Tuesday, September 10, 2013

Serukam -part 2-



Saya lanjutin ya kisah saya menuju ke RSUB.  Yang belom baca en pengen baca dari awal, silakan ke sini.

*NOTE: Sama dengan posting Part-1, posting ini juga saya edit dengan menyamarkan beberapa detail, untuk menghindari ekses-ekses negatif ;)*

Yang belom baca tapi males baca dari awal, daripada nyesel mendingan baca dulu deh. Beneran. :P *maksa ajaaa*

Waktu itu my PH (Pasangan Hidup) yang sekarang udah jadi my beloved hubby for 7 years, Ivan, sempet galau. Udah sekian lama mendoakan dan menggumulkan mau kerja di mana, tapi masih belom dpt jawaban yang jelas. Sempat melamar kerja di PT Freeport, tapi for some reason berhenti setelah tahap interview. Dia juga daftar PTT pusat, minta ke propinsi Kalimantan Tengah. Dengan pertimbangan kalo saya jadi ke RSUB, kita gak jauh2 amatlah (polos amat ya, padahal jauh noh, mau terbang dari Kalteng-Kalbar juga kudu transit ke Jkt dulu wooiii! @.@), juga karena ada beberapa teman yang sama-sama daftar PTT di Kalteng, dan seorang teman yang asalnya dari Kalteng bilang mereka lagi buka banyak lowongan untuk dokter PTT. Kalo udah ada komunitas kan enak, bisa saling bantu. Juga orang-orang yang ke sana rata-rata temen2 sepelayanan di PMK dulu. Jadi pas banget (kalo dipikir secara manusia). Tapi setelah berhasil ngontak RSUB via telepon, akhirnya Ivan ikut masukin lamaran juga ke RSUB, gimana Tuhan aja deh, yang mana yang keterima.

Sementara itu, buat menenangkan hati ortu, kami juga masukin berkas pendaftaran CPNS di Jateng, sesuai keinginan ortu saya.
Waktu itu Papa saya sangat tidak setuju anak gadisnya yang mungil, manis, polos dan lemah gemulai (hoek...) ini pergi seorang diri ke pedalaman.  Ditemenin calon suami juga masih belom boleh, walopun rada mendingan sih buat ketenangan batinnya.  Papa saya waktu itu masih Kristen KTP, udah ke gereja, tapi belom sungguh-sungguh mengikut Tuhan.
Bahkan saking tidak setujunya, waktu saya tampaknya nggak kunjung surut dari kengototan saya untuk ke RSUB, Papa sempet ngasih ultimatum keras buat saya.
Gak usah diceritain ye, ultimatumnya, hehehe...
Semuanya kami pasrahkan sama Tuhan.

Sambil menunggu, kami juga kerja praktik ala kadarnya di beberapa klinik/Balai Pengobatan di Bandung. Selain praktik, saya juga jadi freelance translator. Lumayan deh buat nabung-nabung, karena waktu itu keluarga kami juga lagi rada seret secara ekonomi, jadi sebenernya kami butuh kerjaan yang mapan, sukur2 bisa bantu menopang perekonomian keluarga.
Satu per satu temen-temen seperjuangan kami selama kuliah dan sekolah dulu berpencaran sesuai arah jalan hidupnya masing-masing. Ada yang sekolah lagi, ada yang merit, ada yang pindah kota, ada yang PTT ke daerah, ada yang dapet PTT di kota, dll. Sementara kami dalam ketidakjelasan masih juga menunggu.

Karena satu dan lain hal (bukan gak mau cerita, tapi saya udah lupa detailnya wakakak... maap ye..) berkas pendaftaran CPNS kami ditolak. Diem-diem kami bersorak lega. Soalnya kalo dah keburu diterima CPNS, kan gak bisa nolak lagi, gimenong nasib RSUB dambaanku?
Maap ya Mama, Papa :P

Suatu hari di bulan Februari 2004, saya sekeluarga pergi makan sate di Pak Kardjan, jalan Pasirkaliki, Bandung. Lagi asik2 duduk mau makan, eh ternyata di meja sebelah kami ada temen kuliah Mama dulu yang udah pindah ke Aussie. Temen Mama itu lagi makan bareng kakak en kakak iparnya. Nah, namanya tante2 yah, ngobrol dong. Apalagi kalo pada punya anak yg cukup umur buat nikah, wah ngobrolnya suka ditambahin acara taksir-menaksir calon mantu en comblang-comblangan. Tapi kisah saya selanjutnya gak ada hubungannya sih sama perjodohan  huihiiihih... *jailnya kumat*  Siap-siap yah, bentar lagi saya mau ceritain satu lagi perbuatan Tuhan yang sampe sekarang selalu bikin saya merinding dan terkagum-kagum.

Eniwey, temen mama saya ini nanyain gimana rencana saya ke depan, kan udah lulus dokter. Dan Mama saya, entah curcol karena masih kesel soal obsesi saya ke Serukam, entah ada alesan lain, walahualam deh pokonya Mama saya tau2 bilang, “Iya nih anak, katanya pengen pelayanan ke RSUB, di Kalimantan.”

Begitu denger kata “RSUB”, kakak ipar dari temen Mama saya ini (ribet amat ya) langsung ngangkat kepala, ikut dengerin obrolan. Beliau ini namanya pak WJ, seorang aktivis The Gideon International. Tau kan, organisasi yang suka bagi2in Alkitab gratis ke mana-mana? Ternyata beliau sudah lama punya hubungan erat dengan RSUB, salah satu pendukung pelayanan di sana, sering bolak balik ke sana untuk urusan pelayanan, dan saban RSUB ulang taun, beliau selalu diundang. See? I told you our God is awesome! :O

Sontak, pak WJ langsung semangat 45 deh ngajak saya ngobrol panjang lebar. FYI, pak Wahjudi ini seorang yang sangat passionate tentang pelayanan, sampe-sampe semangatnya lebih2 dari saya yang masih termangu-mangu, kaget dan terpana takjub sama apa yang sedang Tuhan kerjakan.  Pak WJ bilang bahwa akhir Februari tahun 2004 itu RSUB ngerayain ultah ke-40. Dan akan dirayakan lumayan besar-besaran. Kami ditawarin untuk ikut bareng tamu-tamu yang diundang ke sana, sekalian ortu saya survei untuk liat situasi dan tempatnya, supaya mereka bolehin saya pelayanan ke sana (padahal diterima juga belom tentu ya hahah..).

Hari itu kami (termasuk Mama saya) tukeran nomer HP. Papa sih gak terlalu antusias ya.

Setelah ditimbang, ditinjau, ditilik, diitung2 apa duitnya cukup, akhirnya diputuskan bahwa saya dan Mama akan ikut rombongan pak WJ ke RSUB.

Pertama kali menginjakkan kaki di RSUB, hari udah menjelang malam. Kami langsung dibawa ke motel tempat tinggal tamu-tamu, di situ ada ruang makan, dan kami makan malam di situ. Karena motel penuh, malam itu dan malam berikutnya kami tidur di penginapan. Bedanya apa sih, motel ama penginapan? Motel itu buat tamu2 RS, letaknya di dalam kompleks. Penginapan itu lebih untuk umum, misalnya untuk pasien atau keluarga pasien yang datang dari jauh. Letaknya juga rada di depan kompleks, dekat pintu masuk. Penginapan ini ada kelas-kelasnya, kelas 3 yang murah meriah sampe kelas VIP. VIP tuh ya cuman ada kamar mandi dalem and tempat tidur yang lebih nyaman aja, karena semua sederhana. Bangunan-bangunan sebagian besar terbuat dari kayu. Lantai dari kayu atau dari plesteran semen. Itu duluuu... Sekarang sih udah lain kali ya.

Walopun belom pasti bakal diterima kerja di sana, buat saya berada di RSUB yang udah 7 taun saya doakan dan gumulkan rasanya like a dream come true. Dari awalnya cuma bayangan gelap jadi remang-remang, dan akhirnya lihat wujud aslinya dalam terang benderang.
Di sana saya lihat langsung bangsal-bangsal RS, kompleks tempat tinggal yang begitu asri, pohon di mana2, karena emang letaknya ASLI di pinggir hutan :D
Di satu sore (atau malah 2 sore berturut-turut ya) kami sempet jalan ke bukit Vandering, memandang ke bawah ke kompleks RSUB. Tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Sempet juga jalan-jalan ke hutan yang mereka sebut Gunung Poteng, tapi gak masuk sampe dalem karena keburu takut nyasar hehe..

Begitulah, kami tinggal beberapa hari di sana. Semakin lama Mama saya semakin tenang, karena hidup di sana tampak cukup aman buat anak gadisnya nan lugu ini :P
Sekarang tinggal tugas berat menanti di rumah: meyakinkan Papa saya untuk ngijinin saya ke sana.

Beberapa bulan kemudian, dr. HB (direktur RSUB saat itu) ke Jakarta, dan beliau tanya, apakah kami bisa datang ke Jakarta menemui beliau? Wah panggilan “interview” yang mendadak banget (belakangan saya tau bahwa di RSUB memang dituntut untuk fleksibel, alias siap dengan yang mendadak2 hahaha...). Ivan sampe ribet nyari dokter pengganti buat shiftnya di klinik, karena sore itu juga kami berangkat ke Jakarta, numpang nginep di rumahnya sepupu saya, karena kudu ketemu dr. HB besok paginya. Setelah interview, nunggu lagi deh.

Akhirnya semua pergumulan, doa, dan penantian berakhir juga. Satu hari di bulan Oktober 2004, saya en Ivan yang saat itu udah berstatus tunangan (eh tunangan atau “terlamar” ya, jadi bingung saya, soalnya beberapa orang Chinese bersikeras tunangan ama lamaran itu beda hehehe..), bersama seorang rekan bernama dr. AG berangkat ke RSUB bareng. Maka dimulailah sebuah babak baru dalam perjalanan hidup saya, babak yang namanya SEKOLAH KEHIDUPAN :)

Begitulah kisah Tuhan bukain satu per satu jalan buat kami. 
Looking back now, it was really beautiful to see His plans unfolding, one after another. Dari awalnya gak tau apa-apa, harap-harap cemas dan nunggu-nunggu apa selanjutnya yang bakal Tuhan buat. Dan tahap demi tahap yang Dia singkapkan begitu menakjubkan. Betapa Tuhan udah sekian lama merencanakan, menggarap, dan merenda semuanya ini, jauh sebelom saya nyampe di situ, sampe jadi satu karya besar yang rumit dan luar biasa indah. 
MANTAAAP..! b ^_^ d

“...mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, 
dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. 
Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! 
Betapa besar jumlahnya!” 
Mazmur 139:16-17

3 comments:

  1. AMAZING story...emang kalo liat ke depan suka geumpeur sendiri da asa gelap teu puguh, tapi begitu liat ke belakang nuar biasa banget campur tangan Tuhan teh yah...THANK YOU for the testimony of His hands, even when we can't see them at that time. :-D

    ReplyDelete
  2. hehehe seneng bener baca cerita ini. Kita gak ketemu yach waktu loe ke RSUB pertama kali? I'm glad God put you and Ivan there! Jadi ada temen bengong2an kalo lagi bosen. LHOOOO??? hahaha Ah I miss you all!!

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)