Wednesday, February 10, 2016

Cerita Hamil Pertama part 3 - Birth Story

Kalo mau baca cerita hamil pertama part 1 dan part 2, buka postingan sebelumnya ya.

Akhirnya kehamilan saya aterm (cukup bulan) juga.  Puji Tuhan. Gak nyangka baby Joko bertahan sampe aterm.

Makin mendekati TTP (Taksiran Tanggal Persalinan) alias due date, dokter yang biasa antenatal care-in saya pergi ke Jawa selama semingguan. :O
Dokter spesialis anak juga keluar kota. Dokter spesialis penyakit dalam juga keluar kota. Pokoknya semua konsulen ada agenda keluar Kalbar.
Dokter bedah umum doang yang bisa siap dipanggil, itu pun tinggalnya di kabupaten sebelah.

Galau lagi dah...

Kalo berhasil lahiran normal sih gak masalah ya, bidan senior banyak, dokter umum juga banyak. Fasilitas lain OK.
Lha tapi kalo mendadak harus SC gimenong? Ke kota terdekat yang fasilitas SC-nya memadai jaraknya 1 jam perjalanan, ke RS rujukan di ibukota propinsi jaraknya 4-5 jam perjalanan.
Dan saya kan gak pernah antenatal care di kota, jadi ribet kalo mendadak mau lahiran di sana. Gak hapal tempatnya, gak tau juga mau ke dokter siapa, dll.

Di RS kami, pasien yang mau lahiran selalu dipegang oleh dokter cewe.
Yah kalo saya sendiri yang mau lahiran gimana dong, masa jeruk makan jeruk? Wkwkwkwk...
Soalnya rekan-rekan dokter cewe juga galau kalo kudu nolong saya lahiran.
Lagian saya akuin, kami dokter2 umum nan muda belia langsing tralala fresh or semi-fresh graduate, kalo dibandingin sama bidan2 senior di RS kami yang jam terbangnya udah puluhan taun mah pengalamannya kalah jauh dong.

Maka kami pun berdoa lagi. Dulu doa kenceng2 supaya Joko sabar sampe aterm. Sekarang udah aterm, doa kenceng2 supaya waktu lahiran pas para konsulen udah balik lagi ke RS.

Menghitung hari... detik demi detik...

Sehari demi sehari yang berhasil dilewati tanpa ada tanda mau lahiran disyukuri dengan sungguh-sungguh.

Sampai akhirnya para dokter spesialis berpulangan satu persatu. Bersorak-sorai lah kami dengan jawaban Tuhan. Tinggal dokter spesialis anak yang belum balik. It’s OK lah ya, yang laen udah lengkap kok. Untuk tugas resusitasi baby waktu lahir sih dokter umum juga bisa kok, apalagi konsulen lain.

Dua hari setelah TTP, atau 2 hari sebelum ulang tahun saya yang ke-29, pagi-pagi seabis mandi saya ada tanda-tanda mau lahiran (lendir darah). Kontraksi sih belum teratur. Abis itu saya ke klinik, periksa dalam baru bukaan 1. Dianjurkan observasi di bangsal bidan.

Saya santai2 aja, pulang dulu, beres2, mandi and keramas lagi, mana tau kapan lagi saya sempet mandi dan keramas ya. Abis makan siang baru saya masuk ke bangsal. Kontraksi udah lumayan sering, tapi belum terlalu kuat. Sore dicek lagi pembukaan 3, kontraksi tetep belum kuat.

Waktu planning lahiran, saya en suami udah sepakat gak mau pake induksi. Kalo macet langsung SC aja, karena di RS belum ada CTG, jadi riskan untuk mantau kondisi baby selama diinduksi. Juga seandainya gawat janin, nyiapin SC cito (darurat) kayanya lebih berisiko juga daripada kalo SCnya semi-elektif (segera). Ini sih pilihan pribadi kami aja ya.

Sampe tengah malem, pembukaan tetep stuck di 3, kepala baby Joko belum turun, dan kontraksi masih kurang kuat. Kontraksinya emang frekuensinya lumayan, rasa sakitnya juga udah kerasa lumayan sakit, walopun masih sangat bisa saya tahanin. Tapi dokter bilang kalo kontraksinya terus kayak begini sih kecil kemungkinan pembukaan bakal maju, jadi kalo gak mau diinduksi ya better SC aja, gak usah berlama-lama juga.

Suami sih udah parno, kuatir banget liat proses lahiran yang kemajuannya minim. So, subuh-subuh akhirnya diputuskan untuk SC aja jam 10 pagi.

Yo wes lah, saya puasa, en siap2.

Jam 9.30an saya jalan ke kamar operasi, ketawa ketiwi dan berfoto-foto :)  Di kamar operasi disambut tim yang udah saya pesenin dari jauh-jauh hari, kalau-kalau saya kudu SC. Kamar operasi yang saya pake untuk sementara verbodden buat perawat cowo hahaha... Saya gak kebayang kalo berbugil ria di meja operasi ditontonin rekan2 kerja cowo yang saban hari ketemu, aduuuhh maakk... jangan dong... Bersyukur banget buat pengertian kru kamar operasi yang mengabulkan permintaan reseh saya :D  Untungnya semua kru kamar operasi yang cewe itu ibu2, jadi maklum ;)

Mama saya galau banget. Setelah pulang sebentar ke rumah dinas saya di kompleks, mau balik ke RS sempet nyasar keluar sampe ke kantin yang letaknya hampir di luar kompleks RS.
Papa dan adik saya rencananya baru mau dateng 2 hari lagi.

To be continued ke Birth story part 2 ya...

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)