Tuesday, December 17, 2013

Project December Part 4



Ini lanjutan kisah 6th birthday party-nya D. Kalo mau baca dari awal, silakan ke sini and sini.

Kemarin saya kelupaan sebut soal birthday cake.
Birthday cake saya dapet contoh dari internet, bolu bermotif harimau lengkap dengan ekornya, supercute. Saya gak aplot fotonya ya, soalnya udah lupa dulu liat di website mana. Dan karena keterbatasan bujet, saya gak bisa ngikutin seperti contohnya, jadinya begini aja:


Ceritanya ini loreng2 macan, dan yang panjang itu ekornya hehehe... Mirip aja lah ya! *maksa*

Figurine Tigger saya nemu di toko mainan, makanya cilik begitu wkwkwkw...
Lilin mah beli sendiri. Lupa pula gak pake lilin angka 6, ketinggalan di rumah :P
Saya emang bukan penggemar cake. Dulu waktu nikahan juga sempet gak mau pake cake pengantin, gagara cake palsu gak bisa dimakan tapi ngabisin bujet berjuta-juta. Tapi ide saya ditentang habiiissss sama ortu dan (waktu itu calon) suami wakakakaka....
Lagipula si D kan diet gluten, plus gak makan pewarna sama sekali. Sedangkan cake yang kami (papa+mama) mau FULL pewarna makanan and coklat. So, birthday boy didn’t get to eat his birthday cake :P And gak ada yang peduli tuh wkwkwkwwk.... Bolunya akhirnya saya kasih ke TU, buat dibagi aja di antara guru-guru :D

Konon kuenya enak loh (tapi maap saya gak nyobain jadi gak bisa kasih testimoni sendiri :P). Saya pesannya di jln Lacukang no.3, telp 0411-5033755.
Mereka (suami istri) profesional banget, on time, dan passionate. Dengan antusias mereka dengerin permintaan cake saya yang aneh bin ajaib :P And ngusahain supaya semirip mungkin sama contohnya. Enak diajak komunikasi, kerjasamanya lancar gak ribet, pokoke JEMPOL banget dah! ^___^ They bless me a lot!
Laen kali kalo ada butuh cake lagi saya kayanya bakal pesen ke mereka lagi dah.

Sekarang tentang PINATA ya. Kalo mau tau lengkapnya soal pinata, google aja ya :P Singkatnya sih kalo bahasa Indonesianya SAWER kali ya wkwkwkw... #ngarang banget, sotoy-nya keluar :P #
Atau sama dengan CONFETTI, kalo di acara2 kawinan. Yaitu benda berisi guntingan kertas warna-warni kelap-kelip, hadiah2 kecil, permen, kadang juga uang koin. Kalo pinata saya sih gak diisi uang, cuma permen, kertas kelip-kelip (pita-pita sisa ngehiasin kado2, goodie bag, dll dimanfaatin buat ngisi), permen, sama hadiah2 kecil yang ringan and gak gampang pecah (ya iyalah ya... Kalo diisi yang berat2 entar orang-orang di bawahnya sakit dong ketimpa, atau malah hadiahnya rusak pas jatuh ke lantai).
Ini dia my favorite di project December :) PINATA
Entar ekor harimaunya ditarik, trus keluarlah hadiah2, permen, kertas kelip-kelip, buat rebutan
Sorry, mencong again fotonya >_<
Sebelum dan selama acara, ekor harimaunya terpaksa diamankan dulu dari tangan-tangan jahil :)
Horreee yang ini gak mencong :D
Birthday boy yang pake kemeja kotak-kotak oranye, ketiga dari kanan

Anyway, katanya di Mangga Dua Jakarta udah banyak tuh yang jual Pinata, atau bisa juga beli online. Tapi baca2 di internet katanya mahal harganya. So, saya browsing2 coba2 bikin. Ada juga yang kasih tutorial bikin pinata yang digebuk alias dipukul sampe pecah, tapi saya kurang sreg. Pas lagi bengong nemenin si D main, mendadak dapet ilham buat bikin pinata yang sederhana aja. Bentuk silinder gitu, tutup bawahnya dikasih tali jadi tinggal ditarik aja entar, gak pake acara gebuk-gebukan. Lagian kalo si D disuruh gebuk2 gitu dengan mata tertutup, kok saya SYEREM sendiri wkwkwk... Tinggal mikir aja gimana caranya bikin penutup yang bisa ditarik lepas tapi gak bisa copot sendiri kalo pinata-nya udah ada isinya (kan lumayan rada berat juga ya).

Pinata in the making:
Jadi bikinnya pake karton dibentuk silinder aja, tutupnya bunder pake karton yang lebih tebelan, di tengahnya dilubangin and saya kasih tali panjang buat nyantolin pinatanya nanti pas dipake. Trus luarnya dikasih kertas krep oranye sama item2 dikit biar kayak loreng2nya harimau.
Kalo mau liat tutupnya ada fotonya di postingan yang lalu: Project December part 3


Sori, saya gak motret pas bikin tutupnya, soalnya belakangan banget saya bikin tutupnya.
Ini pernak-pernik birthday saya bikinnya bener2 bertahap, semua selesai dalam waktu kurang lebih 2 bulan. Saya kerjain yang butuh konsentrasi cuma pas si D tidur siang atau di skul (tapi kalo pagi mah biasanya saya udah ribet sama acara masak dll, jadi jarang juga ngerjain pagi2). Jadi bener2 berdikit2. Kadang udah gemesss banget pengen selesaiin, tapi apa daya waktunya udah gak ada, terpaksa ditunda2.

Saya sempet kuatir pas acara pinata anak2 cuman bengong gak ngerti, soalnya saya sendiri gak pernah liat acara pinata di ultah mana pun, liat di internet doang.
Tapi gurunya D pinter and hebooohhh banget, acara pinata-nya heboh dan sukses, anak-anak suka :)  Sengaja saya kumpulin anak-anak yang belum kebagian ikutan games dan belum dapet hadiah2 kecil di deket pinata, maksudnya supaya SEMUA anak kebagian a little something and semua enjoy party-nya dan hepi. Soalnya selama ini saya suka kasian liat anak2 yang abis party malah kecewa karena kalah main game and gak kebagian hadiah apa pun.

Cuma sedikit kekecewaan saya, soale bukan si birthday boy yang narik tali pinatanya :( Si D juga kecewa sekali, dia bilang, “Kan D yang ultah, kenapa si X (nama temennya) yang narik pinata-nya, Mah?” Duh.. saya sampe ga bisa jawab, saya bilang aja gak papa Nak, yang penting semua orang hepi ya... Yah saya juga kecewa lah, soale nyiapinnya berminggu-minggu :(
But anyway, other than that, it was a HUGE success, seneeenngg banget liat anak2 pada heboh serabutan ngambilin hadiah2 dan permen2 yang berjatuhan bercampur ama kertas/pita kelip-kelip warna-warni ^________^

Pernak-pernik terakhir yang saya bikin adalah ini: BANNER.
Ini bikinnya iseng2 doang, hari-hari terakhir menjelang hari-H, sambil nemenin si D belajar karena hari H-nya itu adalah sehari setelah Final Exam hehehe.... Sempet pengen bikin banner yang lebih gedean (browsing aja deh birthday party, banyaaakkk banget ide banner macem-macem), tapi persediaan karton udah abis, gak cukup lagi. Mau pergi beli kok ribet, soalnya si D lagi test, jadi skulnya sebentar banget, asli saya cuman sempet masak doang di rumah sebelom jemput D pulang skul, gak sempet ngapa-ngapain lagi.

Tulisannya: "Darren's 6th Bday"

Sayang, saya kurang perhitungan, saya gak antisipasi bahwa kalo saya gak pake vendor fastfood, tuh ruangan GAK ADA DEKORNYA sama sekali! >_< Ruangan yang biasa dipake ultah sih udah ada dekor ala kadarnya, biasanya skul juga sediain beberapa balon. Tapi pas di hari yang sama ada anak lain yang ultah, jadinya kita pake ruangan lain. Ruangan ini bener2 polos gak ada hiasan apa2.
So, banner mungil ini lumayan deh buat ngehiasin meja cake ultah wkwkwkw... Ketolong juga sama boneka Leopard segede gaban yang kita bawa dari rumah :) Lumayan lah ya....
Padahal kalo mau, bisa tuh bikin backdrop sederhana dari kertas krep doang, tapi nolong banget buat ngisi tembok kosong di belakang meja/panggung tempat cake ultah.

Pas hari H-nya, rencananya ultah jam 10, tapi entah kenapa, jam 9an lewat pas kita baru angkut2in barang dari mobil ke ruangan pesta, eh anak2 kelas D udah pada nongol di ruangan pesta >_< Kacau dah... sibuk mengamankan pernak-pernik pesta dari tangan-tangan jahil, gak sempet motret2in, beres2 aja belom kelar. Si D ribut belum ganti baju, jadi saya buru2 bawa dia ke toilet untuk ganti baju. Rada2 kacau dah -.-‘

Rencana mau brifing singkat dulu sama gurunya yang jadi MC, eh pas saya balik dari toilet anak2 udah pada pake topi ultah and dapet peluit seorang satu, boro2 brifing deh... >_<
Walhasil alih-alih mulai jam 10, acaranya selesai jam 10 wkwkwkw....

Oh well... Segini juga udah bersyukur karena birthday party berhasil terlaksana, soalnya hampir aja bentrok sama acara baksos yang diadain skul. Yang penting eperibodi hepi lah ya, walopun gak full hepinya :P

Ini foto-foto dari acara:
Hadiah-hadiah buat pemenang games

Peluit lidah

Topi ultah

Birthday boy di "singgasana"nya wkwkw...

Ouch... yang ini mencong lagi fotonya >_<

Saya share sedikit tips buat yang mau ngadain pesta ultah anak, terutama yang gak pake bantuan vendor atau pake tema khusus:
- Siapin jauh-jauh hari biar gak buru-buru. Ide-ide juga suka datengnya bertahap sambil jalan
- Kerjasama bener2 sama pihak sekolah/resto (kalo ngadain di sekolah/resto)
- Jangan lupa pastiin ada MC ya...
- No vendor = no dekor :P
- No vendor juga = no bantuan, selain OB yang bantu angkut2in, perlu beberapa orang buat jagain barang di mobil/ruangan, bantu siapin dekor, menata pernak-pernik + ruangan pesta
- Always siapin cadangan goodie bag/lunch box
- Kalo pake balon buat acara games, siapin cadangan rada banyakan. Sejak mulai ditiup sampe mulainya acara, balon kami udah meletus 4 biji duluan hahaha....
- Kalo bisa, siapin hadiah2 kecil buat semua anak yang ikutan games, supaya yang kalah gak terlalu kecewa. Kalo pake pinata, atur supaya anak2 yang belum dapet apa2 berdiri paling deket ama pinata, jadi semua bisa dapet sesuatu gitu...
- Saya sih berprinsip hadiah gak usah mahal2 atau bermerk, biarpun kecil2, anak2 suka kok. Apalagi kalo dikemas dengan menarik/imut. Tapi ini mah terserah pilihan masing2 ya :)


Kalo ada pertanyaan seputar bday party, pernak-pernik or vendor di kota saya, boleh comment aja ya...

Makasih buat teman-temin yang udah membantu, mendukung, and ikut antusias. It’s been a wonderful birthday party :)
Si D (dan maknyak) jadi nagih nih pengen ultah lagi taon depan hahaha....

Sekian dan terima kasih :)

2 comments:

  1. Wuiichhhh.... meriah yah ^^ and unik !!! jadi pengen rayain bday kimmy x__X tapi kita sudah plan bday dirayain di skul pas ultah yg ke 5 aja... Jadi msih 3 tahun lg deh... hahaha siap2 yah, 3 tahun lagi saya bakal nanya2 soal bday party *gubraakkkssss*

    ReplyDelete
  2. Weleh, ga nyangka kalo ada ruang khusus yang udah disiapin dan didekor simple buat yang acara ultah? Huehhh...perasaan gua dulu sekolah mah kaga ada ruang beginian ha ha...emang udah beda zaman nya. Nya iyalah udah bbrp dekade atuh bedana oge LOL LOL!!! Well, benerlah nu penting eperibodi hepi. But beneran salut banget deh ama niat dan tekad loe, Piot...mengingat itu ultahnya dirayain di ruangan polos, makin kerasa kalo tema yang seragam ini teh bikin suasana lebih meriah da. Two thumbs up buat mamaw! :-D

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)