Saturday, September 7, 2013

Serukam -part 1-



Kali ini saya pengen share tentang Serukam.  Selama ini saya suka mikir2 en bingung sendiri, kok kenapa bertaon-taon nge-blog tapi jaraaanngg banget share tentang ini ya. Maksudnya bukan sekedar disebut selintas, tapi bener2 share pengalaman-pengalaman saya selama di sana.

So, let’s begin :)

*NOTE: Saya update postingan ini, kali ini dengan menyamarkan beberapa detail, untuk menghindari ekses-ekses negatif. Mohon maklum ya...*                                         

Saya mulai dari awal banget ya, dari asal muasalnya saya dapet panggilan ke sana.

Serukam itu nama desa di Kalimantan Barat. Letaknya kurang lebih 200 km dari Pontianak (sekitar 4 jam perjalanan naik mobil). Di sana ada satu rumah sakit, namanya RSUB, yang didirikan pada tahun 1964. Rumah sakit ini dibangun di satu kompleks yang terdiri dari rumah-rumah tinggal para dokter, staf karyawan, penginapan untuk tamu-tamu atau para pasien yang datang dari tempat-tempat yang jauh, motel untuk para tamu, warung-warung makan, sekolah keperawatan, 2 asrama mahasiswa keperawatan (putra&putri dipisah lah yauw), lapangan olahraga, gereja, dan landasan pesawat terbang kecil.

Saya pertama kali denger tentang RSUB tahun 1997 (astajiiim... dah 16 taon yang lalu! –> jadi ngerasa tuwir -.-‘), waktu saya masih kuliah FK semester 3. Waktu itu saya ikut pelayanan di retreat penyambutan mahasiswa baru FK angkatan 97. Di retreat itu hadir juga seorang dokter alumnus almamater kami, namanya dr. RL, beliau melayani di RSUB. Beliau sharing bahwa RSUB kekurangan tenaga dokter dan terancam ditutup. Waktu itu ada beberapa dokter yang melayani di sana, tapi sebagian besar harus meninggalkan RSUB karena melanjutkan studi, dipanggil PTT di tempat lain, dll, jadi hampir tidak ada lagi dokter lokal, tinggal beberapa dokter bule. Pemerintah tidak mengizinkan kondisi demikian.  Dr. RL juga terpaksa meninggalkan RSUB karena dipanggil PTT di Jawa Barat. Dr. RL cerita gimana kehidupan pelayanan/kerja di sana, gimana segala sesuatu dihadapi dengan DOA. Mereka pernah ngalamin kesulitan air sampe parah, lalu mereka berdoa puasa minta air. Mereka banyak dapet pasien-pasien dengan penyakit berat, dan mereka selalu berdoa minta pertolongan dan kesembuhan buat pasien-pasien itu. Lalu dr. RL menghimbau kami yang masih pada kuliah FK supaya mendoakan sungguh2 panggilan Tuhan ke mana setelah kami lulus nanti, syukur2 kalo ada yang terpanggil melayani di sana.

Somehow kesaksian singkat (disertai deraian air mata) itu begitu membekas di hati saya. Saya memutuskan untuk mendoakan dan menggumulkan apakah saya terpanggil untuk ke RSUB. Saya sebentar aja lupa apa aja yang dulu diceritain hahaha... (I have poor, very selective memory :P) Yang saya inget cuma kesan mendalam tentang bagaimana Tuhan bekerja di RSUB, dan saya ngerasa saya ingin berbagian di dalamnya.

Sejak itu selama sisa masa studi saya di FK, saya menggumulkan dan mendoakan panggilan saya ke RSUB. Semakin lama saya semakin yakin bahwa Tuhan memang memanggil saya untuk ke RSUB. Jadi, sejak akhir masa remaja saya, saban ada yang nanya “Entar seudah lulus dokter mau ngapain?” atau “Mau kerja di mana?” Saya dengan mantap selalu jawab, “Saya pengen ke Kalimantan.”

Tapi takdir berkata lain (ya elah... film silat banget ya). Well, gak lain2 amat sih hehehe... Selama 6 taun masa studi saya selanjutnya, saya setia mendoakan panggilan itu. Tapi gak kunjung ada titik terang. Sama sekali. Saya kehilangan kontak dengan dr. RL, dan gak tau apa-apa banget tentang RSUB. Zaman dulu mbah Google belom sesakti sekarang (juga kemampuan saya nge-gugel belom sejago sekarang :P), dulu saya bener-bener dalam kegelapan total tentang RSUB. Cuman inget letaknya di Kalimantan Barat. Titik. Udah itu doang :P

But somehow Tuhan kasih juga sedikit cahaya2 kecil di kegelapan itu.

Tahun 1999 saya dinobatkan (baca: dipaksa) jadi sekretaris di panitia penerimaan mahasiswa FK baru. Saya menyortir data2 pribadi mahasiswa/i baru, and out of the blue, there it was. Dari data itu, saya nemu seorang mahasiswa baru yang lahir di RSUB :O  Saya begitu takjub, saya cari tuh anak sampe dapet, sebut aja namanya B. Saya tunggu sampe masa OPSPEK lewat, baru saya “interogasi” dia, krn saya gak mau dia jadi diciriin ama senior-senior. Jadi saya diem2 aja, nunggu kesempatan sambil doa2 dan harap2 cemas. Akhirnya kesempatan itu datang di retreat penyambutan mahasiswa baru. Ternyata bapaknya B adalah pendeta yang pernah melayani di RSUB. Sukseslah saya dapet sedikit info praktis tentang RSUB. Saya jadi tau bahwa RSUB itu terletak di sebuah kompleks, di dalam kompleks itu ada tempat2 tinggal para dokter, perawat dan staf, juga penginapan, warung makan, warung kebutuhan pokok, dan lain-lain. Itu doang sih infonya, krn si B ini juga udah lama banget gak tinggal di Kalbar. Tapi sedikit info itu bak angin segar yang jadi pertanda buat saya, menguatkan panggilan saya dan nambah semangat untuk terus menggumulkan RSUB. Juga sedikit menenangkan, karena saya cukup waswas dg niat cabut begitu aja ke pedalaman antah berantah seorang diri. 

Sambil mendoakan panggilan ke RSUB, saya juga bergumul dan mendoakan tentang pasangan hidup. Gimana ya urusannya sama PH (pasangan hidup) kalo saya mau ke Serukam? Saya sih ngerasa belum terpanggil untuk menetap selama-lamanya di Serukam. Tapi saya merasa terpanggil untuk melayani di sana untuk short term selama beberapa tahun, dan setelah itu ya saya tunggu kabar selanjutnya dari Tuhan :)

Kebetulan saya gak laku-laku juga di urusan jodoh ini wakakakak.... (Ini entar saya bikin kisah tersendiri ya ;P – kalo sempet... Duh banyak yang pengen ditulis tapi waktu dan tenaganya yang minim.) So gak ada masalah berarti sih, cuman jadi sedikit ganjelan dan bahan pikiran doang. Saya bawa dalam doa bahwa kalo Tuhan berkenan, tolong supaya saya tetap bisa memenuhi panggilan saya, sedangkan urusan PH terserah deh biar Tuhan aja yang urus :P  Syukur2 kalo sang PH bisa ikutan ke RSUB. Ngarep bangeeett...

Lima tahun berlalu sejak saya mulai mendoakan RSUB.
Tahun 2002, Tuhan kasih saya seorang calon PH yang mengasihi Tuhan. Namanya Ivan, he is now my beloved husband :) Sejak sebelom PDKT dia udah tau tentang panggilan saya. Dia tau bahwa saya akan penuhi panggilan saya untuk short term di misi, setelah itu kalo dah merit baru saya akan ngikut dia ke mana pun dia mau bawa saya (hahaayy....).  FYI saat itu my PH juga terpanggil untuk pelayanan, pengennya di misi, hanya belom ada panggilan yang spesifik.

Tahun 2003 kami lulus bareng. Baru deh hati saya mulai kebat kebit karena belom ada titik terang tentang RSUB. Saya dengar ada seorang dosen saya yang pernah kerja di RSUB, dan seorang dosen lain yang pernah tinggal di Kalbar selama beberapa tahun. 
Dengan nekad, kami datengin mereka untuk cari info. Akhirnya saya dapet nomer telepon dan alamat RSUB. Tapi alamatnya PO BOX gitu. Belakangan baru saya tau, emang kagak ada alamatnya, gitu doang hehehe... Kasarnya kalo mau kirim barang ya ke PO BOX, kalo mau datengin ya langsung tempatnya aja. Nomer teleponnya waktu itu masih telepon satelit dan cuma bisa dihubungi di jam kerja, kadang nyambung, tapi sering gak bisa nyambung, terutama kalo cuaca buruk. Berulang-ulang kami telepon ke sana, gak berhasil.

Akhirnya sekali waktu dengan sambungan yang terputus-putus, saya en my PH yang waktu itu nemenin saya interlokal dari wartel, berhasil ngontak ke sana. Waktu itu zr. LS yang jawab telepon, dan karena kami nanyainnya bpk direktur, akhirnya kami diminta telpon balik 10 menit kemudian, supaya bpk direktur bisa jawab tuh telepon.
Setelah 10 menit penantian yang lumayan mendebarkan, akhirnya kami berhasil bicara dengan direktur saat itu, dr. HB.

Ah sekarang sih rasanya endearing gimana gitu ya, familiar names, dear people :)
Waktu kami telepon dulu mah nama-nama itu masih berupa nama-nama asing tanpa rupa, mana putus-putus gitu pula suaranya :)

Kami nanya gimana caranya kalo mau pelayanan di sana. Dr. HB minta kami kirim surat lamaran aja ke PO BOX RSUB, lengkap dengan berkas-berkas dan beberapa syarat tambahan dalam lamaran itu.

Wuuaaah.... Bisa dibayangin gak sih rasanya? Kami sampe cengar cengir gak jelas. Seneeenggg banget!! :)  Akhirnya.... penantian dan doa selama 7 taun mulai keliatan jawabannya.
Masa-masa bertanya-tanya “Bener gak yah, Tuhan emang mau saya ke RSUB? Jangan2 saya cuman kebawa napsu idealisme sesaat doang?”  akhirnya lewat juga. Sekarang berasa kayak bisul udah pecah (ih kok jijik ya...), atau kayak dikasih lewat ke jalanan kosong dan lancar setelah berjam-jam kejebak macet. FINALLY! Yaay...

Tapi ada yang baru mulai merasa kebat-kebit sekarang: ortu saya.

Selama ini mereka nyangka omongan saya mau bermisi ke Kalimantan cuma sekedar gaya-gayaan doang. Papa-Mama sih berharap saya mau PTT di Jawa aja yang deket, syukur-syukur mau daftar PNS di tempat tinggal mereka di Jawa Tengah, ngikutin jejak mereka.

Lho kok ternyata nih anak seriusan ya mau ke Kalimantan? Tempat di mana -katanya- orang masih makan orang?!  Ke pedalaman? Anak gadis? Sendirian?
(Ih kalo ke pedalaman berduaan sama pacar kan lebih bahaya yah? :P)

Saya sempet tertekan juga waktu itu. Apalagi my PH. Dia ngerasa sebagai cowo (calon suami lah ya, in the long run) dia harus bisa settle dan mapan dulu supaya mertua dan mertui gak kuatir menyerahkan anaknya, mikir persiapan membangun rumah tangga, mikirin panggilan pelayanannya sendiri, sekaligus ngadepin ke-keukeuh-an saya untuk ke RSUB dan ketidaksetujuan camer.  Kasian ya.. Hehhehehe....

Ada salah satu surat yang jadi syarat lamaran kerja ke RSUB, yaitu surat rekomendasi dari PERKANTAS setempat. Saya rada kesulitan, soalnya dari dulu saya jarang banget berurusan sama PERKANTAS. Kantornya di mana aja saya gak tau.  Tanya sana-sini juga ga kunjung dapet info yang jelas. 
But out of nowhere, tiba-tiba di hari Minggu berikutnya, pak Arif Sudarma, ketua PERKANTAS Bandung saat itu, kotbah dong di gereja saya :O :O  Talk about God’s awesome arrangement! Seusai kebaktian, saya tungguin en cegat beliau :P  Beliau suruh kami dateng ke kantor (dikasih alamat plus ancer-ancer segala biar gak nyasar) untuk ngurus surat rekomendasi itu.

Ajaib yah, liat Tuhan bekerja, setahap demi setahap? Tapi itu belom semuanya, prens... Masih ada lagi yang lebih luar biasa yang Tuhan bukain buat kami. Bukan sekedar jalan raya, bukan juga jalan tol, tapi sebuah FLY OVER yang membawa kami mengatasi segala halangan rintangan, langsung menuju ke Serukam! :)

Baca kisahnya di tulisan berikutnya ya :P Dah kepanjangan nih, aye kudu masak dulu hehehee...

4 comments:

  1. Gua ga inget detilnya kisah ini, so it's really nice to be able to read again about your history...or His-story he he he he...

    ReplyDelete
  2. Iya Mel, gua juga lupa2 ceritanya. Sambil ngetik baru ada nongol2 memori yang udah "kependem" hehehe.... Emang ya kalo ada waktunya mah yang gini2 tuh perlu ditulis, supaya gak lupa ama apa yang udah Tuhan kasih & kerjain buat kita... Gak ngeluhhh aja hehehe... THanks for ALWAYS leaving comments, dear!

    ReplyDelete
  3. Wow amazing cerita calling nya :) aku pikir dulu aku jg ada calling ke mission field somewhere jauh dr kota besar gitu, tp tdk ada konfirmasi dr circumstances dan lain2nya hehehe.. anyway, serukam itu sama singkawang dan tikalong masih deket2an ga? mission trip aku ke tikalong bikin pengen balik lagi :D and i have a sponsored child at singkawang, hopefully can visit her someday :)

    ReplyDelete
  4. Hai, mama double F! Iya Serukam itu jaraknya sejam dari Singkawang. Tikalong masih di Kalbar juga, tapi aku lupa deh seberapa jauhnya. Thanks for sharing, semoga suatu hari nanti bisa ke Singkawang, malah sekalian ke Serukam ya ;)

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)