Saturday, January 30, 2016

Angsio Kepiting ala Mamaw

Bahan:
1 kg kepiting (3 ekor ukuran sedang)
4 bawang merah, iris halus
3 bawang putih, geprek, cincang halus
1/2 bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
1-2 tomat merah, potong 8
1 cabe merah, potong 1 cm
1 bawang daun, potong 2 cm
2 cm (seruas jempol) jahe, BAKAR, iris tipis
1 telur ayam, kocok lepas atau 3 sdm tepung maizena
3-4 sdm kecap manis
3-4 sdm saus tiram
600 cc air (saya bikin buanyak sausnya, kalo mau dikurangin, porsi bumbu dikurangin juga)
Garam
Merica
Gula pasir
3 sdm minyak goreng

Cara:
1. Kepiting dibelah 2, bersihkan, geprek capitnya.
2. Tumis berurutan: bawang merah, bawang putih, 2 menit kemudian jahe, 2 menit kemudian bawang bombay, setelah layu dan harum masukkan tomat, daun bawang, cabe (karena saya mau gak pedes, jadinya cabe saya masukkan belakangan dan bijinya dibuang. Kalo mau pedes, banyakin cabenya dan dimasukkan lebih awal).
3. Setelah bumbu mateng, masukkan kepiting, aduk-aduk supaya bumbu merata, lalu biarkan sekitar 10 menit sambil ditutup (diungkep). Kalo udah wangi dan kepiting mulai berwarna merah, masukkan air, aduk supaya matengnya kepiting merata.
4. Setelah seluruh kepiting berwarna merah merata, masukkan garam, merica, gula pasir, kecap manis, saus tiram. Koreksi rasa.
5. Kentalkan kuahnya dengan memasukkan telur (udah dikocok lepas ya) perlahan-lahan sambil diaduk. Atau boleh juga pakai tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.
Udah deh.

Masih nangkring di kompor, aye bukan foodie blogger yang fotonya cantik2 sih :P
Yang penting bukan hoax ya ;)


Note:
1. Cara membersihkan kepiting:
Kepiting ditelentangkan, dibelah jadi 2. Buang bagian mulut, penutup perutnya, sama insang yang kotor. Kalo insang yang bersih dibiarkan. Insang bikin kaldu kepiting jadi gurih, jadi jangan dibuang semua. Sikat lumpur yang melekat di cangkang pake sikat gigi bekas. Geprek capit dengan ulekan.

2. Cara memilih kepiting:
Kepiting betina punya penutup perut berbentuk setengah lingkaran, sedangkan yang jantan penutup perutnya berbentuk segitiga. Kalo saya sih suka kepiting betina, dagingnya lebih banyak dan kadang ada telurnya. Pilih kepiting yang berat, yang ringan kopong, dagingnya sedikit.
Sekedar catatan, bu mentri Susi Pudjiastuti udah melarang penangkapan kepiting telur, untuk menjaga kelestariannya di alam. Jadi saya udah gak pernah lagi nyari kepiting telur, asal betina aja, kalo kebeneran dapet sedikit telur ya syukur ;)

3. Kepiting harus dibeli dalam keadaan hidup. Kepiting yang udah mati berlendir (konon, saya sih gak pernah dapet kepiting mati atau ditinggal mati kepiting yang belum diolah :P) dan tidak bisa lagi dikonsumsi. Sebaiknya setelah dibelah dan dibersihkan, kepiting cepet2 diolah supaya masih fresh.

4. Kalo mau sausnya sedikit, airnya jangan banyak-banyak dan porsi bumbu boleh dikurangi. Bumbu di resep ini buat air 600 cc, banyak yah? Soalnya my hubby doyan banget kuah sausnya, jadi saya masakin banyak2 kuahnya, sampe bentukannya hampir setengah sup :P  Maklum, sayang banget sih sama suami, jiakakak...

5. Jahe-nya HARUS dibakar dulu SEBELUM diiris ya, soalnya di sinilah rahasia kelezatannya (tsaah). Udah baek2 dibagi rahasia dapur, kudu diturutin dong ah (maksa).
Saya sih bakarnya dengan cara ditusuk pake pisau, bakar pake api kecil kompor gas sekitar 3 menitan. Jangan bakar seudah diiris, soalnya jadi susyeh lah :)

Pertama belajar masak ini diajarin mertua tercinta. Setelah tinggal di Makassar, makan angsio di RM Apong dan termehek-mehek keenakan, saya modifikasi sedikit resep warisan mertua.
Menurut suami sih uenaaak banget, beda tipis sama yang di RM Apong *nyengir sombong, wakaka*

Selamat nyoba ya...
Resep ini sepesial saya tulis buat A, my long time hopeng dalam rangka janjian mau tukeran resep kepiting ;D

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)