Friday, March 18, 2016

Mama of newborn

Halo, pemirsa :)

Udah 4 minggu berlalu sejak saya brojolan anak ke-2.
Hip hip horeeeyyy karena saya berhasil lahiran normal (VBAC: Vaginal Birth After Cesarean).
Sekarang masih berkutat dengan newborn dan nge-ASI eksklusif. Mimi-poop-nangis-bobo-mimi-poop-nangis-mimi-nangis-poop-mimi-nangis-poop-mimi-mimi-mimi-mimmiiiiii begitu seterusnya, dengan urutan kayak gitu.
Soalnya ini baby nangisnya kalo mau poop, bukan kalo laper -.-‘ Dan demen banget nempel di PD saya, sampe kadang saya berharap punya 6 nenen kaya si Meong, biar enak digilirnya. *ngawur*

Memang bener apa kata orang, tiap hamil beda, tiap lahiran beda, dan tiap baby beda juga. Saya inget waktu anak pertama saya lahir, it was love at 1st sight. Eh bukan ding, bahkan waaayyy before the 1st sight. Mandangin baby D aja bisa bikin saya nangis-nangis bombay. Sayaaanngg banget gak tergambarkan dengan kata-kata.
I love him fiercely and naively from the very beginning. Dan ended up having baby blues yang cukup parah.

Dengan baby #2 (kita sebut baby B ya), apa ya... beda aja. Susah digambarkan.
Tentu aja saya (kami) sayaaanggg banget banget. Hanya karena ini bukan pengalaman pertama punya baby, sekarang kami lebih banyak mengantisipasi kesusahan-kesusahan yang bakal dialami, lebih realistis, dan lebih prepare supaya gak kejadian lagi baby blues kayak dulu.
Selama hamil pikiran udah tersita buat ngurusin abangnya, dan juga enggak se-excited dan happy-happy-idealis kayak hamil pertama dulu. We are now fully aware of the things we will have to face, having another baby, having 2 kids. Kekuatirannya juga beda.

My love for baby B started subtly, dan tumbuh dengan suburnya dari hari ke hari. Makin saya kenal baby B dan kebiasaan-kebiasaannya, kesukaan dan ketidaksukaannya, makin jatuh cinta lah saya.
Sekarang udah kayak lagunya Agnes Monica-Ahmad Dhani: “cintaku sebesar duniaaa... seluas jagat raya ini... kepadamuuuu...uuu...uuu... kepadammmuuuuuu...”

Dan puji Tuhan, sejauh ini belum enggak baby blues.
Padahal, baby B rewelnyaaaa ampun ampunan deh, huhuhu.... T_T Padahal kami udah doa kenceng2 supaya baby #2 mah easy, gak sesengsara kayak waktu punya baby #1 dulu.
Padahal kami udah prepare...
Padahal... padahal...

Baby #2 ini antengnya 2 minggu pertama doang. Seperti layaknya bayi-bayi baru lahir, tidur melulu, gak pake rempong, dibaringin aja tidur sendiri dia.
Dikira kalem, tapi mulai hari ke-2 udah bisa nangis keras banget, dan dalam minggu pertama nangisnya udah DAHSYAT, kejerrrr histeris kaya disiksa >_<
Padahal apalah alesannya nangis ya? Palingan haus, atau popoknya kotor, atau ngantuk, atau sakit perut?

Masuk minggu kedua, tercenganglah saya sama babenya, soalnya nangis kejernya itu berevolusi menjadi tangisan histeris MEGA-DAHSYAT yang bisa berlangsung sampe 1,5 jam sajah! ^_^”
Buset... rasanya belom pernah saya liat baby yang nangisnya lebih sangar daripada si baby B.

“Oh kasian, kolik kali ya...” begitu selalu saya en suami mikir. Sampe itu episode nangis2 kejer gak kunjung mereda atau berkurang frekuensinya. Sehari bisa 1-2 kali, gak pandang siang atau malem.

Selain itu masuk minggu ke-4 ini, ditambah lagi “penyakit” baru: ogah dibaringin, maunya tidur di badan kita. Bau tangan kata orang ya... gakpapa sih, soalnya ditemplokin bayi tidur tuh damai dan enaaak banget rasanya, terutama kalo bayi itu abis nangis kejer berjam-jam hehehe... damainya gak kebeli sama duit sekarung.

Selain penyakit bau tangan, muncul juga penyakit baru: ngempeng. Tapi gak pake empeng -.-‘ Alias ngempeng di nenen mama. Ngempeng doang gakpapa dong ya? Tapi kalo yang dibuat ngempeng sampe lecet jadinya apa-apa juga :( Dan kalo ngempengnya sampe 3,5 jam juga jadinya apa-apa banget :(

Kok perjuangan baby #2 gak kalah dari perjuangan baby#1 dulu ya? Kalo bukan karena udah pernah ngalamin susahnya punya newborn dan ngalamin bahwa masa-masa susah ini bakal berlalu, kali saya udah merencanakan kabur... *ngawur lagi*

Maka saya pun ngambek bertanya-tanya sama Tuhan, “Kenaaapaaa, Tuhan? Kenapa saya gak dikasih baby yang easy en anteng?”

Klasik yah?

Trus yang pertama muncul di benak saya malah jawaban Tuhan Yesus waktu ditanya kenapa orang ini buta, karena dosa siapa? “Jawab Yesus: Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.” Yohanes 9:3

Hm... Jadi Tuhan mau saya belajar (lagi) melalui my (another) difficult baby?
Tapi saya gak mengamini baby B difficult loh ya, saya mengimani bahwa ini cuma fase doang, bahwa nanti2 baby B bakal banyak moments as a joyful and content baby, dan bahwa ini bukan tanda ada masalah neurologis (kaya si D yang ternyata ada sensory processing issues).

Sambil terpekur putus asa dan kuatir, saya doa sama Tuhan, minta dikasih sikap hati yang benar, respon yang benar.
Sambil nyusuin baby B, saya berusaha gak main HP tapi ambil buku nyanyian aja. Dan puji Tuhan dari lirik-lirik himne saya dapet banyak rhema, salah satunya supaya kalo doa tuh jangan cuma minta kemudahan dan hidup yang enak di dunia.
Kita diciptakan bukan buat enak2 menikmati hidup ya pemirsah, catet...! ;)

So, sekarang saya memandang my baby B sebagai GURU saya.
Guru kehidupan, meskipun bodinya mungil belon nyampe 4 kg.
Guru yang bakal ngajarin saya jadi a better person, a stronger woman, a more patient and persevering mom, a nicer wife.
In fact, his elder brother has also been my great guru.
Kalo gurunya dua, muridnya mustinya lebih pinter dong ya ;)

Wuih saya kalo lagi eling keren ya, wakakkaka.... (gak elingnya saya gak ceritain ya, tak elok lah :P)

Saya mau bagi sedikit tips buat para new moms or moms-to-be ya, sekedar bekal buat survive those crazy first weeks:

1. Siapin support system yang mumpuni.
Melahirkan itu sesuatu banget, baik lahiran normal maupun SC. So, pastikan ada yang bisa meng-handle kerjaan RT termasuk sediain makanan, khususnya di minggu2 pertama.
Lebih bagus lagi kalo bisa nge-hire semacem ibu perawat buat ngurusin kita di hari-hari pertama setelah lahiran. Temen saya di Singapore nge-hire tante2 yang tugasnya khusus ngurusin ibu abis melahirkan, bantu mandiin baby-nya, masakin makanan sehat, dlsb selama 40 hari pertama. Mahal kali ya, tapi kalo dananya ada sih ini ide bagus.
Suami mendingan dikaryakan buat ngurus baby dan bantuin kita, bukan buat do chores.

2. Lower your expectations.
How low can you go? WAAAYYY lower, as low as possible :)
Contohnya ga usah idealis harus kasih ASI eksklusif, pakein cloth diapers biar go green, rumah tetep harus kinclong dan rapi, atau mau ngurus anak tanpa bantuan.
Tapi mindset harus diatur dalam mode “KALO BISA”. Kalo kondisi ternyata gak memungkinkan, musti bisa legowo, belajar let go beberapa hal yang gak krusial, supaya gak setres.
 Bukan berarti ASI gak penting ya, tapi seandainya ada hal-hal yang gak bisa dihindari, siapin plan B.

3. Beware mulut-mulut nyinyir.
Kalo kamu susah bersikap cuek, sebisanya hindarin mulut-mulut yang biasanya nyinyir.
Dan kalo nyinyiran itu telanjur udah nyampe ke kita, belajar memilah-milah mana saran yang bener dan mana yang cuman nyinyiran gak mutu.
Nyinyiran gak mutu gak penting mah buang aja ke laut, BYUURR!

4. Adjust the sail.
Ini masa penyesuaian, ada baby tuh bawa perubahan buanyaaakk banget. Ibarat naik perahu layar, arah angin masih belom jelas, kita belum ngerti layar kudu dipasang gimana.
Ini waktunya trial and error, so make room for errors, baik yang dibikin oleh kita sendiri, suami, atau orang lain. Kudu fleksibel, siap berubah atau bikin penyesuaian yang diperlukan.

5. Sabarrrrr sama suami. “R”-nya banyakin ya :)
Penting ini!
Soalnya biasanya suami yang jadi tumpahan kekesalan, stres, dan ngambekan kita. Ingat bahwa hormon lagi membahana, kayak PMS modelnya, tapi plus-plus. Plus kurang tidur, plus bodi masih belum pulih, dll.
Ingat juga bahwa kebanyakan bapak tidak diperlengkapi dengan naluri seperti ibu, jadi jangan tuntut suami untuk punya “feeling”.
Contoh simpel: di hari dingin ujan badai petir menggelegar, suami gantiin baju baby eh dipakein baju pendek tipis sama popok doang, kok gak kepikir buat pakein baju tebel, atau didobelin, atau dibedong biar gak kedinginan? Atau makein pampers-nya kok terbalik? Atau ngebalurin minyak telon kok banyak banget, emangnya binaragawan mau lomba?
Daripada ngomel atau bete, ingat dengan sadar untuk MEMILIH berespon yang benar: syukuri apa yang ada, udah bagus suami mau bantuin gantiin baju/popok/pampers, mau nyebokin, kalo gak mau bantu kan lebih nyebelin?
Kalo mengganggu banget, benerin sendiri aja baju/popok/pampers-nya, ga usah ribut-ribut lah... Nanti makin lama juga hubby makin terampil kok, apalagi kalo usahanya kita hargai, trust me! (pengalaman pribadi ni ye... :P)

6. Ikhlas.
Ikhlas menerima kenyataan bahwa badan kita bukan lagi milik kita sendiri.
Mind you, ini beda sama pas merit ya. Dijadiin hak milik sama suami sih enak, dijadiin hak milik sama baby mah bikin kewalahan heheheh...
Relakan PD kita dikenyotin baby kapan pun dan di mana pun dia suka, meskipun sampe lecet-lecet dan sakit. Relakan bentuk bodi yang berubah.
Dulu saya pernah ngerasa kayak kehilangan identitas, saking diri saya kok kayanya gak penting lagi ya. Apa2 baby, semua buat baby, do I even matter anymore? Berasa saya cuman jadi “media” buat numbuhin dan nyokong kehidupan baby sejak dari dalem perut sampe udah brojol.
So, motherhood jadi pembelajaran yang luar biasa bagus buat saya belajar menyangkal diri. Hidup bukan lagi tentang diri saya sendiri.
But cheer up, by serving your baby, you are serving God!

7. Hapalin mantra: “This too, shall pas...” atau nyanyi lagunya Chrisye: “Badaaaiii pasti berlalu...”
Hari-hari awal punya baby penuh kerepotan dan kebingungan, rasanya pengen cepet-cepet lewat. Saya juga gak sabar pengen baby B cepet2 umur 2-3 bulan, yang mana semestinya udah mulai enak gak bikin kewalahan amat kayak sekarang.
Tapi saya inget juga bahwa hari-hari yang berlalu gak akan pernah bisa diulang lagi. So, saya berusaha menikmati momen yang enak2nya, dan momen yang gak enaknya dijalanin aja tanpa banyak dirasa2 atau dipikirin.
Kalo liat D udah segede ini (8 th) saya suka kangen banget masa-masa baby-nya dia, where did my baby D go? So saya ingetin diri sendiri buat menikmati masa-masa baby-nya baby B.

Segini dulu yah... cheers to all moms and moms-to-be out there!
And for you who are not moms, remember to celebrate your mom ;)

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)