Saturday, June 16, 2012

Menjadi Pembawa Damai

Berbahagialah orang-orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
Matius 5:9

Pernah ga sih nyoba jadi pembawa damai?

Sering yah?

Susah ga?

Susaaaahhhhh yah?

-.-‘ Nenek-nenek juga tau…

Enak ga sih jadi pembawa damai?

Menurut saya, ga enak.

Ga enak banget malah.

Karena jadi pembawa damai itu bukan kaya di film holywood, di mana sang tokoh pembawa damai nan cantik rupawan dan wangi (???) menebar senyum sambil ngomong hal-hal yg menyentuh hati dan mengena tepat ke sasaran, terus 2 pihak yang bertengkar/bertikai langsung “TING!” kayak ada lampu nyala di benaknya, sadar salahnya di mana, saling minta maaf, trus berpelukan dlm persahabatan/percintaan yang kembali akur dan penuh kasih.

Kalo gitu sih wuenaaak tenan, eke juga mao dong…! Langsung disebut anak Allah pula… *ngiler*

Tapi coba liat pemenang Nobel Perdamaian, Nelson Mandela. (Terpaksa pake contoh doi, gak tau lagi yang laen soalnya hihihi… *ketawa malu*)

Berapa taon noh dia ngedekem di penjara? Puluhan taoonnn, sampe udah ubanan! Demi perdamaian antarkelompok etnis di Afrika Selatan. Orang-orang yang hidup di negeri yang sama, cari makan dari bagian bumi yang sama, yang herannya gak bisa akur. Yah sebenernya ga heran juga sih ya, wong zaman sekarang di mana-mana ada perang saudara. Yang lagi hot sekarang, Papua. Sekeluarga bisa musuhan gagara yang satu pengen merdeka, yang lain pengen ikut NKRI.

*Menghela napas*

Yang ada, dunia yang udah bobrok ini dipenuhi situasi sulit, jauh di luar zona nyaman. Kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Tekanan hidup. Amarah. Rasa tidak puas. And so on… and so on…

Boro-boro pengen membawa damai, seringnya pengen memuntahkan angkara murka, semburin api dari mulut, asep dari telinga dan dari every possible lubang di kepala! HAR HAR!!
(Eh jangan-jangan yang begini gue doang ya… Hadoh… menyebar aib sendiri di dunia maya… Wekekek… Yo wis lah, barangkali emang terpanggil utk ‘ngaku dosa’ secara terbuka, siapa tau ada orang yang bisa belajar dari kesalahanku ;) )

Tapi justru dalam ketidak-idealan inilah Tuhan menyuruh kita jadi pembawa damai. (Kalo ideal mah gampang atuh…)

Emangnya Yesus ga tau, bahwa 2000 taon lebih setelah Dia naik ke surga, dunia bakal jadi kayak gini? Dengan segala intrik kebusukan dan manusia-manusia yang makin hari makin tambah ‘ajaib’ (in a REALLY bad way)? Tau lah yauw…

Gimana ya caranya jadi pembawa damai?

Hm… terus terang saya juga kagak begitu tau… *gubrak*

Yang saya tau, saya sering jadi pemicu “ketidak-damaian” (nah ngaku dosa lagi, makin lama yang baca tambah seneng, soalnya makin banyak “dirty laundry” yang keluar wakakak…).

Alias jadi pemicu yang bikin orang laen marah. Or bikin situasi jadi ga enak karena ngambek2 sendiri.

So maybe salah satu cara yang gampang disadari (tapi sulit ditindaklanjuti) adalah:

MENCOBA UNTUK TIDAK MENJADI PEMICU PERSELISIHAN

Belakangan ini saya ceritanya lagi nyoba untuk jadi orang yang lebih sabar nih. Bertaon-taon-taon berdoa, naga-naganya kagak ada kemajuan -.-‘ But of course itu tipuan iblis, sodara2 pembaca! Waktu saya bener-beneerrr perhatiin (“R”nya banyak amat saking kecilnya), ada juga loh, saat-saat di mana saya berhasil mengalahkan pitam yang mulai naik (hampir naik pitam maksudnya).

Caranya?

Dengan buru-buru berdoa (singkat aja, ngomong ama Tuhan dlm ati doang, gak perlu pake posisi berlutut dan tangan dilipat menutup mata dll, weleh keburu pitamnya meledak kalo gitu mah…), and memaksa diri utk cari hal-hal yang bisa disyukuri dan membesar-besarkan hal itu. Kesannya jelek ya, membesar-besarkan. But it’s actually good, and sehat buat jiwa loh. Daripada membesar-besarkan masalah (yang sebenernya kecil, iblis noh yang ngomporin, gak kerasa ya? Kasian deh lu hehehe… becanda!), lebih baik membesar-besarkan berkat kan?

Lah berkat itu emang besar-besar kok, wong kita ini pada dasarnya gak layak diberkatin. Kita sering MERASA BERHAK menerima segala yang baik dari Tuhan, padahal siapa sih kita ini? Cuma seonggok debu yang amat sangat dikasihi-Nya. Berkat dan segala yang baik dan mudah dan lancar yang kita terima dari Tuhan itu KARUNIA, bukan HAK...

Sebelom saya mulai ngalor ngidul, balik lagi yuk ke bagian pitam :)

Ternyata cara gitu berhasil loh, surprise surprise!

Entah apa yang terjadi, yang jelas hati saya jadi adem gitu. Kagak damai sejahtera eforia, tapi calon angkara murka menguap menghilang. Sampe terkaget-kaget sendiri. Soalnya usaha bertaon-taon tuh bisa diitung jari deh buah kesabaran yang bisa saya liat. I rejoiced in that small victory. Sangat kecil, tapi tentu aja saya besar-besarkan (sampe jadi satu postingan blog huahahah). Buat reminder pribadi, sekalian nyemangatin utk terus berusaha. Saya rindu banget bisa punya “roh yang lemah lembut dan tenteram” (1 Petrus 3:4), meskipun temperamen saya sama sekali kagak lemah lembut, tapi rohnya bisa kok lemah lembut (semoga!).

So, semangat ya para pembaca sekalian!

Mari kita jadi pembawa-pembawa damainya Tuhan. Karena kita memang anak-anak-Nya.

Saya nulis begini bukan berarti saya udah jadi wanita penyabar, putri yang mulia, harum namanya (Kartini kali…). Simply saying that buat yang segahar saya pun masih ada harapan :) Tuhan sanggup!

Yang punya kiat laen utk jadi pembawa damai, saya pengeeenn banget dikasih tau, share ya… Siapa tau yang lagi pada galau bergumul bisa dapet pencerahan :)

2 comments:

  1. AMEN to that, Piot...LOVE the post! And THANK GOD for His help deh...siganya doa2 singkat itu seperti pemadam kebakaran...apinya padam walau embersnya masih panas kalo langsung dipegang, tapi at least si api ga merebak ke mana2 dan ga jadi merajalela. :-D

    Salah satu hal yang gua pelajari buat cari kedamaian tuh buat tutup mulut sebelom ngomong. Ada hal2 tertentu yang emang "truths" tapi ga perlu diomongin. So sebisa mungkin kalo emang ga perlu diomongin mah gua ga akan ngomong (bukan berarti selalu berhasil sih, tapi kalo ada kesadaran ini at least ada "remnya") - or kalo emang bener2 perlu ngomongin something yang kayanya bakal pait didengar, kudu mikir dulu dari berbagai sudut kapan kudu ngomong dan gimana cara ngomongnya. Being honest is crucial, but being brutally honest isn't.

    Bukan berarti kita bisa ga hurt anyone's feelings by doing this sih, da biar gimana juga we can't please everybody and we don't know what other people think/feel, but the point is just to try our best ajalah buat gua sih. And bukan berarti kudu hide the truths sih dan memoles segala2 jadi manis, but buat gua mah yah I try to remember that words can hurt, too and the way we talk to others (and the timing, too) makes a difference. Contoh ektrem mah mun mau ngungkapin yang pait2 tentang someone trus gua tau itu orang lagi banyak masalah plus PMS mah ga lucu banget kan...Kalo udah try our best tapi orang laen malah kesinggung mah ya udah deh, just hope that God will heal the wounds ajalah and hope God will help me be more sensitive ajah...

    Tiap orang beda2 yah yang kudu dipelajari dan beda2 situasi idup yah. Kayanya yang berat buat gua bukan tutup mulut, tapi malah belajar assertive hi hi...belajar netepin bates dan speak up and fight for my rights. Belajar nuntut tanggung jawab dari orang laen (ini di bidang kerjaan terutama) tapi kudu bisa sopan juga. Satu lagi sih: learning to give praises when they're due - verbally (not just in writing).

    Lah jadi panjang...geusan deh ha ha...nu pasti mah, I'm SO SO SO HAPPY to know your progress 'coz I know pergumulan loe he he...Praise the Lord for His fire brigade!!! :-D

    ReplyDelete
  2. Hai Mel, sori baru direply, baru buka lagi via website, dari HP mah gak bisa komen2 :P
    Thanks buat komen panjangnya. Thanks lebih lagi buat ur support, I know you will be happy for me! ^__^
    Bener bgt belajar nutup mulut, walopun msh ada yg "ganjel" or "belom kelar". Bukan biar numpuk di kemudian hari. But to learn to let go even when you know you're right. ESPECIALLY when you know you're right.
    Yuuu mareee kita berjuang terus melawan si Pitam, hahah...

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)