Tuesday, February 5, 2013

Marriage under fire

Warning: 
Postingan ini tidak diperuntukkan buat pasutri (pasangan suami istri) yang gak pernah bertengkar :)  
If you never have a fight with your spouse, please just proceed to other posts :)

Ini postingan mau ngelanjutin  postingan lama tentang marriage yang udah lama telantar. Emang ga terstruktur sih, random aja ya saya nulisnya, tergantung ilham ;)

Ada yang tau film Fireproof gak?
Ini posternya:



And kalo mau keterangan lebih lanjut tentang film ini, liat di sini ya. 

Filmnya standar sih, agak klise kali ya buat yang demen film2 "berat". But pesan moralnya bagus banget, tentang perjuangan mempertahankan sebuah pernikahan yang udah di ujung tanduk. 
Dan saya terutama terkesan ama aktor pemeran utamanya, Kirk Cameron.  Temen2 yang di tahun 90an awal udah suka nonton sitkom di TV mungkin kenal ya, dia ini pemeran Mike Seaver di sitkom populer Growing Pains.  Saya impressed bukan karena cakep, tapi karena dia adalah seorang Kristen lahir baru, yang full timer pelayanan, dan sebagai aktor, dia komit utk engga ciuman ama lawan mainnya. Di film ini lawan mainnya istrinya, jadi no problem lah ya :)  Di film lain konon kalo ada adegan ciuman, istrinya yang jadi stunt woman utk adegan ciuman. WOW!  Hare gene, di dunia kaya geto, atas nama profesionalisme saya rasa wajar lah ya kalo kudu ciuman ama lawan main. But buat hal yang "kecil" yang efeknya pasti cukup bikin ribet kaya gini dia bisa komit, buat saya wow banget dah. 
Iyalah  elo juga harus bilang WOW! Ciyusss! :D

Anyway, sebelom saya makin sok muda dg sok pake2 bahasa alay,yuk kita lanjut :)

Yah setiap pernikahan tentu ada problemanya sendiri2... 

Ada problem yang baru muncul karena situasi, ada yang emang udah kronis dan menahun. Ada problem akibat pilihan yang diambil, ada yang kecemplung tanpa bisa menghindari. 
Ada pasutri yang terbelit masalah perselingkuhan.
Ada pasutri yang setia tapi bergumul soal finansial. 
Ada pasutri yang diberkati materi berlimpah, tapi bergumul dengan kecanduan (alkohol, pornografi, judi, sampe narkoba). 

Ada yang semuanya baek2 aja tapi gak bahagia dan suami-istri disconnect, maksudnya hubungannya udah dingin dan masing-masing jalan sendiri2, udah lebih kaya roomate daripada soulmate.
Ada yang hubungannya baik tapi sering bertengkar karena masalah anak (gak punya anak, punya anak bermasalah, atau terlalu mengutamakan anak) atau masalah lain.
Ada yang tampak bahagia sejahtera, ternyata di dalamnya rapuh karena banyak ketidakpuasan, miskomunikasi atau masalah yang tidak diselesaikan karena menghindari konflik. 
Ada yang semuanya OK tapi goncang karena terlalu banyak campur tangan keluarga asal suami/istri.

Namanya juga hidup, penuh lika-liku. Padahal waktu milih pasangan dulu udah bener2 menimbang bibit bebet dan bobot.  Udah nurutin apa kata nenek: "Waktu pacaran, buka mata lebar-lebar terhadap kekurangan2 pasangan, setelah nikah tutup sebelah mata dan terima semua kekurangannya."


Sapa sangka, setelah nikah kisahnya jadi begini: 
"Nyesel gue kawin ama elo! Gue gak bahagia banget! Kalo tau gini mendingan dulu gue hidup melajang aja..."
"Gue udah berusaha lakuin semua yang elo mau, tapi elo gak pernah menghargai jerih payah gue..."
"Selalu gue yang salah. Elo selalu bener. Gue gak tahan lagi, gue mau cerai..."

Ngelewatin badai cobaan emang ga enak. Banyak kejelekan bin kebusukan yang ga pernah kita tau, pada bermunculan. Kadang omongan yang keluar dari mulut juga ga terkendali. Karena hati kita lagi sakit, otomatis mau nyakitin juga hati pasangan, biar sama2 gitu...

Oma Geary yang sangat saya hormati dan kasihi pernah ajarin selama ngasih bimbingan pranikah buat kami dulu:
"Dalam pernikahan, kata SELALU dan TIDAK PERNAH itu tidak benar."  

Hm... saya pikir2 iya yah. Contohnya kalo bilang "suami saya selalu terlambat" misalnya, kan itu gak bener. Masa iya sih suami ga pernah satu kali pun engga terlambat? Atau "suami saya ga pernah mau bantu kerjaan RT". Apa iya? Mungkin suami emang ogah nyuci atau ngepel, tapi mungkin dia bantu dengan caranya sendiri: taroh baju kotor di tempatnya misalnya, atau ngirit2 pemakaian baju dan peralatan makan supaya gak banyak cucian?

Kalo boleh saya tambahin, kata MENYESAL NIKAH dan kata CERAI atau sejenisnya adalah kata-kata yang HARAM hukumnya buat dikeluarin dalam pertengkaran sepanas apa pun, dalam keadaan semarah apa pun. Kalo itu kata-kata udah bermain2 di otak dan menari2 di lidah, lebih baik timeout atau walkout dari arena pertengkaran kalo kira2 mulut udah hampir gak terkendali. Kalo udah tenang baru selesaikan masalahnya sampe tuntas.
 
Karena  walopun namanya orang bertengkar memang sering kelepasan omong dan ngeluarin kata-kata yang nyakitin, tapi ada kata-kata yang sengatnya ga bisa ilang dengan mudah.  Bahayanya lagi, ntar kalo suatu ketika bertengkar lagi, kata-kata haram ini bisa keluar dengan lebih gampang, dan in the long run, destruktif buat hubungan suami istri.
Pertengkaran yang diakhiri dengan baik bikin hubungan pasutri  makin kuat. But some scars never go away, so be careful not to make any!

Ada juga pasangan yang cenderung menghindari konflik, jadi kalo ada ganjelan ya diem2 aja, sampe udah numpuk dan akhirnya meledak jadi pertengkaran besar yang sebagian besar mengungkit2 masalah lama yang dulu didiemin aja. Jangan salah, "menutup sebelah mata" itu terhadap kekurangannya suami, bukan terhadap hal-hal yang berpotensi jadi sumber konflik di kemudian hari.

Setelah bertahun-tahun belajar "seni bertengkar dengan pasangan", ada beberapa pelajaran yang saya tarik:

1. Jangan pernah keluarin kata-kata HARAM yang udah saya sebutin di atas: menyesal, cerai, selalu, ngga pernah. Kalo menurut buku2 psikologi populer, bertengkar yang sehat sebaiknya pake kalimat-kalimat yang dimulai dg kata "Aku". Contoh: Aku ngerasa sakit hati waktu kamu... bla bla bla. Karena kalimat2 yang dimulai dg kata "Kamu" biasanya jadi serangan buat pasangan.


2. Kalo bertengkar (baca: berdiskusi, walopun dengan "hot" wkwkwk...), fokus ke masalah yang lagi dibahas, jangan pernah mengungkit-ungkit masalah atau kesalahan yang dulu2. Kalo istilahnya Oma Geary: "Jangan simpan piala di lemari kaca, buat dipandangi dan dikoleksi."  Piala2 itu adalah kesalahan2 pasangan atau masalah2 yang dulu2, baik yang udah selesai maupun yang belom.

3. Bahas masalah/sumber konflik secara tuntas sampe ada solusi dan semua ganjelan dibereskan. Memang ada hal-hal yang perlu waktu dan ga bisa selesai seketika,  ada juga hal-hal yang BELUM ada jalan keluarnya.  Istilahnya Paulus: duri dalam daging. Buat yang kayak gini, suami istri harus ada kata sepakat untuk kasih ruang dan waktu atau komitmen untuk bertekun ngejalanin hidup sambil berdamai dengan masalah yang ada.

4. Jangan ember bocor dengan cerita ke keluarga atau teman2 yang gak berkepentingan.  Ada hal-hal khusus (misalnya kasus kekerasan dalam rumah tangga) di mana poin ini ga berlaku ya, tapi untuk sebagian besar masalah pasutri sehari-hari mah selesaiin sendiri aja. Kalo dah mentok, cari bantuan dari yang berkompeten (misalnya konselor/pemimpin rohani).

5. Sebisa-bisanya, jangan bertengkar di depan anak atau orang lain. Anak ngerasa insecure kalo liat ortunya gak kompak, or even worse, anak bisa ceritain "sesi pertengkaran" yang dia saksikan ke orang2 >_<  ouch... engga banget ya.

6. Last but not least, sedia ENDLESS FORGIVENESS buat pasangan and be committed to always LOVE HIM /HER UNCONDITIONALLY.  (Ini mengutip pesan-pesan pranikah dari temen saya, dia juga belakangan ini nulis seri postingan buat pasutri baru, klik di sini kalo mau baca. Ini link ke videonya.)
Warning: ini susah banget ENGGA GAMPANG, sometimes forgiving takes a long time and a difficult process. 

Waktu lagi ngebahas tentang perselingkuhan, temen saya nanya ke saya gini: "Gimana kalo suami kamu selingkuh? Kalo saya sih saya bakal tinggalin dia!"
Hm... that was a tough question. Bikin saya jadi mikir.  Soalnya ga pernah kepikir sama sekali gimana kalo suami saya selingkuh, because ya saya percaya penuh sama suami saya. Saya percaya dan doakan terus supaya dia dijauhkan dari godaan dan dosa percabulan.
Buttt, IF (cetak tebell dan miriiingg) such a thing can happen in a million years, well I'm gonna have to FORGIVE HIM. Kallooooo kejadian juga, yang benar adalah saya harus MENGAMPUNI.  Meskipun tentu sajah gak kepengen mengampuni ya.  Inilah saatnya komitmen harus bicara lebih keras daripada logika/perasaan. Gak tau bisa apa engga dan gimana caranya. But saya rasa that's just the right thing to do, yang Tuhan mau dan Dia akan memampukan saya (kami).

Saya kenal secara pribadi dengan 2 orang ibu berbeda yang sama2 berhati seluas samudra, yang dengan lapang dada menerima anak hasil selingkuhan suaminya untuk dia asuh dan besarkan bareng sama anak-anaknya sendiri. Yang satu suaminya hobi selingkuh. SETIA banget: SEtiap TIkungan Ada -.-'
Yang satu lagi kalo ga salah "cuma khilaf" sekali itu aja.
Ibu-ibu ini gak kenal Tuhan, jadi saya heran, dengan kekuatan dari mana mereka berhasil mempertahankan pernikahannya di atas fondasi yang udah begitu hancur babak belur.

Hidup itu dinamis, ga pernah sama. Kondisi yang sekarang keliatannya "hopeless" bisa Tuhan ubahkan. Doa, doa puasa, cari Tuhan, cari bantuan (konseling misalnya), minta Tuhan pulihkan rumah tanggamu. Jangan beri "memupuk" pikiran negatif tentang nyesel nikah lah, andai dulu pilih si X aja bukan suamimu sekarang lah, dll dst. Daripada buat mikirin yang engga2 gitu, mending cari Tuhan, isi pikiran dg firman Tuhan, fokus dg usaha mempertahankan komitmen pernikahan.

Mungkin sekarang pasangan kayanya udah ga peduliin rumah tanggamu. Tuhan pun sanggup ubahkan itu. Tapi harus ada yang MAU MEMULAI DULUAN. Kalo udah dimulai usahanya, jangan berhenti sampe ada hasil. Miracles still happen.



 And don't be wishing you were someplace else or with someone else. 
Where you are right now is God's place for you. 
Live and obey and love and believe right there. 
God, not your marital status, defines your life. 
Don't think I'm being harder on you than on the others. I give this same counsel in all the churces. 
1 Corinthians 7:17 (versi The Message)


NB. Ini ada kesaksian indah dari seorang wanita yang ditinggal selingkuh suaminya, baca yah, dan lihat bagaimana Tuhan bekerja memulihkan pernikahannya.
 

10 comments:

  1. Hi Ci! Salam kenal :) Ini 1st kalinya aku baca blog cc. Terima kasih buat sharingnya :) sangat memberkati ci :) btw nama cc kyk nama ku yg dulu mau dikasih mama buat ku tp kagak jadi krn kagak jadi lahir pas tgl 25 dec :P #curcol#

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga Dina... Tengkyu udh mampir baca2 :) Boleeehhh curcol kok, bebas ;D

      Delete
  2. Eh, gua juga sama ngerasa salut ama si Kirk tuh...karena yang maen film itu teh bener2 kudu "baleg" biar ga jadi batu sandungan pan yah. Ada juga sitenya tuh buat yang mau baca2 dan share pengalaman mereka ngejalanin Love Dares.

    http://www.fireproofmymarriage.com/couples.php
    http://www.40daylovedare.com/default.asp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow thanx link nya Mel... Ini g buka dr blogger, masuk semua tuh comment elu, smg lancar ya, ga ilang2 lg

      Delete
  3. Lho, gua kemaren ninggalin comment di sini kok ilang yah? Gua pajang link buat yang mo baca Love Dares.

    http://lovedarestories.com/
    http://www.fireproofmymarriage.com/couples.php

    ReplyDelete
  4. Mama derren izin share ya...hope ini bisa buat berkat pasutri yg lain. Btw..thx bgt ya dah share tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx mama keiko udh nge-share. Iya smg bs menguatkan.
      Aq heran knp link ke blog mama Keiko gak mau update tiap ada postingan baru. Mgkn kudu di-remove n pasang ulang link nya ya.. *sambil mikir* :)

      Delete
  5. Hai Dina! Salam kenal juga, makasih ya udah baca2... Sori baru dibales comment-nya. Aq susah OL soalnya, jadi angin-anginan deh kapan bisa posting blogpost or comments...
    Mampir lagi ya... :)

    ReplyDelete
  6. Silakan, tengkyu udah nge-share. Maap baru bales comment-nya :P

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)