jangan sampe cair banget), vanila cair, gula halus, sampe rata betul. Kemudian masukkan bahan-bahan kering di nomor 1
3. Di mangkuk kecil, campurkan baking powder+air+air lemon/cuka apel+tepung garut. Larutan ini akan berbuih, segera campurkan ke adonan tepung. Uleni sampe bisa dibentuk kayak bola (dough ball). Kalo terasa terlalu lengket, taruh sedikit tepung di tangan Anda selama menguleni.
Bagi menjadi 2 dough ball, bungkus dengan plastik cling wrap, masukkan ke kulkas selama 1-2 jam, atau semalaman.
4. Saat akan memanggang, keluarkan dough ball dari kulkas, biarkan di suhu ruangan selama sekitar 20 menit. Gilas setebal kira-kira 3-5 mm, cetak sesuai selera, letakkan di tray yang dialasi kertas roti dan sedikit minyak (saya gak pake minyak tapi gak lengket tuh). Masukkan lagi tray ke kulkas sebentar kalo cookie dough terasa lembek.
5. Panaskan oven 180-200 C, panggang cookie selama 10 menit untuk tiap sisi (jadi dibalik 1x), sebelum cookie berwarna kecoklatan. Dinginkan.
6. Taburi dusting sugar, atau buat sandwich dengan mengoleskan selai di antara 2 cookies.


Gosongnya kukis saya jangan ditiru ya :P
Semoga resep ini bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)