Thursday, March 14, 2013

Aktivitas After School



Saya suka rada mati gaya di urusan ngasih aktivitas di rumah buat si D. Maunya ngasih aktivitas yang edukatif, menarik, membangkitkan rasa ingin taunya supaya kelak dia bisa enjoy belajar berbagai ilmu, tapi kalo bisa sih yang murmer atau lebih baik lagi kalo ga pake modal wekekekek....
Saya tulis di blog ini buat catetan pribadi supaya kapan2 ide2 ini bisa dikeluarin lagi (misalnya aja kalo si D punya adik, someday, MAYBE yes, maybe no ;) ). Siapa tau juga bisa ngasih ide buat pembaca yang butuh.

1. Jagung pop warna warni (udah pernah saya tulis di 1 postingan sendiri, di sini)

2. Ampas kelapa parut
Ini betul2 murah meriah, krn memanfaatkan barang bekas, daripada dibuang hehehe... Tapi ampas kelapa ini umurnya cuman sehari, kalo dibesokin jadi basi. So biasanya selesai masak saya masukin ampas kelapa ke kulkas, sorenya langsung dimainin, abis itu langsung dibuang.
Note:  Siap2 aja karena mainan ini SUPER MESSY, alias berantakan banget plus minyakan. Makanya biasanya kami mainin di halaman, selesai main tinggal disiram air aja bekas2 berantakannya.

Pertama kali main sih saya biarin aja si D eksplor sendiri, setelah dia mulai keliatan bosen (sebentar aja bosen, paling 15 menit), saya kasih dia beberapa botol pewarna makanan, trus asik deh dia sekitar 30-45 menitan. Warning: bikin tangan jadi berwarna-warni, tapi besoknya ilang sih :)

Main ampas kelapa + pewarna
 
3. Biji Saga (kalo ga salah sih ini namanya :P)
Waktu main ke taman di kota, kami nemu biji2 saga yang warnanya merah cerah cantik banget. Trus dipungutin and dibawa pulang. Sampe rumah dicuci, terus setelah kering ditaruh di botol. Wuih si D demen banget main ini. Dia barisin membentuk huruf/angka, dia masuk-keluarin dari mulut botol, dll lah sampe heran sendiri saya liatnya, soalnya tahan sampe lamaaaa lebih dari sejam.

Tuh biji saga yang merah2 itu
4. Menggali fosil dinosaurus (inspirasinya nyontek dari sini)
Idenya cuman mainan dinosaurus dikubur, terus digali-gali gitu deh. Kebetulan si D ngefans banget sama dinosaurus, dan di salah satu film kartun dinosaurus kesukaannya tuh ada episode tentang menggali fosil. Tadinya saya pikir ini idenya agak2 garing. Tapi ternyata si D demen banget main ini sampe ampir 2 jam :O (yah sambil direcokin anak2 tetangga sih hehehe)
Anyway, awalnya saya mikir mau pake pasir pantai, tapi berhubung ini ujan melulu dan belom bisa main ke pantai, kebeneran yang ada cuman ampas kelapa (lagi-lagi ini, bosen ga sih) ya udah deh dengan ‘kepepet mode’ dinosaurusnya digali dari tumpukan ampas kelapa wkwkwkw....

D asik menggali


Maap mencong nih potonya... D lagi menggali dino. Ampas kelapanya udah dicampur 3 macem warna, jadi "kumal" wkwk...



Noh mulai nongol T-Rex nya!


5. Playdough
Playdough-nya bikin sendiri, ga pake dimasak2 lah, saya ikutan yang praktis2 aja, plus si D bisa ikutan bikin. Tapi emang ga tahan lama ya playdough-nya, beberapa hari aja basi and jamuren.
Resep playdough tanpa dimasak:
200 gram tepung terigu (saya pake yg udah kadaluwarsa or beli kiloan yg murah)
30 gram garam dapur
1 sdm minyak goreng (minyak baru ya, jangan minyak jelantah!)
80 ml air (masukinnya dikit2 jangan sekaligus)

Semua bahan itu dicampur and diulenin sampe gak lengket. Lumayan sih pegel juga bikin adonannya, sekitar 10-15 menitan jadi. Air dan minyaknya dikira2 aja supaya dapet konsistensi yang diinginkan. Kalo dah hampir jadi, pisahin jadi beberapa bagian and ditetesin pewarna makanan sesuai keinginan.

Setelah jadi sih terserah lah ya, mau dibentuk or dicetak jadi apa aja playdough-nya.
Kalo si D sih kalo main playdough tuh BERANTAKAN banget. Karena banyak remah2 yang “murudul” alias berontokan gitu. Dan lagi bikin lantai jadi lengket karena minyakan.

6. Main ke pet shop
Sekitar 200 meter dari rumah ada pasar hewan, di situ ada berderet2 toko yang jual burung, ayam, ikan, hamster, kucing dan lain sebagainya sampe ular aja ada. Si D penggemar hewan sejati, sampe udah bertemen sama 1 keluarga pemilik toko yang jualan ular dan macem2 hewan lain. Saban ke sana si D dikasih pegang ular (mama yg bergidik ngeri dan ngawasin dari kejauhan aja :D). Belakangan kita suka ke sana sambil bawa wortel or jagung buat kasih makan kelinci/hamster di sana, si D seneng banget.

"Ayo, makan yang banyak ya....."


Eum... segitu dulu ya, belom kepikir yang lain2 nih. Entar di-update aja kalo ada lagi yang saya inget.
Semoga bermanfaat :)

11 comments:

  1. Ampas kelapa parut tuh maenan gua zaman dulu tapi ama gua mah dicetakin pake cetakan es batu yang lucu2 (cetakan es batu gambar beruang misalnya) hi hi hi...selaen itu zaman dulu mah banyak maenan rakyat kaya beklen, congklak dll he he he he...terus juga sering maen masak2an pake biji2an dan daun2an yang diambil dari halaman atau rumah tetangga (pernah ditereakin tetangga karena kita nyabut bunganya LOL!!!). Masaknya pake cowet gitu biji2an dan daun2 direndos, trus daun yang agak gede dibikin pincuk dan disajiin ke temen bermaen yang jadi "tamu" LOL!!!!

    Selaen itu dulu ada tetangga yang bikin "perangko2an". Jadi dia gambar perangko sendiri di kertas biasa, trus tergantung jenis gambarnya, si perangko ada nilainya. Kalo mo beli perangkonya kudu pake duit2an (yang again dibikin sendiri di kertas). Biar perangkonya kerasa kaya perangko beneran, si kertas di"gerus" pake itu tuh...alat yang dipake buat bikin pola baju yang bisa bikin bolong2 di kertas/kaen, jadi ntar kalo ada yang "beli" perangkonya tinggal dirobek dengan gampang da udah dibolong2in di sekeliling perangkonya. :-D

    Selaen itu juga sering maen pake wadah korek api (dibikin kaya bentuk2 ruangan di rumah) dan bikin sendiri boneka2an, trus maen gitulah ama tetangga...bonekanya dibikin kalo ga salah dari korek api atau ranting kayu diiket pake tali/benang bentuk salib, trus di atasnya buat "kepala" dari kapas plus selembar kecil kaen bekas, trus diiket pake benang. Jadi kepalanya "bulet" gitu doang di atasnya, yang penting cukup deh buat jadi "tokoh2" dalam drama rumah2annya LOL!!!

    Apalagi yah? Oh iya, bikin mobil2an pake kulit jeruk Garut of course LOL!!!!! Kalo orang sini di daycare anak2 suruh bikin "kuda2an" pake tongkat, trus kaos kaki wol yang ukuran rada gede buat jadi "kepala" kuda...si kaos kaki disumpel pake kapas yang banyak, trus diiket pake tali di ujung depan kuda2an, trus ditempel mata dan kalo perlu pake surainya kalo mau sih...ntar tinggal pura2nya si anak pose kaya nunggang kuda (pose nenek sihir di gagang sapu) he he he...

    ReplyDelete
  2. EKKKKKSS gubrak salah inget gua...bukan cetakan es batu tapi cetakan AGERRRRRR ha ha ha...

    ReplyDelete
  3. eehhh, nemu blog yang nulis2 inspirasi u/ anak2 main.. horreeee \^^/ tapi sayanknya aku tinggal di apt, jadi agak susah untuk main gitu2,,, eh tapi bisa deng, main di balkon aja kali yakk.. xixiixix btw, salam kenal yah, aku maminya kimmy.. dpt blog ini dari biodata group FB yg komunitas bloger kristen hehehee

    ReplyDelete
  4. Nerdy Scrappers StudioFri Mar 15, 03:42:00 PM

    hahah ampas kelapa! Boleh juga idenya! Sayang di sini gak ada kelapa2an. Btw, itu playdough koq bisa basi? Punya gw simpen lama gak basi lho. Apa beda kelembaban dll yach?


    Tuh D ajak mama ke sini biar main bareng2 si dedek pipi tembem hehehe :D

    ReplyDelete
  5. kreatif banget nie ide2nya, bakalan q terapkan ke anak q dh nanti (skrg kn masih 3 bln. hehehe)

    ReplyDelete
  6. Waaahhh thanks buat ide2 tambahannya Mel :))) Mani panjang sampe bisa jadi 1 post sendiri hahahah.... THANKS so much ya for sharing!

    ReplyDelete
  7. Hai Mama Kimmy... dari Godly Parenting ya? :)

    Bisa lah di apartemen juga, ga makan tempat banyak kok, tapi kalo messy emang berabe ya kalo tempatnya sempit... Thanks for reading and welcome, mampir2 lagi ya kalo sempet... :)

    ReplyDelete
  8. Ga ngerti gua juga Ta... pokoknya yg gua punya setelah semingguan ya, bau basi gitu, agak lembek berair and berjamur hiiiyyyy..... Padahal justru itu kali gunanya dikasih garem banyak2 ya? Ga ngerti gua... Maybe kalo dimasak baru dia awet, Indonesia memang dahsyat lembabnya :)

    ReplyDelete
  9. Hai Evie! Selamat ya atas kelahiran baby-nya (telat amat nih...). Ga lama lagi bisa kok diajak main2 ;)

    ReplyDelete
  10. Hallo mama D, seneng BGT bacanya, itu biji yg merah cantik BGT, Keiko pasti suka BGT deh kalo ketemu yg begini...karena anaknya suka bgt numpuk... :)ke pet shop kami blom pernah nyoba, mamanya ketakutan sebenarnya hi..hi..tp perlu bgt nih buat di coba thx for sharing ya..

    ReplyDelete
  11. Iya bisa pasti bisa... tapi berantakannya gak tahan x__x' hahahha,, pasti akan mampir terus ^

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)