Sunday, February 7, 2016

Cerita Hamil Pertama - part 2

Baca “Cerita Hamil Pertama part 1” di posting sebelumnya ya.

Setelah drama hamil-gak hamil di trimester pertama, masuk trimester kedua, saya masih depresi dan moody banget. Nafsu makan yang ilang lenyap sekarang udah diganti dengan semangat maksain makan, apa aja asal bisa masuk, demi dedek baby di perut yang selama ini kayanya kurang gizi.

Herannya saya gak terlalu mual dan gak pernah muntah. Sepanjang hamil pertama saya muntah cuma 2-3 kali doang. 1-2 kali di rumah gagara langsung baringan gak lama setelah makan, yang sekali lagi pas kerja, malu-maluin dan ngerjain banget pokoknya -.-‘

Setelah tau hamil 12 minggu, iseng-iseng kami test pack lagi. Hasilnya awalnya masih tetep negatif (ngotot amat ni test pack ya!), lama-lama baru muncul garis kedua, tanda positif. Itu pun tipis samar-samar. Ckckck... apa ini artinya kadar hormon saya rendah ya, entahlah.
Konon kadar hormon yang tinggi bikin bumil merasa mual, muntah, dan keluhan-keluhan hamil lainnya. Jadi sabar-sabar ya, para bumil muda yang lagi ngerasa sengsara. Your body is doing its job, nurturing your baby properly. Nanti kalo udah seneng-senengnya hamil dan punya baby, lupa kok sama susahnya ;)

Di trimester 2 ini kami ambil cuti dan pulang kampung. Tujuannya selain nengok keluarga (dan ditengok keluarga), perbaikan gizi, refreshing untuk memperbaiki kondisi kejiwaan saya, perbaikan gizi, dan perbaikan gizi hahahha... soalnya di kompleks tempat tinggal kami susah cari cemilan yang berkenan di lidah saya, terus aja pengenin makanan2 dari kampung halaman: batagor, es campur pa Oyen, dll (gak disebutin ya, entar yang baca pada ikutan ngidam).
Roti tawar kudu dibeli di kota, perjalanan sekitar sejam. Setiap hari Senin dan Rabu suka ada tukang es krim Walls keliling yang pake motor. Suami suka beliin beberapa cup sekedar buat saya cemilin, atau kalo lagi ada roti, saya bikin ice cream sandwich buat pengganjal rasa lapar yang muncul terus menerus. Pelan-pelan nafsu makan saya pulih, dan menggelora bak ombak di tempat surfing wakakkaa...

Memasuki kehamilan 29 minggu, perut saya mulai sering kontraksi.
FYI, selama trimester 1 saya kerja setengah hari doang, tanpa jaga malem (tentu gaji juga disesuaikan lah ya). Jatah jaga malem saya diambil alih suami.
Masuk trimester 2, depresi dll saya mulai membaik, saya kembali kerja full time, plus jaga malam. Sistem jaga malam di RS kami lumayan, yaitu kerja full time jam 7-17, dokter jaga langsung lanjut kerja jam 17-7 pagi keesokan harinya, dan sambung lagi jam kerja reguler 7-17. So, 34 jam ++ (kalo masih ada pasien atau operasi ya lanjut aja pokoknya sampe selesai).
Suatu hari setelah hari kerja yang panjang, sesaat sebelum pulang saya ngerasa perut kenceng-kenceng. Awalnya sih saya anggap Braxton Hicks (kontraksi palsu) biasa. Tapi kok sering ya. Setelah saya perhatikan betul-betul, kontraksi rutin tiap 15 menit sekali, intensitasnya lumayan kuat. Setelah 2 jam kontraksi rutin terus berlanjut, saya konsultasi, dan dianjurkan bedrest dan minum obat anti-kontraksi.

Haiz... mulailah galau kuatir. Yang bener aja nih, masa mau lahiran, baru 29 minggu?! Belom persiapan apa-apa, mana di RS kami fasilitas untuk merawat baby prematur kan gak secanggih di kota-kota besar.
Abis minum obat kontraksi agak berkurang, tapi gak ilang tuh. So, besoknya saya dianjurin bedrest dan gak kerja. Sampe siang, kontraksi masih sering muncul, sampe akhirnya dikirim bidan untuk cek kondisi janin dan kontraksi saya di rumah. Waktu itu belum ada alat CTG di RS kami. Akhirnya saya dianjurin opname di RS, untuk dikasih obat anti kontraksi, suntikan buat pematangan paru-paru janin (jaga-jaga seandainya kontraksi terus berlanjut dan baby lahir sebelum waktunya), dan observasi.
Setelah sekitar 2 hari dirawat, saya dipulangkan dengan pesan kudu bedrest, sampe usia kehamilan minimal 35 minggu, di mana baby dianggap udah cukup kuat dan aman seandainya pun kelahirannya gak bisa ditunda sampe cukup bulan.

Maka 5 minggu berikutnya diisi dengan kebosenan, kepanasan, baring-baring ga jelas di kamar sambil cari-cari kegiatan buat ngisi waktu. Waktu itu belom jamannya Facebook, jadi saya kontak ama temen-temen lama yang baru atau baru mau jadi mama via Friendster (galau dulu, mau nyebut Friendster apa gak usah, takut dikira tuwek sama pembaca :P).
Saya juga bikin “bedrest journal”, awalnya buat mantau kontraksi dan efek obat, eh lama-lama malah asik ngejurnal deh.

Dodolnya, saya gak terlalu banyak mengedukasi diri sendiri tentang persalinan dan kelahiran. Berasa udah tau teorinya dan sering nolong orang lahiran, baik normal maupun SC (sebagian besar saya asistenin doang sih, sesuai SOP di RS, dan pernah sekali kerjain SC disupervisi sama dokter spesialisnya). Waktu itu sinyal internet di tempat kami belom terlalu bagus. Medsos dan google juga belum gegap gempita macam sekarang. Sekarang sih udah trend banget tuh ASI eksklusif, gentle birth lah, water birth lah, home birth lah, dlsb. Tanpa dicari pun udah bermunculan sendiri tuh artikel2nya berseliweran di medsos.

Minggu-minggu bedrest diisi dengan segambreng doa dari keluarga dan keluarga besar RS. Di setiap kesempatan ibadah baik di kapel maupun persekutuan, pasti saya dan baby diselipin jadi pokok doa. Waktu itu kami udah tau baby-nya cowo. Banyak orang nanyain mau dikasih nama apa, jadilah kami kasih panggilan kesayangan JOKO, karena bapaknya orang Jowo wakakakak...
Dan karena sering dinasehatin supaya Joko sabar-sabar jangan lahir kecepetan, lama-lama Joko pun dapet nama lengkap: Joko Sabarudin ^__^

To be continued lagi ya... 

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)