Thursday, February 4, 2016

Cerita Hamil Pertama - part 1

Belakangan saya lagi hobi bacain pengalaman orang-orang yang melahirkan.
Ceritanya sih buat persiapan karena saya sendiri sebentar lagi mau lahiran anak ke-2.
Terus jadi inget cita-cita lama yang belom kesampean: nulis pengalaman saya sendiri pas lahiran anak pertama. Basi banget ga sih, secara udah lewat 8 taun lebih hahaha....
Gak papa lah ya, dulu kan blog saya belom ada pembacanya (cuma segelintir kenalan dan temen2 deket doang yang baca), sekarang lumayan lah, dan nambah jadi dua gelintir.

Lagi pula, taun ini kayanya jadi taun baby boom soalnya temen-temen blogger lagi pada tekdung berjamaah juga (colek Lia, Mega, Cella), beberapa temen blogger juga baru punya baby taun lalu. So, lagi nge-trend nih ceritanya kisah hamil dan lahiran, jadi saya numpang latah ikut meramaikan ya...

Alkisah di awal 2007, saya en suami masih kerja di RSU Bethesda Serukam di Kalimantan Barat.
Akhir Februari-Maret (sekitar 7-8 bulan setelah nikah), saya menunjukkan gejala-gejala... SETRES hahaha.... bukan, bukan hamil. Entah waktu itu memang lagi banyak problem atau apa, pokoknya nafsu makan saya menghilang, mood kacau, tertekan, dll.  Sebenernya stres sih standar buat kerjaan kami di sana, soalnya serukam sendiri suka digadang-gadang singkatan dari SEru, RUnyam, dan menceKAM :D  Becanda lah ya...

Setelah beberapa minggu telat, kami pun test pack. Hasilnya negatif. Emang suka telat-telat gitu sih, saya ada riwayat kista ovarium juga. Beberapa hari kemudian, test pack lagi, masih negatif juga. Kesimpulan kami: saya stres.

Maka dalam rangka refreshing, bareng beberapa teman dokter, jalan-jalan lah kami ke Riam Merasap, air terjun yang indah permai di wilayah utara Kalbar. Kami cuma taunya perjalanan sekitar 3 jam, gak tau kalo perjalanan itu BERAT karena jalanan rusak parah banget. Digojlok-gojlok di jalanan rusak sepanjang 1 jam lebih, saya sempet becanda, kalo hamil bisa keguguran kali nih... abis perjalanan berat, sampe di lokasi, ternyata kudu pake hiking lagi plus turun bukit yang curam banget (kemiringan ada kali 45 derajat, maybe even more). Buset dah... Tapi akhirnya nyampe juga. Dan bener indah banget air terjunnya, masih asri karena tersembunyi nun di tengah hutan belantara Kalbar.

Pulangnya kami mendaki lagi, hiking lagi menuju tempat parkir mobil, dan digojlok-gojlok lagi di jalanan rusak.
Hanya Tuhan yang tau kalo waktu itu saya udah hamil 6 minggu, hahaha....*ga aneh anaknya pencilatan dan hingar bingar gitu*

Pulang dari sana, jiwa lumayan refresh, raga yang ancooorrr hahaha... Tapi mood, rasa tertekan, dan nafsu makan saya tetap buruk sekali, sampe turun 3 kg. Saingan ama pasien TBC kronis di bangsal >_< Dengan tinggi badan sekitar 166 cm, BB saya sisa 39 kg sajah! Ckckck...
Untung di mata suami saya tetap cantik wkwkwk...

Karena kondisi saya begitu memprihatinkan, saya test pack lagi. Saya mikir kalo gak hamil berarti saya gila hahaha...
Eh ternyata negatif lagi! Sampe 3x test pack semuanya negatif. Awalnya pake test pack murahan (mungkin udah kadaluwarsa wkwkwk), belakangan ngemodal beli test pack bagusan, tapi negatif juga. Beneran gila kah? @_@

Akhirnya pada suatu hari Minggu malam di bulan April, kami ke klinik buat USG.
Kenapa Minggu malam? Karena kliniknya tutup– loh?!
Saya dulu sering kebagian tugas periksa USG ibu-ibu hamil (ala kadarnya, mind you, soalnya saya gak ahli, belajar otodidak doang). So, demi penghematan, kami pikir mendingan “ngintip” sendiri lah (= gratis), kalo kemudian dirasa perlu baru periksa USG beneran ama ahlinya (= bayar), hahahha... pengiritan banget ya...

Setelah numpang minjem kunci ke perawat jaga, kami berdua ke ruang USG. Dari rumah udah persiapan minum banyak en penuhin kandung kencing. Trus saya berbaring di meja USG, dengan posisi sedemikian rupa supaya kami berdua bisa sama2 liat layar, trus pegang probe n periksa USG sendiri.

Daaan....  tampaklah kantong kehamilan yang udah gede dan jelas banget, gak perlu pake gerak2in probe USG buat nyari-nyari. Saya terpana, gak nyangka. Suami saya langsung nangis terharu. Saya malah gak nangis, sibuk terbengong-bengong, percaya gak percaya.
Gini emang “panic mode” saya: enggak gaduh gelisah, tapi diem dan hiperfokus. Segala pikiran, perasaan dll yang gak penting otomatis tersingkir, dan fokus ke prioritas yang kudu dikerjakan duluan, makanya lumayan cocok lah jadi dokter ya ;)
Abis itu saya beres2, matiin alat, ngunci pintu ruang USG, dan kembaliin kunci ke perawat. Gak begitu inget suami saya ngapain, melonjak-lonjak sambil berubah2 warna kali (emang bunglon...), sesuai rasa girang, kaget, lega, takut yang datang silih berganti hahaha...

1-2 hari kemudian baru kami USG sama ahlinya. Dan bener, udah ada janin ukuran sekitar 1 cm, jantungnya udah keliatan berdenyut, usia kehamilan 8 minggu.
8 minggu hamil tanpa disadari, risiko dong ya... Gak inget lagi obat apa yang saya minum selama itu, pantangan apa yang saya makan/minum juga, segala asam folat dan vitamin buat trimester pertama yang saya enggak minum, sampe BB yang cuma 39 kg, pergi hiking pula. Bisa bertahan idup aja udah syukur, lah ini sambil numbuhin janin yang belum diketahui keberadaannya T_T

Tapi anaknya di kemudian hari lahir 3,2 kg, montok dan sehat, cerdas, aktif (yah sedikit hiper) heheheh... Maknyak juga naik BB total 23 kg.

Hmm... sambil ngetik ini saya baru nyadar, such drama ^_^’’  Anake sampe detik ini juga banyak drama dan melodramanya hahahha... buset... sebelum test pack positif pun udah drama Prince dia (babenya yang drama King :D).

So, buat yang lagi pada hamil muda, don’t worry too much ya. Orang hamil emang naturally banyak pikiran dan kekuatiran. Tapi nature has its ways to nurture our babies.
Dan jaauuh sebelum kita, ortu dunia-nya si baby tau dan berusaha jagain baby, Bapa Surgawi-nya baby udah tau, udah jagain, pelihara, dan rencanain dengan detail setiap sel tubuhnya bahkan hari-hari hidupnya kelak.


"Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. 
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 
Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; 
mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya." 
Mazmur 139:13-16

To be continued... 

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)