Monday, August 18, 2014

Princess ala Alkitab

Baru-baru ini, saya ke TB Gramedia, nemu buku princess yg menurut saya baguus banget. Bukunya bilingual, karya Carolyn Larsen, saya punya buku cerita Alkitab untuk anak-anak dari penulis yang sama. Yang saya suka dari penulis ini, cerita2 Alkitabnya walopun dipersingkat dan disederhanakan buat anak2, tapi tetap akurat, nggak diubah2 atau "dibelokin dikit" seperti buanyaaakkkk buku2 rohani anak2 lainnya. Tadinya saya juga gak begitu ambil pusing soal akurat engga nya cerita Alkitab buat anak2, yg penting gak menyimpang, saya kira itu udah cukup. Sampe saya dengar curhat Oma G, misionaris di Serukam yang sangat saya hormati dan sayangi, yang curhat tentang susahnya nyari buku cerita Alkitab yg OK buat cicitnya.

Beliau ngeluh, buku2 cerita Alkitab yang ada di pasaran pada gak ideal. Ada yang kisah nabi Nuh-nya pake ditambahin petir gledek lah, ada yang ceritanya dibikin jadi Alice in Bible Land (plesetan Alice in wonderland).
Haa... saya bengong deh...

Petir gledek saya kirain ga penting heheheh.... Tapi menurut Oma, kalo Alkitab ga sebut soal petir ya gak boleh ditambah2in.
Trus, saya tertempelak juga soal seri Alice in Bible Land, soalnya waktu adek bungsu saya masih kecil dulu, saya sering banget beliin seri ini buat dia baca, ceritanya biar dia kenal Firman Tuhan sejak dini (cieeehh... cici yang baik nih ye... cieehhh.... wakakakka.... mulai ngaco).
Menurut Oma, cerita Alkitab ga boleh ditambahkurangin seenak udel, atau diselipin tokoh narator misalnya, atau semacem Alice gitu. Di mana di Alice, ceritanya si Alice kaya masuk ke zaman2 nabi Nuh, Daud, Esther, n kaya nonton kisah mereka dari dekat. Menurut Oma, pikiran anak2 kan belom ngerti apa2, jadi mereka ga bisa bedain mana tokoh yg beneran dari Alkitab dan mana yang ditambah2in. Wah, bener banget tuh ya, saya gak kepikir sama sekali :$
Nah dari situ saya mulai lebih selektif milihin buku rohani buat anak saya.

Ini foto buku princess yang menurut saya bagus:




Saya foto juga satu halaman di dalemnya, supaya tau dalemnya kayak gimana. Eh kebeneran yang kebuka adalah Puteri Hana. Kirain Puteri Hana itu maminya Samuel, ternyata.... princess yang dimaksud adalah Hana yang tuwir alias Anna di kitab Lukas! Jadi tambah sukaaa deh sama buku ini. Bener banget, betapa di mata Tuhan, Anna the old widow, yang begitu setia menanti-nantikan Sang Mesias, yang siang malam berdoa dan berpuasa hingga hari tuanya itu adalah puteri-Nya yang sangat cantik dan berharga!
What a precious point buat anak2 kita belajar. Cantik di mata Tuhan tidak sama dengan muda dan kulit kenceng.

FYI, karena anak saya cowo, gak demen princess2an (cenderung alergi malah; si D pernah bilang, princess itu mustinya ditumpas sampe punah, wakakaak... sadis amat....), saya gak beli dan gak baca buku ini. Harganya mayan sih, 146 ribu :( tapi tebelll, guedee dan kertasnya bagus punya kualitasnya, full colour. So kalo ada yang mau share tentang isinya, atau mau sampein ketidaksetujuan sama pendapat saya, silakan komen aja ya, your comments are very welcome.

Saya suka prihatin sama demam princess di kalangan anak2 balita dan anak2 beberapa tahun belakangan ini.
Memang setiap cewe terlahir dengan kodrat alami untuk pengen dikasihi, dilindungi, pengen cantik menawan, dan sejenisnya. Saya baca ulasan yang bagus banget tentang kodrat alami boys and girls dalam buku "Wild at Heart" (buat cowo) dan "Captivating" (buat cewe). Lupa nama pengarangnya, suami isteri Eldridge something.
Gak ada yang salah soal ini, yang saya pengen GUGAT adalah filosofi bahwa putri itu kudu cantik rupawan tampangnya, dan kalo cantik bakal ketemu pangeran tampan, dan pangeran itu akan bikin sang putri bahagia selamanya gak pernah susah.

Ilusi yang sangat menyesatkan.
Yang sayangnya diulang-ulang-ulang dengan begitu gencarnya di cerita2 princess.

Padahal pangeran tampan yang Tuhan sediakan buat setiap puterinya Tuhan adalah manusia biasa, yang tentu tak sempurna.

Padahal pangeran tampan tidak bisa memenuhi semua kebutuhan fisik, mental, spiritual sang puteri, dan hanya Tuhan yang bisa.

Padahal kebahagiaan sang puteri bukan tergantung dari pangeran tampan, tapi dari kedewasaan, sikap, dan sikap hati sang puteri sendiri dalam menghadapi berbagai persoalan hidup, serta baik atau tidaknya hubungan pribadinya dengan Tuhan, Sang Pemberi Hidup.

Padahal menikah itu adalah awal, bukan akhir, apalagi jaminan happy end dari semua permasalahan hidup, no no no no....

Padahal yang terpenting dalam hidup, termasuk hidup pernikahan bukanlah kebahagiaan, tapi bagaimana menjalani apa yang Tuhan udah rancangkan buat hidupmu dan hidup pernikahanmu.

Miris rasanya denger berita apalagi berita artis2 yang kalo ditanya alasannya cerai adalah karena enggak bahagia.
Padahal seperti halnya laut ada pasang surutnya, demikian juga hidup pernikahan, tentu ada saatnya bahagia ada saatnya enggak bahagia. Cuma dongeng princess lah yang bahagiaaaa terus, realita tidak demikian, Sayang... Pada saat bahagia, yah nikmati dan bersyukurlah, saat lagi enggak bahagia ya bersabarlah... Keep calm, and carry on!

Lagipula menikah pun tujuannya bukan untuk mencari kebahagiaan. Menikah merupakan panggilan, dengan segala tantangan, kesulitan, dan berkat-berkat di dalamnya.
Kalo tujuan utamamu menikah adalah untuk bahagia, lebih baik urungkan niatmu, karena kamu pasti akan kecewa.

Seorang wanita muda yang lagi galau pernah bilang, bahwa seperti wanita lain, dia berhak untuk bahagia dan dicintai.
Saya tidak setuju.
Kalo menurut saya, kita ini justru sebenernya tidak berhak dapet apa2. Kita ini kan cuma debu tanah, banyak dosa pula. Hak dikasihi dari mana?

Bahwa Tuhan mengasihi kita dan mengangkat kita jadi anakNya, itu adalah PRIVILEGE, kehormatan yang sebetulnya gak pantes kita terima, bukan hak.
Makanya kita ini selamanya adalah orang yang berhutang segala2nya sama Tuhan. Makanya hidup ini seyogianya kita pake buat bikin Tuhan bahagia, bukan buat bikin diri sendiri bahagia.

Nah supaya anak2 cewe kita enggak tersesat dan tersandung kaya para gadis galau di dunia dengan ilusinya, yuk kita yang udah jadi emak2 pada meluruskan kembali pandangan dan filosofi kita tentang hidup, cinta, dan pernikahan.
Kalo kitanya udah sesuai FirTu, kita akan lebih bisa membimbing anak2 kita khususnya yang cewe2, untuk enggak ikut prinsip dan filosofi dunia yang ngaco.
Itu film dan segala tetek bengek princess gencar banget loh, buibu, makanya kita musti lebih gencar lagi tanamkan prinsip2 yang sesuai Firman Tuhan ya...




3 comments:

  1. Setuuujuuuuuuu banget... saya punya anak perempuan, dan sedari kecil sebisa mungkin saya tidak "mengenalkan" dia dengan princess2 disney. seperti sofia, dll....

    karena saya gak mau dia terjbak dengan konsep baju indah wajah cantik ala princess... saya tekankan ke dia, dia cantik karena hatinya yang cantik, dia cantik karena dia baik... dan setiap ada film princess, saya selalu bilang, kita gak usah nonton ini yah, dgn penjelsan untuk anak 3 taun...

    ReplyDelete
  2. Emang pelik yah soal ginian. Dulu gua gede nonton film2 Disney juga kaya Snow White begituan pan tapi ga kemakan ama ide pangeran tampan tuh ha ha...mungkin keimbas ama cerita2 nyata nyokap gua tentang kericuhan2 RT yang pernah dia denger. Oh yah, lagian dulu film Little Mermaidnya beneran versi asli, yang si mermaidnya mati...bukan versi Disney yang jadi bahagia tuh. Beneran mewek abis gua waktu nonton itu dan benci abis ama endingnya ha ha...tapi dipikir2 bagus juga dikasih ending model gitu hi hi...

    Gua sendiri ga tau gimana caranya/kapan gua ngerti kalo dongeng mah cuman dongeng sementara cerita2 yang nyokap ceritain mah beneran cerita nyata, but gua jadi semakin ngerti betapa berharganya cerita2 nyokap itu. Bukan dalam arti dia ngember urusan RT orang laen, tapi dia selalu nekenin bahwa dia pengen kita belajar dari cerita2 itu, ambil hikmahnya. Gituw...gua ga tau sih buku2 anak skrg kaya apa, tapi yang buku2 zaman kita dulu mah lebih ke arah ngajarin moral gitu kan yah...kaya Bobo gituan.

    Emang bener yah kata loe zaman skrg tuh "hak" bener2 diagung2kan, padahal kudu balik lagi inget ke the basic truth about us yah. Di satu pihak kudu ngerti juga sih kalo ada hak2 yang emang perlu kita perjuangkan (biar ga diinjek2 mulu gitu lah), tapi di pihak lain juga hak2 kita itu bersinggungan ama hak2 orang laen juga...hmmm...lah jadi bacot.

    ReplyDelete
  3. Whoa mau cari ah bukunya :) At the end, anak cewek itu kecenderungannya lebih tinggi utk jadi seperti mamanya, dlm banyak (dan mgk semua) hal :)

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)