Wednesday, April 23, 2014

Launching: The Chronicles of GF Baking in Mamaw's Kitchen

Hellow para pembaca sekalian...

Mau share resep lagi nih hari ini.

Setelah mikir panjang pendek, beberapa bulan yang lalu akhirnya saya memberanikan diri beli oven. Oven tangkring alias oven yang buat ditaroh di atas kompor (nangkring).
Maka sejak itu, dimulailah petualangan saya manggang ini en ono :D

Waktu SMP dulu saya ikutan ketrampilan tata boga, jadi lumayan familiar lah sama urusan dapur. Sejak jadi IRT juga semakin semangat belajar masak, soalnya kan eike mau jadi ibu rumah tangga yang baik hihihih... Tapi... saya gak demen masak kue or cemilan! Sejak SMP juga udah ada tuh pelajaran baking kue, tapi saya gak demen banget lah pokoknya. Mungkin berhubungan sama kemalesan saya ngemil juga :P

But... time flies, and tau-tau sejak akhir taon lalu, kami memutuskan untuk ikutin si D diet GLUTEN FREE. Gluten itu protein lengket yang terkandung di dalam terigu, gandum. Anak-anak special needs kebanyakan badannya gak bisa mencerna gluten dengan baik, akibatnya numpuk tuh gluten (bersama dengan alergen2 lain yang beda buat tiap anak), dan bermanifestasi sebagai gangguan perilaku, tantrum, gangguan koordinasi, gangguan fokus, dan lain sebagainya. Gampangnya kalo makan gluten dan alergen, si anak jadi eror dah. Si ortu jadi sengsara hehehehe.....

Eh kepanjangan yah preambule-nya?

Langsung aja dah ini resepnya ya. Saya mau kasih 2 resep sekaligus: DONAT KENTANG NON GLUTEN (diambil dari blognya LucyWiryono) sama BANANA BREAD alias Easy Banana (Quick)Bread. Banana bread ini banyaaakkk banget resepnya di internet, silakan google sendiri. Saya dulu ngambil dari beberapa resep trus saya uji coba sendiri sampe nemu combo yang pas sama selera orang rumah. Udah nguprek2 nyari resep aslinya tapi gak ketemu, saking udah lama dan banyak banget yang saya ubah2. Maapin ya... :( ).
Yang donat gak pake oven, digoreng aja. Yang banana bread pake oven. But dua2nya gak butuh mixer. Kedua resep ini gluten free, dan kalo mau dibikin casein free (dairy free alias gak pake susu) bisa juga.


DONAT KENTANG NON GLUTEN

Bahan
2 kentang ukuran sedang, rebus dan lumatkan panas2
1 sdm butter
1 butir telur
150 gram tepung maizena (atau pake tepung non gluten lain, asal jangan pake tepung beras ya, ntar jadinya keras kayak batu)
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
Sedikit vanilla
1 sdm gula halus (saya nambahin sendiri nih)
Buat taburan: icing sugar / gula halus khusus buat donat, atau gula pasir biasa, bubuk kayu manis, atau apa aja sesuai selera (misal butter sama keju parut, dll)

Cara
Masukkan butter ke kentang lumat yang masih panas, aduk. Tunggu sampe agak dingin, lalu masukkan telur, tepung, gula halus, aduk rata sampe bisa dibentuk.
Bentuk donat, taruh di tray, tutup serbet bersih selama 10-15 menit sampe mengembang (katanya, tapi berapa kali saya bikin gak pernah ngembang tuh, hm.... -.-‘).
Deep fry (saya pake panci buat menggoreng, supaya gak perlu minyak banyak2).
Selagi donat masih hangat, masukkan ke kantong plastik berisi gula pasir + bubuk kayu manis, kocok2. Katanya sih kalo mau ditabur gula pasir donatnya harus didinginkan dulu. Tapi karena saya ga sabar, saya campur semua dah gula pasir, gula halus sama kayu manis :P

Yaay berhasil aplot *whoop! whoop!*
Donat lagi digoreng. Saya pake panci biar bisa deep fry sambil ngirit minyak :D

Buat suguhan kelinci percobaan tamu :)


Resep berikutnya: EASY BANANA BREAD

Bahan
4 pisang ambon ukuran besar yang kematengan (kulitnya udah kecoklatan), lumatkan
2 telur gede
3/4 cup (atau 200 cc) susu cair (atau santan, kalo mau casein free, atau bisa juga air putih)
1/4 cup (sekitar 75 cc) minyak kelapa (saya pake merk Barco atau Aroma)
1 3/4 sampe 2 cup tepung beras, ayak 
1/2 atau 3/4 cup gula pasir (boleh ditambah kurang sesuai selera)
1 sdt vanilla
1 sdt bumbu spekuk
2 sdt baking powder (saya suka kurangin jadi 1 sdt, gak papa bantat dikit mah ya :P)
1/2 sdt garam

Cara
Campur pisang lumat, telur, susu cair/santan, minyak kelapa, aduk rata.
Di baskom lain, campur tepung beras, gula, vanila, spekuk, baking powder dan garam, aduk rata (jangan males ngaduk bahan2 kering ini ya, baking powdernya kudu tercampur rata soalnya).
Campur bahan basah ke bahan kering, aduk asal nyampur aja, jangan diaduk berlebihan karena bisa bikin bantat. Masih berindilan juga gak papa.
Tuang ke loyang yang udah dioles minyak (saya pake mangkok pyrex).
Panggang 160-180 derajat C selama sekitar 30-45 menit. Kalo udah mulai mateng, lakukan tes tusuk: tusuk tengah2 kue pake tusuk gigi atau tusuk sate atau tusuk apa aja, tusuk konde juga boleh, bahkan pisau pun boleh :D  Kalo kue udah mateng, tusukan yang ditarik keluar akan bersih, gak ada adonan basah yang nempel.


GF banana bread yang si D doyan, yippiiieee... :)))

 Tips:
* Remember jangan ngaduk berlebihan. Tepung diayak biar gampang rata waktu diaduk. Ngaduk berlebihan akan bikin udara keluar dari adonan, trus adonan jadi bantat. Kue-kue GF emang cenderung lebih bantat dan lebih “ngeprul”, gimana ya jelasinnya... teksturnya walopun OK, tapi gampang berontokan gitu deh. Alhasil anak saya sih makannya jadi super duperrrrr berrrrrantakan. Oh well... GF comes with such price, I’m telling you!

* Lumatkan pisangnya sampe halus banget ya, kalo ngga nanti ada gumpalan pisang di tengah2 kuenya hehehe... kalo doyan sih gak papa. Tapi kalo mau tekstur yang merata, lumatinnya sampe halus, makanya pisangnya juga harus yang udah lembek nyaris busuk gitu xixixi... Saya lumatinnya pake garpu. Kadang kalo si D lagi pengen ikut2 masak, dia bantu ngelumatin pisang :)

* Takeran tepung segitu sesuaiin selera masing2, demen yg padet atau gak terlalu padet. Tetep jadi kok kuenya.

* Oven beda-beda, so kalo udah jalan manggang 20-30 menitan, awasin baik2 kuenya, supaya gak gosong.

Nah sekarang lanjut cerita lagi ya :P Kalo gak mau denger cerita and udah gak sabar mau masak ya gapapa juga sih, silakan aja, bebas aja hihihi....

Terinspirasi dari resep2 panggang2an dari blognya maknyak TTR (Timmy-Tiara-Rafa; seenaknya ya gue bikin singkatan heheheh...), makanya saya jadi mantep beli oven dulu. Maka panggangan saya yang pertama, yang saya pikir fool proof, adalah “garlic bread”. Gampang dong? Cuma baguette dioles butter ama garlic n mixed herbs (optional). What could possibly go wrong???
Maka dengan gagah berani saya beli baguette: tau kan, roti pentung yang keras itu tuh, yang banyak dijual di supermarket, bentuknya kayak guling ceking.

Ternyata pas oven dipanasin di atas kompor, saya tuh kudu tau ya, apinya kudu segimana untuk menghasilkan suhu yang saya inginkan. Hem... di sinilah jam terbang berbicara, sodara sodari!
Karena dulu itu “terbang” saya yang perdana, maka saya percaya aja sama termometer yang nempel di jendela oven saya, yang menyatakan suhunya sekitar 150 derajat C, padahal besi alas kompor saya udah merah membara kayak besi dipanasin di film2 silat buat bikin pedang itu.
Trus saya masukin lah baguette cantik saya, yang bertabur keju quick melt (cari yang murmer aja). Saya perhatiin baik2, kok itu keju gak kunjung melt alias meleleh ya??? Malah ujung2nya mencoklat dan tampak mengering???
Dan saya gagal mengingat2 satu detail kecil dari resep (kan udah diapalin, saking simpelnya) yang tampaknya penting, yaitu berapa lama proses pemanggangan... :P
15-20 menit kemudian saya udah ga sabar, saya keluarin tuh my dear garlic bread yang kejunya gagal melting. Setelah dingin saya cobain, dan saya gagal juga menggigitnya wakakakakka.....
Garlic bread-ku sayang KERASnya ngalahin kaca antipeluru wakakakkaka.....
Hm... kirain fool proof :P

Setelah konsultasi sama my baking guru, yaitu BFF saya yang sekarang tinggal di Holland, saya dianjurkan beli termometer oven.
Hm... duit lagi nih keluar.... bolak balik ke toko alat RT murmer tapi barang yang dicari gak kunjung nongol. Cuma ada di ACE Hardware (duh lagi2 saya meng-endorse toko ini :P). Setelah berulang kali ke ACE nungguin diskon yang tak kunjung datang, akhirnya malah datang barang sejenis yang harganya lebih mahal, maka saya memantapkan hati beli termometer oven. TIPS: kalo mau beli termometer oven, kalo bisa beli yang ada 2 macem ukuran suhu ya: Celcius and Fahrenheit, bukan apa2, biar praktis aja. Soalnya ada yang Fahrenheit doang, kan males tuh kalo kudu meng-konversi ngitung2 segala.

And then bakingan saya yang perdana adalah: BANANA BREAD. Kali ini beneran fool proof ;)
Atau itu cuma beginner’s luck? I dunno dah, pokonya sukses, and si D doyaaaaannnnnn  ^____^

Sekian dan terima kasih.

Sampe jumpa di gluten free adventure selanjutnya: GF Tiramisu ^____^ 

1 comment:

  1. HOREEEEEEEEEEEEEEEEEHHHHHHH...sama kaya nyokap gua, doi juga kaga gitu demen baking2, lebih demen masak2. Nyokap gua sih bilang gara2nya lama kalo baking2 teh (alias dia kurang sabar) HA HA HA HA HA...tapi loe BERHASILLLLLLLLLLLLLLLLLLL dehhh!!!


    Kalo baking2 mah emang awal2 pasti weh kacrut da, gua juga dulu gitu and ama mertua disuruh sering2 nyoba aja biar tau temperamen oven sendiri gimana ha ha ha ha...tapi gua perasaan ga pernah nyoba yang susah2 juga (beda kaya neng Anit yang udah segala macem nyoba dan jam terbangnya eduan).



    Anyway, MET masak dan sharing resep2 GF yah!!!! Gua pokokna mah salut dahhhhh ama loe! :-)

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)