Thursday, September 11, 2014

Fountain of Joy

Di kota saya, termasuk kecamatan tempat tinggal saya, lagi mati air, karena PDAM lagi ngadain perbaikan. Mustinya air mati selama 4 hari, dari tanggal 10-13 September. Saya yang biasanya suka ketinggalan info, “kebetulan” liat pengumuman di TV tanggal 9 sore. So, sore itu juga panic mode melanda, langsung saya gondol si D pergi ke toko beli gentong air dan ember baru, karena bak mandi rumah saya rada2 bocor, airnya suka berkurang melulu, dan selain bak mandi nan mungil, di rumah cuma ada satu gentong air gak terlalu besar dan 2 ember sajah. Gak punya toren alias penampung air yang segede bagong itu.

Saya kasih tau tetangga dan temen, sapa tau mereka belom dapet infonya. Bener aja, walopun PDAM bilang udah nyebarin selebaran dll, eh tetangga saya belom ada yang tau info ini.
Abis itu saya mulai siapin mental untuk ngirit2 air, dan cuciin segala cucian yang bisa dicuci, mumpung air masih ngalir (padahal biasanya saya tumpukin aje buat dikerjain sama helper harian saya besok pagi heheheh... :P). Syukurnya, tetangga sebrang ternyata ada sumur, dan nawarin air sumurnya buat kalo kami keabisan air, jadi saya ada cadangan.
Sambil berdoa supaya Tuhan cukupin air yang kami perlu, kami pun berharap-harap cemas.

Tanggal 10 pagi begitu bangun, doa n start the day, hal pertama yang saya lakukan adalah nyalain pompa air. Eh, air masih ngalir! So, pagi itu saya cuci-cuci dan isiin lagi ember-ember yang isinya mulai berkurang abis dipake mandi, dll.
Eh, ternyata, sepanjang hari itu, air masih terus mengalir deras, berkurang pun enggak :O
Hm... saya kirain ini PDAM bercanda atau lagi pengen beken ya... :P

Flash back dulu sedikit.

Minggu-minggu belakangan ini cukup berat buat keluarga kami. Ada beberapa masalah datang mendera (cieh, puitis :P), so kami jalanin sehari demi sehari, energi sehari habis buat hari itu. (Ya iyalah, emangnya mau buat berapa hari?)  Maksud saya, beneran gak mikir besok gimana, yang penting bisa lewatin hari ini tanpa berputus asa, itu aja udah bersyukur banget. Letih lesu dan berbeban berat, sampe susah senyum apalagi ketawa.
Tapi saya juga diingetin Tuhan buat bersukacita: “Karena itu kukatakan kepadamu: Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan, bersukacitalah!” Filipi 4:4.

Dalam sehari, saya berusaha hitung berkat Tuhan satu persatu beneran, dan berusaha bersukacita dan mensyukuri berkat-berkat itu, besar maupun kecil.
Buat saya, kalo lagi berbeban berat, enaknya ambil buku pujian dan pilih lagu buat dinyanyiin. Bukan apa-apa, soalnya kalo gak pake buku, pikiran saya nge-blank gak ada ide lagu sama sekali.

Ada banyak lagu khususnya hymne/kidung yang selalu sangat menguatkan saya. Salah satunya lagu yang liriknya ditulis sama Fanny J. Crosby, yang judulnya All The Way My Saviour Leads Me atau bahasa Indonesianya Di Jalanku ‘Ku Diiring.
Liriknya sangat menguatkan, saya tulis bait yang paling rhema buat saya aja ya, yaitu bait kedua:

All the way my Saviour leads me; 
Cheers each winding path I tread;
Gives me grace for every trial, 
Feeds me with the living bread;
Though my weary steps may falter, 
And my soul athirst may be,
Gushing from the rock before me, 
Lo! A spring of joy I see,
Gushing from the rock before me, 
Lo! A spring of joy I see.

Di jalanku yang berliku dihiburNya hatiku; 
bila tiba pencobaan, dikuatkan imanku.
Jika aku kehausan dan langkahku tak tetap,
Dari cadas di depanku datang air yang sedap;
Dari cadas di depanku datang air yang sedap.

Dan ngitungin berkat-berkat yang saya terima tuh kayak dapetin tetesan-tetesan air yang menyegarkan.  Saya takjub, betapa tetesan-tetesan air ini bukan “air gampangan” alias air yang emangnya ada dan selalu ada, tapi gushing from rock, atau memancar begitu aja dari batu cadas. WOW banget! Batu ngapain ngeluarin air sih? Batu kan harusnya dialirin air, bukan ngeluarin air.

Tapi satu hal, kok kenapa hati saya susah banget disuruh sukacita ya?
Jadi kagum sama suami saya (dan bangga juga dong, cieeh... :P), yang bisa cerah ceria, nyanyi-nyanyi kanan-kiri walopun lagi susah hati.
Sedangkan saya kalo lagi susah maunya diem melulu bermuram durja. Padahal dah ngitung berkat, dan udah terkagum-kagum sama berkat yang saya terima.
Yah gakpapa lah ya. Pelan-pelan, sedikit demi sedikit, saya relain hati ngikutin proses yang Tuhan lagi kerjakan dalam hidup saya. Saya rindu sekali suatu hari nanti, bisa punya hati yang penuh sukacita walopun dalam situasi tertekan. Saya minta sama Tuhan, supaya saya bukan cuma disegarkan sama aliran air dari batu cadas, tapi saya bisa BATHE in His fountain of joy. Bukan sekedar basah oleh tetesan berkatNya, tapi BERENDEM dalam pancaran air sukacita.

Nah, sekarang balik ke kisah PDAM dan mati air.
Udah liat benang merahnya kan? Pokonya sambungin aja ya, kisah air sukacita dari Tuhan sama kisah air PDAM #maksa :D

Dan, hari ini tanggal 11 menjelang sore.
Teman-teman, tetangga kanan dan kiri udah mati airnya.
(Ternyata PDAM gak cuma pengen beken :P Maaf ya, PDAM, saya cuma bercanda jangan dimasukin ke hati...)

Tapi air di rumah kami masih mengalir.
Mengalir dengan derasnya.
Yah walopun agak sedikiiiit aja keruh.
Kemarin dulu saya berdoa minta Tuhan cukupin kebutuhan air (yang kami udah tampung).
Saya gak nyangka Tuhan kasih air dengan LIMPAHNYA. Miraculously. Di rumah kontrakan kami gak ada sumur, saban bulan kami bayar PDAM seperti yang lain, pipa air juga sama aja kayak yang lain, gak nambah apa2 dan gak ada beda apa2.

Saya gak ngerti ini air ngalir dari mana.

Oh tunggu, tentu saya tau banget ini air dari Tuhan. :)

His way of saying that He is bathing me with His fountain, albeit fountain of water instead of fountain of joy, yet.
Caranya Tuhan bilang sama saya bahwa Dia merendam saya di dalem pancuran air-Nya, walopun bentuknya masih air beneran belum air sukacita.
Suatu hari nanti, ya Bapa, cultivate in me that joyful heart regardless the circumstances :)


Gemetarlah, hai bumi, di hadapan TUHAN, di hadapan Allah Yakub, 
yang mengubah gunung batu menjadi kolam air, dan batu yang keras menjadi mata air!
Mazmur 114:7-8

Sebab telah Kaubuat aku bersukacita, ya TUHAN, dengan pekerjaan-Mu, karena perbuatan tangan-Mu aku akan bersorak-sorai. Mazmur 92:4

1 comment:

  1. WOW! Amazing are His works and how He answers our longings...Praise the Lord!

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)