Tuesday, January 14, 2014

Kentang Panggang ala Mamaw ;p

Posting resep ah... ^^

Bukan mau pamer, atau ikut2an. Tapi dengan maksud melestarikan resep yang biasa saya bikin di rumah, siapa tau yang baca butuh. Secara D itu on a very specific diet: kudu bebas coklat, bebas pewarna (yup pewarna makanan pun gak bisa, juga pewarna yang sering ada di obat-obatan terutama syrup), dan bebas gluten. Dua syarat pertama udah bikin pala puyeng, tapi yang terakhir (GF alias gluten free) beneran bikin kami mati kutu. Soalnya sebagian besar cemilan kayak biskuit, kue2 bolu yang si D doyan kan terbuat dari terigu. So, bye bye cemilan praktis yang tinggal beli, selamat datang TUGAS baru: nguprek dunia maya dan cari inspirasi masakan terutama cemilan yang bisa diterima ama si D, soalnya dia itu juga picky banget, bikin urusan satu ini tambah runyam.

Kalo pengen tau soal gluten, liat di sini ya.

So, ini dia resep Kentang Panggang ala Mamaw:

1/2 kg kentang, rebus, lumat kasar aja
75 cc susu uht (saya pake ultra mini putih 125 cc, sisanya saya tenggak, kecuali klo mau dipake masak yg lain hihi... gahar amat ya maen tenggak :p soalnya saya pelupa, klo disisain bisa2 terlupakan sampe basi) - klo suka tekstur yang lebih lembek boleh ditambah, trial and error aja sesuai selera
2 siung bawang putih, geprek, iris halus
1/2 bawang bombay kecil (klo gede seperempat aja atau kurangin lagi) potong dadu kecil
1 putih telur, kocok lepas (optional, saya pake biar rada padet teksturnya, sesuai selera kami)
2 lembar smoked ham iris kasar, boleh diganti kornet, sosis, apa aja sesukanya
1 wortel, potong dadu kecil (klo mau praktis diparut aja, sy suka di dadu krn bikin ada yg crunchy)
Keju quick melt (optional)
Keju cheddar buat taburan
Mixed herb atau oregano boleh juga
Garam, lada, gula pasir sesukanya
2 sdm butter atau minyak goreng buat menumis, sama buat ngolesin loyang

1. Tumis bawang putih n bawang bombay pake butter/minyak sampe harum, masukin susu, smoked ham, wortel, bumbuin lada, garam, gula dikit, mixed herb atau oregano atau dua2nya kayak saya punya hehe...
2. Adukin sama kentang lumat tadi, masukin juga telur kocok sama kejunya. Sisain sebagian keju buat taburan.
3. Masukin ke loyang pyrex yang udah dioles minyak goreng, taburin keju cheddar.
4. Panggang 150 dercel sekitar 30-35 menit, sampe keju taburnya keemasan.

Kalo gak mau langsung dimakan, simpan aja di kulkas setelah langkah no.3, sebelom dimakan baru dipanggang. Atau bisa juga dipanggang setengah mateng dulu, suka2 aja deh.



Note: kalo pake keju quick melt doang, panggangnya ditutup alumunium foil selama 15-20 menit pertama biar kejunya lumer and gak gosong, abis itu buka cover alumuniumnya, trs panggang lagi tanpa tutup biar kejunya agak kecoklatan.

Note 2: smoked ham saya asiiiinn banget rasanya, ditambah keju jadi lebih asin lagi, so kira2 ya nambahin garem ama kejunya, jangan ekstrim wkwkwk.... (trust me, saya kenal bbrp orang yg klo doyan sesuatu bisa ekstrim banget, jd ini penting ya!! :D)

Note 3: panasin dulu ovennya sambil numis2 kalo mau langsung manggang. Soale makanan panggang2 ini praktis tapi manasin/ngebake-nya makan waktu, gak bisa ekspres.

Perlu diketahui, saya udah survei sampe mata melotot, BELOM PERNAH NEMU margarin Indonesia yang gak pake pewarna. (Kecuali mungkin mentega putih curah di pasaran, tapi saya ogah pake itu ah. FYI yang putih juga belom tentu sehat juga loh, banyak yang diputihin lewat proses yang gak sehat.) So, saya udah setaunan berenti make margarin. Kalo masak ala barat saya numis pake butter, kalo ala chinese saya pake minyak goreng. Gak demen bau dan harganya olive oil so gak pernah beli (belum). Konon minyak kelapa lebih sedikit diproses dan lebih stabil di suhu tinggi (gak jelas juga stabil apanya, trans fat nya kurang kah? Atau stabil sifatnya, gak kayak emak2 yg lagi PMS?? Hm...), so sekarang saya pake minyak kelapa buat numis2 atau goreng2. Saya tetep sedia minyak goreng biasa yang lebih murah, buat goreng krupuk or ikan or sejenisnya.. demi pengiritan :p

Oke deh segituh aja.

Yuk emak2 mari kita tinggalkan pewarna makanan/minuman dan hidup lebih sehat, anak2 lebih sejahtera, sekalian nemenin saya biar saya gak freak sendirian amat hihihi....

NB. Gak berhasil ngaplot fotonya nih huhuhu.... nyusul aja ya... tapi beneran kok ini resepnya bukan hoax ;) Fotonya biasa aja kok diambil pake HP, saya bukan foodie blogger so, foto ala kadarnya, mohon maklum ;)

1 comment:

  1. UUUHHHH jadi laperrrzzzz...mana lagi dingin di sinihhhh he he he he...salut dah buat mamaw yang berjuang masak dan bikin2an buat si D yang picky dan juga kudu pantangan makanan2 tertentu.

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)