Saturday, February 13, 2016

Cerita Hamil Pertama part 4 - Birth Story part 2

Baca birth story part 1 di posting sebelumnya ya...

SC dilakukan dengan spinal anestesi, yaitu disuntik obat di tulang belakang. Ibu penata anestesi RS memang top banget, obat berhasil masuk dengan one shoot mulus. Sakitnya lumayan lah. Lalu saya dengan antusias ngikutin proses bekerjanya obat anestesi, sama enggak ya sama teorinya? Mula-mula sih kaki kerasa agak berat aja, terus kesemutan, tapi masih bisa digerakin. Terus rasa kesemutannya makin kuat, sampe pegeeelll banget. Setelah pegel berganti rasa berat dan mati rasa. Saya coba perintahin kaki supaya geser atau nekuk, eh saya liat kaki saya gak bergerak. Rasanya aneh, kaki saya gak nurut perintah dari otak, padahal otak ngelaporin bahwa perintah itu udah nyampe ke kaki. Bingung ga? Ya udah lanjut baca aja deh, hihihi...

Abis itu saya ngerasa agak sesak napas, katanya karena otot-otot melemas, jadi sebagian perut nan buncit ini ngehalangin gerakan napas saya. Lalu saya dikasih kanul O2, dipasang kateter pipis, perut saya dicuci bersih, kulitnya disterilkan. Habis itu layar-layar steril pun mulai terkembang, sebatas dada ketutup kain dan saya gak bisa lagi liat perut.

Sepanjang operasi berlangsung saya gak tidur, antusias ngikutin semua prosesnya sambil sedikit terkantuk-kantuk. Semua suara begitu familiar, saya kenal step by stepnya, so I knew exactly what happened from the sounds.  Suara paling keras dan kurang menyenangkan adalah suara suction (penyedot cairan/darah). Suara paling menyenangkan adalah tangisan pertama baby Darren Emmanuel Setiadi yang super kenceng :’)
Dengan ini nama Joko Sabarudin resmi ditanggalkan wakakak...
Pas dikeluarin dari perut D langsung nangis, sempet-sempetnya dia pipis, mancur mipisin orang-orang di dekatnya huahahah... sejak brojol udah jail ya...

D diresusitasi di kamar sebelah (istilahnya doang resusitasi, soalnya APGAR scorenya bagus), dibersihkan jalan napasnya, dipotong tali pusatnya, dilap dan dihangatkan.
Abis itu baru dideketin ke saya. He’s perfect! Matanya berbinar-binar walopun masih sembab baru lahir, bibirnya merah, tebel dan sembab, mukanya ada garis-garis bekas jari tangan yang narik dia keluar dari perut saya heheheh... udah dibedong jadi muka doang yang keliatan. Waktu itu IMD belum nge-trend, jadi gak pake IMD-IMD-an.

Lalu D dibawa ke bangsal buat perawatan rutin: suntik vitamin K (ini super penting ya ibu2, semua baby harus dapet suntikan ini pas lahir, buat pembekuan darah), salep mata antibiotik (ini prosedur tetap di Indonesia), diukur ditimbang dan dicatet data-datanya, cap telapak kaki, dll.

Kembali ke kamar, saya kudu baring rata 24 jam (juga prosedur pasca SC pada masa itu).
Dan dengan antusias saya juga ngikutin kembalinya sensorik dan motorik di kaki saya. Awalnya rasa pegel, berat dan kesemutan yang kembali. Kaki masih belum nurut perintah otak. Lama-lama ujung jari kaki saya bisa utik2, baru diikuti sama bagian-bagian yang lebih besar dan lebih dekat.

Daaannn... perut mulai berasa aneh. Rupanya obat penguat kontraksi rahim yang bikin mules. Awalnya mulesnya ringan-ringan aja, makin lama makin menjadi2. Beberapa jam kemudian mulesnya udah kayak mau lahiran lagi  >_<
Luka sayatan juga mulai kerasa perih, makin lama setiap tarik napas periiihh banget serasa disayat2 ulang. Kenapa?
Karena saya alergi obat, terutama golongan antiinflamasi/analgetik alias obat penahan sakit!

Jadi saya gak bisa sembarangan pake obat penahan sakit. Yang paling aman dan cukup poten buat pascaoperasi ya golongan morfin. Selain morfin, obat antisakit rutin cuma parasetamol. Tramadol dipake juga tapi dengan waspada. Jadi saya cuma minta morfin kalo sakitnya bener-bener udah gak ketahan.

Lalu rupanya stok antibiotik intravena saya habis, jadi diganti antibiotik lain. Ternyata saya alergi abisss sama antibiotik baru itu. Mulanya kulit cuma merah-merah, kerasa anget2 gak nyaman gitu (tingling sensation). Lama-lama guatelll dan beruntusan sekujur tubuh, dari muka sampe kaki. Padahal saya masih kudu baring rata setengah hari lagi! Huwaaa....
Rasa mules, perih, gatel, panas, campur aduk semua.

Dan saya cuma bisa terbaring tak berdaya liat suami dan mama berjibaku ngurus baby D yang di-rooming in.
Di RS sini namanya rooming in beda sama di kota ya bok, di mana baby numpang tidur manis di box di kamar kita, terus perawat stand by bisa dipanggil kapan aja buat bantu ganti popok, dampingin kita nyusuin, dimintain baju/popok/kain atau keperluan lain.
Di RS sini perlengkapan baby musti bawa sendiri. Dan baby nya dimandiin aja saban pagi, sisanya diurus sendiri. Bisa kali ya minta tolong, tapi selama ini saya perhatiin pasien-pasien juga semua urus sendiri baby-nya, gak ada yang manja minta dibantuin :P
Jadilah kami terkaget-kaget dan kerepotan sendiri. Untungnya rumah masih sekompleks ama RS, jadi suami mondar-mandir ke rumah bawain segala macem barang. Maka seluruh barang baby di rumah pun ikut pindah ke kamar rawat hahaha...

Hari pertama post op, kateter pipis dilepas, dan saya coba pipis mandiri ke pispot. Pipis pertama pun gak gampang ternyata, kudu “dipancing” dulu pake air, baru bisa keluar.
Abis itu saya dimandiin di tempat tidur, ganti baju dan sprei. Wah rasanya enak dan nyamaaann banget. Soalnya kulit saya yang beruntus merah mulai mengelupas, rasanya gatel banget gak tahan. Sakitnya kudu miring sana sini dan gerak sana sini pas dimandiin terbayar lunas sama rasa nyamannya.

Siangnya, setelah semua OK, saya coba duduk. Weleh-weleh sampe ngos-ngosan nahan perut yang suakiittt dan perih banget. Tapi masak iya mau minta morfin buat nyoba duduk or berdiri doang ya, cemen banget wkwkwkw...
Ya udah sakitnya ditahan aja.
Baru nyadar, ternyata buat segala aktivitas tuh otot perut kepake banget ya, biar kata cuma nundukin kepala atau mau miringin badan. Ckckck...
Malemnya saya baru bisa berdiri, dan keesokan harinya baru bisa jalan terbungkuk-bungkuk tertatih-tatih ke kamar mandi. FYI, saya baru bisa jongkok 2 minggu kemudian.
Malem itu temen-temen dateng nengokin, bawa kue dan nyanyiin happy birthday to me ^__^  Ulang taun gak terlupakan, soalnya saya susah gerak cuman bisa duduk dengan posisi terpaksa gitu hahaha...

Oh iya, seudah bisa duduk akhirnya saya bisa gendong baby D for the 1st time.
Asli, takjuubbb banget ngeliatnya. So awesome! Ini toh, yang selama ini menggeliat-geliut di dalem perut saya?
Liat mukanya, matanya, bulu matanya, mulutnya, jari-jarinya, semuanya menakjubkan! Liat dia kedip-kedip doang atau nguap aja saya en suami udah terkikik2 senang.  Sebentar-sebentar difotoin (tanpa flash light), divideoin, wah pokoknya garing banget lah hahaha...

Saya coba nyusuin juga, walopun ASI belum keluar. Bingung2 dan sakit (again) rasanya, tapi syahdu gimana gitu :)

Malam itu, mama saya yang udah berhari-hari kurang tidur tumbang kecapean, tidur nyenyak kayak pingsan hehehe... alhasil papaw deh ngurusin D sendiri, padahal udah kecapean hampir tumbang juga. Saya belum bisa bantu apa2, gak bisa nekuk perut buat bantu gantiin popok atau apa gitu, cuma bisa gendong sambil ngasih susu aja.
Baby D sampe sempet nyungsep di kasur pas digantiin popok sama papawnya huahahha... balada ortu baru.

Beberapa hari kemudian, setelah kami pulang ke rumah dan saya mulai lancar jalan mondar-mandir, luka operasi saya basah dan terbuka sekitar 2 cm. Kadang-kadang keluar 1-2 mm benang yang ditolak ama badan. Udah diduga sih, keliatannya saya juga sedikit alergi sama benang jahitan di kulit. Puji Tuhan gak kebuka semuanya ya. Kalo kebuka semua kudu di-repair tuh.
PR lagi buat suami, selain bantu ngurusin baby, kerja full time plus jaga malam, juga ngerawat dan ganti balutan operasi saya saban hari sampe kering dan nutup sendiri.

In the midst of all that, ada satu lagi kasih karunia Tuhan yang luar biasa indah. Satu lagi doa saya dijawab: Papa dan mama saya dilayani seorang hamba Tuhan yang lagi volunteer di tempat kami, dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
Berliku-liku jalan saya menuju ke Serukam, hasil dari doa bertahun-tahun. Mendoakan keselamatan ortu juga makan waktu belasan tahun, setiap hari tanpa absen.
Ortu saya yang awalnya kristen KTP, beberapa tahun terakhir mulai aktif dan bertumbuh dalam persekutuan wilayah di kota mereka. Tapi saya sama sekali gak nyangka, bahwa nun di tengah hutan Kalimantan-lah mereka dilayani dan menerima Yesus.
Hamba Tuhan yang melayani ortu saya cerita, bahwa saat mereka lagi ngobrol2 santai biasa, dia merasakan dorongan yang sangat kuat buat membimbing ortu saya berdoa menerima Yesus.
Praise the Lord!

Hari ke-9, ortu dan adik saya pulang (erh tepatnya traveling ke Kuching hehehe... kan deket dari sini). Maka dimulailah perjuangan tak terlupakan ngurusin newborn tanpa bala bantuan.
Pagi-sore saya ngurus sendiri (puji Tuhan kerjaan RT dibantu ama helper setengah harian), soalnya setiap hari suami pulang sekitar jam 7 atau 8an, sibuk banget karena lagi akreditasi rumah sakit. Plus jaga malem juga sesuai jadualnya. Seinget saya jaga malemnya gak sering, thanks to teman2 yang bantu. So malem sampe dini hari bagiannya suami. Subuh bagian saya lagi, pagi sebisanya kami nyuri2 tidur sesuai peruntungan di hari itu wkwkwk....

Siapa bilang punya baby itu seindah iklan2 di TV? Yang ada tampang lusuh dan baju rombeng kena pipis, gumoh, ASI, keringet, dan gak sempet mandi :D
Belum lagi baby blues-nya T_T

Tapiii... inga-inga, hari-hari sulit itu akan segera berlalu. SEGERA. Beneran.
Mau baby blues, depresi, sulit bonding sama baby, stres, dll, tapi NIKMATnya, rasa TAKJUBnya sama baby yang Tuhan kasih ke pangkuan kita gak bisa digambarkan dengan kata-kata. Makin connect juga sama suami, karena sama-sama luar biasa sayang sama seorang makluk mungil yang baru bisa nangis, pipis, pup dan bobo.
Ritme hidup jadi kacau, memang udah wajar. Kita lemah amburadul juga wajar. Mewek-mewek ga jelas, salah ngerjain ini itu juga wajar.
Pegang teguh bahwa God’s grace is sufficient. His blessing is abundant. He will walk you through, jalanin aja sehari demi sehari. Dilewatin aja jangan dipikirin ;)
That’s how most new moms survive! ^__^

Yah sekian kisah saya hamil dan melahirkan anak pertama.
Nantikan kisah hamil dan melahirkan anak kedua ya...
Sabar-sabar dulu, belom brojolan soalnya nih, tinggal nunggu hari ;)

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)