Tuesday, December 8, 2015

Update di Penghujung Tahun 2015


*elap-elap*  blog yang berdebu tebel saking gak pernah diurusin >_<

Beberapa bulan belakangan ini idup saya diisi dengan pindahan antarpulau, pindahin sekolah anak, getting myself pregnant for the 2nd time, dampingin suami ujian dan wisuda, sulam alis (hahahaha.... gak penting banget ya), dampingin anak ngelewatin musibah patah tulang, dan urusan-urusan hidup yang lain.

Kami gak tinggal di Sulawesi Selatan lagi, sekarang udah move on ke Borneo island. Gak jauh-jauh dari Serukam, tempat kelahiran si D.

Papanya D udah kelar sekolah spesialis, so sekarang udah mulai kerja mencari sesuap nafkah buat keluarga, dengan berjuta aral melintang dan some more dramas (haha... no escape from this)!
Banyak yang nanya, kenapa kami gak balik ke Serukam. Rasanya udah pernah saya jelasin di salah satu blogpost yang lalu. Memang sih orang-orang yang nanya juga bukan pembaca blog, jadi ya gak baca jawabannya.
Sekarang saya merasa perlu jelasin lagi, tapi kok di blog lagi ya, saya jadi galau... tapi daripada engga dijelasin sama sekali, gakpapa ya saya tulis di sini.

Ke mana kami melangkah pada dasarnya memang pilihan kami, tentu dengan segambreng doa dan sejuta pertimbangan yang orang lain gak mungkin bisa ngerti sepenuhnya.
Hati kami selalu ada buat ladang pelayanan Tuhan, dan kami percaya pelayanan itu bisa dilakukan di mana saja. Tuhan arahkan kami kemari dan kami taati panggilan itu, meskipun bagi sebagian orang mungkin pilihan kami terbilang masih di zona nyaman. Bagi sebagian orang lain, pilihan ini udah lumayan jauh di luar zona nyaman loh ;)  Setiap orang punya sudut pandang sendiri, dan tampaknya beberapa orang punya kecenderungan lebih untuk menghakimi, so biarin aja lah ya.
Alasan lain adalah karena secara geografis dengan berada di sini kami masih bisa punya kesempatan buat bantu pelayanan di Serukam, meskipun jalan untuk itu saat ini belum terbuka. Tuhan begitu unpredictable dan misterius. Apa rencana-Nya ke depan sama sekali gak terbayangkan. Dan gak perlu dibayang2kan juga sih (emangnya gambar 3 dimensi). Yang penting bagian kita mah TAAT aja kan ya...

We are expecting baby #2, yang diperkirakan bakal lahir sekitar Februari 2016, so sekarang si saiah menggendut dengan bahagia, karena hormon2 kehamilan berhasil mengalahkan sindroma ceking abadi yang saya derita ;D  Walopun saban hari saya kegerahan berkat matahari katulistiwa nan gagah perkasa cetar membahana, dan biaya listrik rumah tangga membengkak karena mama polar bear ini butuh AC hampir 24 jam sehari, tapi we are joyful n excited. D juga hepi banget doanya minta adik selama bertaun-taun akhirnya (mulai) terjawab.

Starting life over in this so called Promised Land is GOOD.
God has been good.
Although situations haven’t been all good sih, hehehe...

Pertengahan taun ini, D masuk sekolah baru.
Good news nya, dia suka sekolah barunya, lapangannya luas, beban akademis lumayan ringan, maknyak suka biaya sekolahnya yang terjangkau (dibanding sekolah lama atau sekolah di kota2 besar).
Bad news nya, sekelas berisi sekitar 40 anak, yang jadi kendala BUESAR banget buat D yang susah memusatkan perhatian (gagal fokus gitu atau bahasa kerennya ADHD). Sekolah lama yang sekelas isinya 16 anak doang pun udah cukup sulit buat dia fokus, apalagi kelas yang isinya 40 anak.
Sistem belajar mengajar juga masih tradisional, di mana semua anak diharapkan duduk manis dengerin penjelasan guru, ga banyak bicara, dan ada buaanyaaak physical punishment buat perilaku yang tidak diharapkan. Yang makin nambah rumit, kelasnya D berisi banyak anak yang perilakunya sering kali tidak sesuai yang diharapkan, tentunya termasuk si D  ^_^’’
Udah mana anaknya memang gak bisa diem, buanyaaakkk ngomong dan gampang bgt overstimulated sampe ga bisa kendaliin diri, emosi, maupun gerakannya, eh temen2 di sekitarnya juga tidak menentramkan, justru saling ngomporin, akibatnya ya you know lah.... :S
The boy is often disruptive in class, reactive out of class, and can’t help getting himself in trouble by his impulsive or inappropriate responses.
The physical punishments ranging from being hit on his back or the palm of his hands with wooden blackboard ruler (penggaris papan tulis gede dari kayu kayak di SD zaman taun 80an itu), cubit, jambak pelipis >_<, sampe dipoletin cabe di mulut (ada pohon cabe rawitnya di pelataran sekolah), dan ada juga peristiwa tamparan walopun mati-matian disangkal.
But this is another story, saya gak nulis blogpost ini to badmouth the institution where my son is studying.  I’m simply sharing some of our current situation, sesuai dengan ide postingan ini, di mana saya mengatakan bahwa life in Promised Land hasn’t been ALL good even though our God is always good :)

Mungkin ada yang penasaran kenapa kami gak pilih sekolah lain? Karena pilihan yang ada sangat terbatas. Pilihan lain yang sudah kami pertimbangkan adalah sekolah swasta lain yang sekelas berisi 25 anak, tapi sangat kompetitif dan beban akademisnya cukup berat dengan jam belajar yang panjang, kegiatan ekstrakurikuler, PR segambreng, ulangan saban hari, dll. Demi supaya D dengan segala kondisinya gak kehilangan a happy childhood, dan gak setres kena beban studi yang kelewat berat, kami pilih sekolah yang lebih “friendly”, walopun ternyata ada juga kekurangannya. So far, meskipun mengalami banyak physical punishment, dan banyak daily physical battles with friends -.-‘ si D hepi dan enjoy sih sekolah di sini, ogah pindah ke skul lain.

Tepat di hari Kesaktian Pancasila yang lalu, yaitu 1 Oktober 2015, pagi hari pas lagi masak saya ditelponin ama gurunya D, yang dengan suara panik ngasih tau bahwa D jatuh di sekolah, lengannya cedera, dan lagi dibawa ke RS. RS tempat papanya D kerja tuh persis berseberangan sama sekolahnya D. Dan hari itu adalah hari PERTAMA papanya D masuk kerja (drama king, remember? :D).
Punya anak hiperaktif, kayanya jantung saya sedikit lebih setroonnggg (=kuat) daripada emak2 kebanyakan (ga ada maksud nyombong ya, ini sarkasme :P). Bukan ngarep2 celaka, tapi bertaun-taun liat D manjat ke segala tempat dan jatuh dari segala tempat dengan luka yang cukup minim buat ukuran aktivitasnya, saya suka heran liatnya. How his guardian angels must have worked so hard! So, kali ini denger guru bilang anak saya dibawa ke RS, keliatannya lengannya ada masalah, 1st and foremost saya bersyukur, artinya anaknya masih idup dan kejadiannya gak fatal. Abis itu saya telpon papanya, supaya nunggu di IGD, trus abis doa dan bawa beberapa perlengkapan (baju ganti, kain, toy animal kesayangannya D, dll jaga-jaga aja siapa tau dibutuhkan) saya nyusul ke RS.
Nyampe di RS, saya liat D baru aja dironsen, terbaring dengan baju seragam kotor dan udah tergunting buat mengekspos lengannya yang luka. Tulang lengan kanannya patah total, jelas keliatan perlu dioperasi, pasang pen atau sejenisnya. Anaknya diem aja megangin tangan yang cedera, dan kalimat pertama yang dia bilang pas liat saya adalah, “Mah, lengannya D patah...” dengan tampang syok dan memelas, tapi gak nangis.

Belakangan saya denger ceritanya, abis dia jatuh pas manjat-manjat di sekolah, temen2nya sesama anak kelas 3 rame2 ngegotong dia, seorang pegang kepala, 4 orang temen lain masing-masing megang tangan dan kakinya D, jadi dia digotong dari 5 penjuru, dibawa mondar mandir di pelataran sekolah (ceritanya mau dibawa ke ruang UKS). Sementara itu ada temennya yang bersuara “nenot...nenot...nenoottt....” niruin sirene ambulance. Ada juga temen lain yang teriak, “Ada orang mattiiiii....!!!!”  Yang dijawab ama si D, “Woi, aku belom mati!” -.-‘
Sampe muleeesss perut saya ngebayangin lengannya yang patah ditarik2 kian kemari pas digotong2 gitu. Gak lama kemudian ada guru yang liat kejadian itu, dan ngasih tau supaya si D jangan digotong2. Trus mereka taruh si D begitu aja tergeletak di tanah, dan setelah itu baru si D dibantu berdiri, dan belakangan dibopong ama guru cowok, nyebrang ke RS.
Karena di kota kami gak ada dokter bedah tulang, sore itu kami ke RS di ibukota propinsi, dan besoknya si D dioperasi.
Menjelang masuk kamar operasi, baru si D nangis terisak-isak dengan memelasnya, bukan karena takut, tapi minta maap karena ngabisin duit papa mama buat bayar operasi :O
What a boy....... *geleng2*

Baru-baru ini papanya D juga dioperasi cabut gigi, dan si D heran kenapa papa takut (dari kecil babenya emang takut ke dokter gigi :P), soalnya menurut D, waktu dia mau dioperasi dulu juga gak takut. Dia cuma gak sabar pengen tulangnya cepet “dibenerin”, dan pas bangun dari efek biusnya, katanya dia ngerasa lega aja lengannya “udah dibenerin”.
Keesokan harinya setelah operasi, walopun super duper rewel dan masih kesakitan, dia udah berani mulai nyoba melompat lagi -.-‘
Kagak ada matinye banget ya kelakuan anak gue....  ^_^”

Sekarang udah 2 bulan lebih sejak operasi, over all semuanya lumayan baik sih. Sempet dicurigain ada infeksi tulang, diobservasi selama 3 minggu sambil kami doakan, by God’s mercy infeksinya hilang sendiri tanpa diapa2in. Sempet juga berulang kali jatuh dan kena di bekas operasi >_<
Tulang yang setelah operasi posisinya bagus juga sempet terlihat bengkok, dan beberapa minggu kemudian bagus lagi posisinya (seudah jatuh berulang2, wkwkwk....).
Yang masih mengganggu tuh gerakan sendi siku di tempat yang dioperasi, yang sampe sekarang masih sangat terbatas, gak bisa nekuk pol gak bisa juga lurus pol kaya sendi normal, ini masih rajin dilatih supaya bisa kembali normal.

Apa ngalamin patah tulang bikin anaknya jadi kaleman dikit? We all wish! But not happening, hahaha....
Tapi saya tau ini pelajaran berharga buat kami semua.
Buat D pelajaran tentang natural consequences alias akibat, dan buat kami pelajaran tentang surrender.
Berserah bahwa banyak hal di luar kendali kita, gak tergantung dari usaha kita jagain atau ajarin anak-anak kita.
Berserah bahwa dalam masa pemulihan dari cedera pun tetap banyak hal di luar kendali kita (jatuh berulang kali dan kena di tempat yang baru dioperasi).
Berserah bahwa hal-hal yang waktu kita alamin begitu “buruk” pun bisa Tuhan pake buat menjadikannya “SANGAT BAIK” pada waktunya nanti, meskipun kita sering kali tidak bisa liat itu (makanya iman percaya itu kudu pake hati, jangan pake mata, hehehe...)

Promised Land memang berlimpah susu dan madunya, tapi Promised Land bukan Taman Eden, di mana manusia tinggal metik dan menikmati doang tanpa perlu bersusah payah duluan.
Saya baca-baca kitab Yosua, nyari-nyari janji atau pesan dari Tuhan buat kami setelah masuk Tanah Perjanjian, ternyata yang saya temukan adalah peperangan demi peperangan, buat menduduki Tanah Perjanjian :O  Mulai dari nyebrang Sungai Yordan, merobohkan tembok Yerikho, mengalahkan penduduk setempat, dst. Sampe abis tuh kitab Yosua, perjuangan abis dah isinya.

Jadi yah begitu jugalah kisah kami di Tanah Perjanjian :)
This is not a happy ending, this is the beginning of a new chapter.
Tapi setiap bab pada dasarnya isinya sama: that God has truly been good. ALL the time.

Menjelang natal 2015, saya sekeluarga mengucapkan:
SELAMAT (MENYAMBUT DAN) MERAYAKAN KELAHIRAN KRISTUS.
Keep trusting that Baby Jesus because He is The Great I AM incarnate.

No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)