Wednesday, July 30, 2014

Resep Japanese Cheese Cotton Cake non-gluten

Resep Japanese Cheese Cotton Cake

250 ml susu
200 gr cream cheese, suhu ruangan, dipotong-potong agak kecil (supaya cepet larut aja)
60 gr unsalted butter (saya pake Elle&Vire)
6 kuning telur
55 gr tepung mocaf atau GF flour lain*
20 gr tepung maizena
Lemon/orange zest (parutan kulit) dari 1/2 butir jeruk lemon/sunkist
Essen vanila

Adonan busa:
6 putih telur
1/4 sdt cream of tartar (optional)
130 gr gula pasir

NB: Resep diambil dari internet, saya lupa lagi dari mana, kalo ngga salah dari sini: http://krista-mocafkitchen.blogspot.com
Resep ini udah saya modifikasi sesuai selera dan kemampuan ;)

Cara membuat
1. Siapkan 2 pan. Alasi salah pan yang lebih kecil dengan baking paper, oles minyak. Didihkan air, untuk diisi ke pan yang lebih besar pada saat manggang. Jadi nanti waktu manggang, pan yang kecil harus dimasukin ke pan yang lebih besar, yang sudah diisi air mendidih. Jadi si pan kecil direndam gitu (cara ini disebut au bain marie). Sebaiknya dicoba dulu (simulasi dulu) pake air biasa, supaya tau pan yang besar harus diisi air segimana supaya gak luber atau airnya masuk ke adonan. Idealnya pan yang di dalam terendam air sampe setinggi 1/2 atau 3/4-nya.

2. Panaskan oven 150 dercel

3. Adonan pertama:
Susu + cream cheese ditim (dipanaskan di dalam baskom/mangkok yang ditaruh ke dalam panci berisi air mendidih. Caranya, air di dalam panci dididihkan dulu, setelah mendidih, kecilkan api, baru masukkan baskom berisi susu+cream cheese) sampe larut dan halus. Masukkan butter, aduk sampe meleleh, kemudian sisihkan hingga dingin.
Setelah dingin, masukkan kuning telur, aduk rata.
Masukkan tepung sambil diayak sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk rata.
Masukkan zest dan vanila.

4. Adonan busa:
Kocok putih telur sampe berbusa, masukkan cream of tartar, kocok terus sampe soft peak sambil gula dimasukkan sesendok demi sesendok, tunggu sampai gula larut sebelum memasukkan sendok berikutnya. Lanjutkan mengocok sampe stiff peak (kalo mixer distop dan diangkat, ujung busa meruncing dan kaku).

5. Ambil 1/3 adonan busa, masukkan ke adonan pertama, aduk rata. Masukkan sisa adonan secara bertahap sambil diaduk balik. Hati-hati mengaduknya ya, kalo ngaduknya terlalu semangat bisa bantat nanti kuenya. Sebaiknya liat di youtube supaya tau cara mengaduk balik adonan busa yang baik.

6. Tuang adonan ke dalam pan yang sudah disiapkan, masukkan pan tersebut ke dalam pan lebih besar yang sudah diisi sedikit air mendidih. Jangan sampe luber ya.
Oven selama 50-60 menit. kalo adonan di dalam pan udah keliatan mengembang, turunkan sedikit suhu oven. Kenali oven masing-masing ya... kalo sebentar aja permukaan adonan udah keliatan kecoklatan, boleh ditutup dengan alumunium foil.
 
Setelah matang (lakukan tes tusuk, jika lidi ditusukkan ke tengah adonan dan ditarik kembali, tidak ada adonan cair yang masih melekat), dinginkan secara bertahap: mula-mula matikan oven, bukan pintu oven, tapi biarkan kedua pan tetap di dalam oven selama 10 menit. Kemudian keluarkan, dinginkan di suhu ruangan. Tunggu sampe benar-benar dingin sebelum menyimpan kue ke dalam kulkas.

Catatan: kalo bisa sih jangan pake pan yang terbuat dari aluminium (pan kaleng yang ringan dan murmer itu), soalnya bisa bocor atau air rendamannya merembes ke dalam adonan. Banyak resep yang menganjurkan supaya pan aluminium dilapis dengan aluminium foil sampe 3 lapis supaya air gak merembes, but mendingan ngemodal beli pan tanpa sambungan (yang teflon atau stainless steel, emang harganya lebih mahalan). Soalnya bikin kue ini udah ribettt, kalo kudu ngelapis2 foil lagi mah rempong banget (udah nyoba soalnya, bete deh wkwkwkwk...).

Saya belom pernah nyoba pake pan pyrex, so kalo ada yang udah nyoba please boleh share gimana hasilnya ya...

* tepung non-gluten buat bikin cake ini bisa dibikin sendiri dengan perbandingan sbb:
Tepung beras : tepung ubi garut atau arrowroot : tepung kanji = 5: 2 : 1
Atau pake tepung mocaf (modified cassava flour alias tepung singkong modifikasi).

Kue ini kalo berhasil bikinnya, teksturnya YAHUT bin edun dah... seperti kue dari taman Eden (wkwkwkkw.... ngarang banget, zaman taman Eden mana ada kue ya :P). Sebanding sama segala kerumitan bikinnya (dan harga cream cheese-nya yang lumayan itu :P).




Karena ini musim lebaran, selain ngucapin Selamat Idul Fitri buat pembaca yang merayakan, saya juga mengingatkan supaya nyoba2 masak ini jangan pas lagi kena flu babu ya hihiih.... ntar dapetnya bete dah, gagara banyak cucian :P
Buat yang terus maju pantang mundur nyoba, good luck ya!! Semoga hasilnya enak dan berkenan....

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)