Monday, September 3, 2012

Help!! I married the wrong person...

Hah serem amat ya judulnya?

Komentar para responden (ciehh...) ttg judul ini:
Single: “Idih, amit2 ya jangan sampe kejadian....” (sambil ngetok kayu dg giat)
Istri/suami baru: “Puji syukur, gue married the RIGHT person....”
Istri/suami rada lama yang jujur: “Kadang rasanya gue married the wrong person, kadang rasanya the right person. Mana yang bener ya?”
Istri/suami rada lama yang terlalu jujur: “Huh, gue yakin gue married the wrong person. Gue dulu merit cuman demi... bla bla... Sekarang bertahan juga cuman demi ... bla bla...”

Postingan ini menyambung karangan saya terdahulu yang berjudul Galau Pranikah. Buat yang belom baca tapi pengen baca, cekidot dulu deh link-nya, biar nyambung ceritanya. Kalo ga pengen baca, mendingan dipengen2in, trus baca aja, biar itu postingan bisa naek rating-nya (jiaaahh... apaan sih @.@)


Tahun pertama pernikahan
Selain excitement, biasanya taun pertama diwarnai “ribut-ribut” menyangkut perbedaan-perbedaan, miskomunikasi, dan penyatuan visi&misi secara lebih real dan detail. Misalnya: tidur mau pake AC atau engga? Natalan mau ke keluarga suami atau keluarga istri? Dst.
Kalo ada perbedaan mendasar yang belom terselesaikan selama masa pacaran, ribut yang ada biasanya lebih besar daripada “ribut yang normal” (ada ya, ribut normal? Hihi...)

Tahun kedua pernikahan
Komunikasi lebih mantep, lebih saling memahami dan memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan spiritual pasangan. Kalo udah ada anak, mulai ribet ngurus anak dengan segala tetek bengeknya. Dan kalo perbedaan prinsip yang ada belom juga terselesaikan, masalahnya akan semakin runyam. Excitement di awal merit dulu mulai memudar . Sad but true, kan secara ilmiah katanya hormon cinta alias endorphin mulai memudar efeknya setelah 6 bulan, “setruman ser-ser-an” di masa pedekate and awal merit mulai “low voltage” :)

Sekitar tahun kelima sampe kesepuluh
Many things can go wrong dalam fase ini, mungkin lebih dari fase-fase lain. Kalo hubungan suami istri ga terus dipelihara, excitement bisa semakin ngilang. Pergumulan hidup nambah, sama keluarga asal semakin terpisah, jadi suami dan istri lebih saling bergantung satu sama lain. Hampir SEMUA kejelekan suami/istri keliatan JELAS. Mulai keliatan juga pernikahan yang fulfilling dan sehat, sama pernikahan yang goyah. Makanya orang bilang, taon ke-1 sampe taon ke-7 dalam pernikahan itu masa kritis. Mayoritas perceraian/perpisahan terjadi dalam 7 taon pertama pernikahan. Bukan berarti seudah 7 taon berarti aman. Zaman sekarang ada juga yang udah nikah sampe 20 taonan lebih eh ujung-ujungnya divorce. How sad...

Sekitar tahun ke-25 – ke-30 (periode perak)
Pernikahan yang bertahan, akan mulai masuk ke fase baru: fase empty nest. Bahasa Indonesianya “rumah kosong” kali ya (kok kayak film horor hehehe...), yaitu fase di mana anak-anak udah dewasa, meninggalkan rumah en memulai rumah tangga baru. Saya pernah denger ada pasutri yang jadi lebih banyak ngritik suami/istrinya karena ga ada lagi anak-anak yang diurusin, alias udah lebih nganggur gituh, wkwkwkw... Ada juga yang justru lebih hepi krn mapan secara finansial, sebagian besar “impian masa muda” udah tercapai, bisa pelayanan, traveling ke berbagai tempat, wooohoooo!

Tahun ke-40 dan seterusnya (periode emas dan seterusnya)
Seorang misionaris yang sangat saya hormati menyebut periode ini sebagai periode AMAZING GRACE. Bagi beliau, yang udah menikah hampir 50 taun, bisa melihat cicitnya itu SESUATU banget dah :) Masih dikasih umur, kesehatan dan kesempatan melihat buah-buah (yang sangat lebat!) dari pelayanannya selama puluhan tahun bersama suami tercintanya yang juga sangat inspirasional itu, masih bisa travel mengarungi separoh bola dunia dan terus mengerjakan ladang pelayanannya sambil menjadi grandparents yang supportif buat cucu-cucunya, masih memenangkan jiwa-jiwa, is truly an amazing grace.

Eum... kalo ada pernikahan yang bertahan sekian lama tapi ngga harmonis, atau bahasa Sundanya awet rajet, apa itu masih amazing grace? Kata saya sih itu juga amazing grace ya. Sebab untuk BERTEKUN dalam pernikahan yang sulit dan bertahan dengan orang yang sama sampe sebegitu lama jelas butuh amazing grace.

Nah, buat pembaca yang ngerasa kalimat “HELP!! I married the wrong person...” mencerminkan isi hatinya, saya pengen bilang bahwa kemungkinan besar itu adalah TIPUAN IBLIS. Karena iblis giat benerrrr usahanya ngancurin pernikahan dan keluarga. Dan justru keluarga-keluarga yang paling berpotensi memuliakan Tuhanlah yang paling diincer sama iblis.

Sebuah pernikahan semestinya ONCE YOU’RE IN, THERE’S NO WAY OUT. Kalo udah berani nikah, ya kudu berani ngejalanin sampe garis finish (salah satu atau keduanya dipanggil Tuhan, atau Tuhan Yesus datang ke-2 kali). Ga ada lagi istilah salah pilih, lha dulu kan udah dapet milih...
Suami/istri kamu itu God’s beloved son/daughter loh. Kamu udah meminta dia dari Bapa Sorgawi untuk kamu nikahi dan kawini. Tuhan udah kasih, plus kasih berkat pula, masa sekarang bilang salah pilih?

PERNIKAHAN ADALAH SEKOLAH KEHIDUPAN. Murid-murid (yaitu suami dan istri) harus mau belajar. Harus taat sama Pak Guru (yaitu Tuhan sendiri). Harus BERTEKUN. Ada ujiannya. Kita bisa naik kelas, atau tinggal kelas dan harus ngulang pelajaran yang sama, atau bisa juga drop out, tapi tentu saja sebaiknya jangan DO yang dipilih ya...
Kadang pelajarannya dirasa kelewat susah, ga sanggup dijalani lagi. Too much pain, too much tears. Daripada saling menyakiti apa ngga lebih baik disudahi saja?
Tapi Tuhan bilang, “...anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. (3) Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. (4) Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.” Yakobus 1:2b-4.

Saya suka banget versi The Message buat Yakobus 1:4-5:
“So don’t try to get out of anything prematurely. Let it do its work so you become mature and well-developed, not deficient in any way. (5) If you don’t know what you’re doing, pray to the Father. He loves to help. You’ll get His help, and won’t be condescended to (=tidak akan dipermalukan) when you ask for it.”

“Tapi kami sering bertengkar...”
Well, so what? Ga banyak orang yang mau ngaku kalo lagi bertengkar sama pasangannya. Jadi jangan dikira yang adem ayem itu ga pernah berselisih atau ga punya masalah. Setiap pernikahan punya pergumulan masing-masing.
Soal bertengkar mah menurut saya banyak tergantung temperamen pasangan itu. Ada orang yang cenderung emosional dan meledak-ledak, ada yang cenderung adem dan kalem. Yang meledak-ledak otomatis lebih gampang berselisih. Yang penting ada penyelesaian, dan perbaikan. Ada kompromi, dan pertumbuhan dalam hubungan suami-istri. Pak James Dobson bilang, pernikahan yang kuat dan bertahan justru adalah a marriage that breathes, yaitu pernikahan yang ada pasang surutnya.

Memang ada beberapa pernikahan yang sangat bermasalah sehingga perlu pertolongan, misalnya konseling, terapi, rehabilitasi, dll. Dan kalau memang ini yang terjadi, jangan ragu2 utk CARI BANTUAN. Hubungi orang-orang yang kompeten (misalnya konselor pernikahan, gembala gereja, mentor rohani, dll), JANGAN CURHAT KE SEMBARANG ORANG. Ini cuman bikin masalah tambah ruwet, sebab urusan rumah tangga itu bukan urusan orang lain. Be wise, cari Tuhan dulu supaya Dia sendiri yang sediain bantuan yang tepat.


“Tapi gue enggak bahagia dalam pernikahan gue, gimanaaa?”
Kalo menurut saya sih, yang terpenting dalam pernikahan bukan kudu bahagia. Tapi pernikahan itu harus FULFILLING atau MEMENUHI. Tentu ajah SEMUA orang pengen bahagia menikah, gak ada yang engga mau lah yauw, termasuk saya. Tapi bukan itu yang kudu dikejar.
Yang harus dikejar adalah memenuhi rancangan Tuhan buat pernikahan ini.
Dan juga memenuhi kebutuhan anggota-anggota keluarga, seperti kasih sayang, rasa aman, companionship, dan lain-lain. Ga semuanya bakal bisa terpenuhi 100% lah ya, biar gimana pun kita hidup di dunia yang udah jatuh dalam dosa, ga ada lagi yang sempurna.
Kalo rancangan Tuhan udah berhasil terpenuhi dan kebutuhan-kebutuhan terpenuhi, apa masih gak bahagia?

Zaman sekarang sejak balita anak-anak (terutama cewek2) udh tergila-gila dongeng princess. Inilah salah satu tipuan iblis yang DAHSYAT efeknya. Rasanya kalo punya anak cewe saya gak mau ngenalin dia ke princess2an deh... Kenapa?
Karena propaganda princess bikin anak-anak tumbuh dg pola pikir yang salah: bahwa pangeran tampan akan membuat princess yang cantik bahagia. (Cantik – nah ini satu lagi serangan dahsyat iblis: propaganda bahwa cuman orang yang cantik yang bisa bahagia/berharga. Ini beda lagi topiknya ya..)
Jadinya banyak istri yang ngerasa gak bahagia krn suaminya kurang begini dan begitu. Banyak suami yang merasa istrinya gak menghargai padahal dia udah begini dan begitu. Jadi lingkaran setan. Suami istri sama-sama makin ga bahagia.

Padahal kebahagiaan kita seharusnya ga tergantung pada orang lain. We choose to be happy. Bahagia itu pilihan.
Teorinya begitu. Tapi saya sendiri kejeblos di sini, hihihi... Saya cenderung harapin suami utk memenuhi SEMUA kebutuhan saya. Tau banget bahwa suami sibuk sekolah, dan bahwa dia juga udah POL mendahulukan kepentingan saya & anak saya di atas kepentingannya sendiri. Tapi otak dan hati emang sering ciong >_<
Saya suka ngerasa gak bahagia kalo ‘love tank’ saya kosong (baca buku Lima Bahasa Kasih, atau Five Love Languages, karangan Gary Chapman). Memang tugas suami buat bikin istri merasa disayang, ngisiin love tank-nya, tapi sebagai wanita dewasa, saya seharusnya bisa cari kebahagiaan sendiri (LOH?!). Maksudnya bukan kelayapan di luar sana krn haus kasih sayang, tapi punya kehidupan sendiri supaya saya gak jadi istri perongrong, atau penodong :) Ga perlu sampe punya identitas rahasia lah (emangnya Catwoman), tapi sebaiknya punya komunitas, kesibukan yang memenuhi kebutuhan saya buat aktualisasi diri misalnya nge-blog :p, kerja part time, ngelakuin hobi yang bikin hepi, dan masih banyak lagi. Karena NGGA ADIL kalo saya menuntut suami utk bisa jadi sumber kebahagiaan saya. Tidak ada manusia yang bisa memenuhi ekspektasi setinggi itu.

Saya pernah share artikel berjudul Angry Women and Passive Men di FB. Buat yang belom liat, HIGHLY RECOMMENDED utk dibaca ya (it’s in English sih). Lebih bagus lagi kalo baca bukunya: Love Must Be Tough atau Cinta Harus Tangguh (terjemahan Indonya), karangan dr. James Dobson (buku ini udah saya rekomend juga di postingan Galau Pranikah). Baca deh, kalo postingan saya aja dibaca, masa ga mau baca tulisan pakar yang bagus buanget ini?? :) *maksa ih*

“Kalo pernikahan saya ENGGAK fulfilling gimana?”
Bukan ‘enggak’, tapi “BELUM” :)
Sama kayak nonton film, kapan kita bisa menilai itu film bagus apa engga? Ya seudah ditonton sampe muncul tulisan THE END. Demikian juga pernikahan, baru bisa dinilai di akhirnya, jadi jangan buru2 menyimpulkan bahwa pernikahan ini enggak fulfilling.
Pernikahan kita juga adalah medan perangnya Tuhan, melawan serangan2 iblis dan roh-roh jahat di udara.
God’s is the battle, God’s shall be the praise (minjem kata-katanya ibu Elisabeth Elliot di buku Through the Gates of Splendor).

"Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata,
akan menuai dengan bersorak-sorai.
Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih,
pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya."
Mazmur 126:5-6

10 comments:

  1. Kalo kita mah dari taun kelima (atau malah keempat?) lompat ke fase "empty nest" walaupun tanpa mengalami suka-duka keberadaan anak2 he he he...but iya, beneran kudu diperjuangkan tuh pernikahan teh dan gua paling sering doa biar kita sehati-sepikiran seia-sekata. Bukan berarti kudu sama terus pendapatnya, tapi setidaknya kalo ada sesuatu yang harus dibahas berdua dan menyangkut masalah2 penting tuh beneran bisa sama2 barenglah biar enak gitu. :-) Praise the Lord indeed for His grace and His peace beyond understanding in our case mah. :-D

    ReplyDelete
  2. Ahhh!! Sangat memberkati buanget, budok! =) Kalo gw sampe sekarang ngerasa Amazing Grace melulu hahaha Abis rasanya gila banget gitu that I am here with a husband and a baby. Who would have thought?? Dan suami yg beda 360 derajat dari gw, tapi bisa yach adem2 wae tiap hari and we haven't tried to kill each other yet hahaha bener2 kalo bukan Tuhan & His amazing grace, siapa lagi yg bisa do this wonderful things?

    ReplyDelete
  3. Yes, I think what you have to say about marriage is truly wise, Natalia. I'm getting married in 10 days now, so your title drew me in. =) I had to read it in a mixed-up sort of internet translation, though. I really wish I knew Bahasa. =/ Oh well.
    I wonder, though, if the idea of being a fairy-tale princess and waiting for your prince to rescue you is not maybe something that God has embedded in the nature of little girls on purpose, with His own plan for the family in mind. I think longing for your prince is perhaps a universal desire that little girls and women all have--the sort of "fairy-tale" way of expressing what God said about us too: "Her desire shall be for her husband."
    C.S. Lewis talks about a slightly different aspect of children's stories when he says that every child's world is full of dragons already, so reading fairy-tales to them simply gives them the Sir George to SLAY the dragon. In the same way, I think that every little girl's heart has a built-in longing to be lovely, and prized, and beautiful....at least in the eyes of one man. And of course this desire can be twisted into all sorts of unhealthy behaviors when we look to fallen men to fulfill that desire for us. But really, this innate desire to be perceived as utterly beautiful to someone just needs to be guided in the right direction. God put it there on purpose, because He is the only one who will ALWAYS fulfill our longing to be valued. He sees through the eyes of Christ and can call us "lovely," even on our very worst "bad-hair" days.
    You can't get inborn nature out of a person, so it should be our responsibility to help young girls to understand that God values inner beauty most of all. And also how to wait and be ready for the kind of godly man who will treat her rightly as a wonderful and beautiful gift from God.
    Anyway, I am not arguing with you--that is just my take on the fairy-tale princess stuff. =)
    On another note: I am curious to know (because you seem to like to read the Focus on the Family stuff, which I respect as well), have you ever read the books "Wild at Heart" and "Captivating?" I think you would really like them, and they have a lot to say about this subject of how men and women are "built." They were very useful to me in thinking about WHY I do what I do, or why Eric does things differently than I would. If you get a chance, I'd love to hear your thoughts on that as well. I think it is good to stop and think, like you are doing here, about how we can understand each other's God-given nature and desires.

    ReplyDelete
  4. Oh! I agree on the wild at heart and captivating books! I LOVED them. I read them before I met my 'prince charming' and they were so helpful for me :) Very eye opening.

    ReplyDelete
  5. Mel, iya ya ga kepikir kalo buat elu juga ini kaya fase empty nest. At such young age. What a blessing to enjoy all those trips and neverending honeymoon :)
    You’re one of those adem ayem couples I referred to in the post, and you’ve been such a blessing to me... Thanks, Dear!

    ReplyDelete
  6. Shinta, benerrr bgt ya, sejak awal juga udah bisa dibilang Amazing Grace, not just your marriage but also everyone else’s. Good point! :)
    And err... about not trying to kill each other YET, wait until you get to ur 5th year and so on, huahahahahahha.... *kidding! LOL* Loe and Hans sama2 ada flegmatisnya sih Ta, jadinya adem ayem juga kaya si Amel. Good for you! ^__^ I know some great loving couple who both had quite a bit of temper and some issues, but they kept going strong and have been happy. It’s different for every couple, ya...

    ReplyDelete
  7. Emily!!! What a nice surprise finding your comment here, coz this post was written in bahasa... And I thought you got married already, but congratulations and I wish you all the best for your wedding and marriage, may God’s name be glorified and you all have a blast.

    Oh so totally agree on your point. I did read “Captivating”, but not “Wild at Heart” yet. I totally agree that every girl has that embedded desire to be fought for, loved, pursued, protected, and all by her prince. What bothers me about princess tales (along with those romantic comedy Hollywood films) are the “live happily ever after”, as if after the wedding everything will be alright. On the contrary, that’s when the true struggles begin. The other point I mentioned in the post, where girls tend to expect their guy to fulfill their EVERY need. They get clingy, needy, dependent, and so on. And I’ve seen SO MANY girls fell victim to this, since the very beginning of courtship. I feel so old saying this, but sometimes I want to shake them and tell them: “Get a life! Stop bugging him over minute things and start learning to communicate efficiently.” But then again, it’s a long process for a relationship to become mature, so maybe they need to pass that (disturbing) phase anyhow.
    Thank you for dropping such a long comment, I LOVE long comments :) And thanks for sharing your point of view, it’s been really enriching!

    PS. Eric is a VERY lucky guy ;)

    ReplyDelete
  8. Oh...kaga sadar kalo kita direfer di post itu malah HA HA HA HA HA HA..but you're right. Tiap couple juga beda2lah masalah dan tantangannya he he he...yang penting mah tetep terus berjuang bersama2 deh. :-)

    ReplyDelete
  9. well not just you sih yg direfer, but you're definitely one of those couples :) Benerrr setujuh Mel :)

    ReplyDelete
  10. oh my! I hope not! hahaha Sebenernya sih, ngaku nih .. gw biar phleg begini, tapi emosian bow. Emang loe gak pernah liat? Pasti pernah donk liat galak binti juteknya hahahahahahhaa :P Jadi yach, buat gw sih bener2 gitu amazing grace banget dpt suami yg bisa sabar aja ngadepin gw hahahahahhaa (Mak gw juga bilang gitu hahahahhaa hoki loe dpt suami kayak Hans. Gitu masa. hahahaha *ngurut dada ... maaaaakkkk kejamnya dirimu ama anak sendiri* wkwkwkkwkwk) God knows best, eh? :P

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)