Saturday, May 9, 2015

Calvin and Hobbes

Beberapa bulan yang lalu saya nemu comic strip Calvin and Hobbes yang ini:
(gambar ini saya ambil dari Pinterest)



Rasanya gimana sih bacanya?
Kalo saya jadi sedih. Sedih banget karena saya tau persis ironi dari kisah Calvin yang ini.

Buat yang gak familiar sama komik Calvin and Hobbes (di beberapa negara Eropa judulnya Alvon and Poppes), saya ceritain dikit duduk perkaranya ya... :)

Calvin ini anak cowo berumur sekitar 6 taun (udah sekolah kelas 1 SD kalo ngga salah) yang super kritis, super kreatif, pinter, dan badungnya minta ampun. Dia punya boneka harimau kesayangan yang ukurannya lumayan gede, namanya Hobbes. Nah dalam imajinasinya Calvin, Hobbes ini beneran idup, dan ukurannya lebih gede daripada badannya Calvin. Si Hobbes ini sama badungnya sama Calvin, partners in crime gitu deh.

Sejak masih ABG culun dulu, saya udah suka banget sama komik ini, sampe subscribe ke website nya, dan saya saban hari dikirimin 1 comic strip Calvin and Hobbes di inbox email.

Dulu saya bacanya fun-fun aja, saya takjub sama kepinteran dan imajinasinya dan geli sendiri liat kebadungan dan segala trouble yang ditimbulkan oleh Calvin.

Pas mulai kerja di pedalaman, otomatis saya gak bisa lagi baca-baca komik ini. Setelah bertaun-taun vakum, tempo hari saya mulai suka liat-liat pinterest, dan nemu lagi komik ini. Maka cinta lama pun bersemi kembali... :P
Only this time, saya bacanya dari sudut pandang berbeda, sudut pandang seorang mama. Lebih tepatnya, seorang mama yang punya anak kayak Calvin.

Asli, pas nemu dan baca lagi beberapa ceritanya, sekarang saya malah jadi lebih takjub. Baru ngeh kalo kisah Calvin itu bisa juga terjadi di dunia nyata (well less dramatic in reality lah ya, tapi beneran asli mirrrriiiipppp bangeett, Calvin and Hobbes tuh kok ampir kaya our true story!). Now I see Calvin’s Mom and Dad with a newfound sympathy of a parent who shares similar battlefield on daily basis.

In many ways, si D and Calvin rada-rada mirip. Well si D gak se-’badung parah’ kayak Calvin lah, kalo si D bisa nyaingin Calvin mah bukan Bill Waterson yang bikin komiknya, tapi Natalia Setiadi huehehehehehhe... namanya komik, tentu udah dibikin semenarik mungkin biar pembaca seneng kan.

Biar rada kebayang, berikut ini saya kasih contoh beberapa cerita Calvin yang berasa déjà vu banget buat kami. Sekedar info, pas saya kasih liat ke papanya D, sampe ngakak-ngakak geli dia, saking miripnya cerita-cerita ini sama our true story :)







Kisah tentang “monkey head stew” adalah salah satu cerita Calvin yang paling berkesan buat saya, soalnya itu true story di rumah kami, bedanya cuma papanya D selalu menyambut setiap menu dengan gegap gempita, bagaimana pun bentuk dan namanya hahaha... Kan si D juga picky soal makanan, suka ilfil gitu sama menu sehari-hari yang saya masakin, bosen kali ya...

Jadinya kalo dia tanya “hari ini masak apa?” atau di meja makan dia tanya “itu apa, Mah?” saya suka iseng jawabin dia yang aneh2 hihihi.... Misalnya bakso goreng saya kasih nama “Galactic Meteor”, ngikutin istilah di koleksi Animal Kaiser cards-nya. Atau pernah juga masak bakmoy, tapi demi ngeliat si D ilfil bin bosen liat bakmoy, saya ngarang aja bahwa itu bukan bakmoy, tapi BOYOY (garing banget, maklum dadakan dan lagi mati gaya). Si D gak terkesan sama sekali sih sama “boyoy” (harus dilafalkan secara sengau ya, wkwkwkwk...), tapi dia udah keburu bingung mensinkronkan bakmoy yang diliat di matanya sama boyoy (sengau) yang didengar di kupingnya. Nah waktu bengong itu saya pake buat kasih instruksi seberwibawa mungkin “ayo cuci tangan, terus makan”, yang dia turutin tanpa sempet protes hahahaah.... Binggow! V^_^V

Mungkin pembaca udah tau ya, bahwa ADHD bisa diterapi dengan obat (yang di komik Calvin pertama yang saya share di atas itu Calvin sebut “pills”). Obat ini biasanya membantu ngurangin hyperaktivitas, bikin anak lebih fokus, ngurangin disctraction, juga ngurangin letupan emosi berlebihan atau perilaku membangkang.
Singkatnya, bikin si anak lebih kooperatif dan mampu berfungsi seperti yang diharapkan.

Jangan salah, orangtua anak-anak ADHD umumnya harapannya gak muluk-muluk. Liat anak kaleman dikit, main tanpa berkelahi, gak pake tereak2 kelewatan, atau berhasil ngabisin makanan sepiring tanpa perlu diingetin berulang-ulang aja udah seneng banget... (At least saya sih) gak kepikiran pengen anak juara atau dapet piala, atau jadi tokoh utama pentas drama whatsoever. Kalo malem pas mau tidur, dia bisa beresin mainan, gosok gigi, ganti piyama tanpa pake drama ala sinetron aja udah considered a good and peaceful night, yang gak akan luput dari pujian dan ucapan terima kasih karena sudah memberkati mama-papa dengan ketaatannya.
Sedangkan kalo di sekolah, berfungsi seperti yang diharapkan itu adalah berhasil kerjain worksheet-nya pada waktunya, seperti temen2nya, atau bisa main dengan rukun. As simple as that.

Sayangnya, sebagian (SEBAGIAN kecil aja ya, gak semuanya) orangtua suka mengeluh bahwa dengan obat anaknya jadi terlalu diem, kayak nggak jadi dirinya sendiri. Hehehe.... manusia emang susah puas ya, dikasih hyperaktif salah, pas kelewat diem juga bingung sendiri :P Tapi saya sangat mengerti, bahwa kalo liat anak biasa lari-lari, manjat-manjat, berceloteh keras-keras dengan riang gembira (walopun terkadang sangat mengganggu), mendadak jadi kalem, tenggelam keasikan baca buku atau main origami sampai lammmmaaaaaa, emang bikin ortu takjub dan kuatir sendiri saking takjubnya.

Beberapa kasus yang ekstrim malah nyebut2 anaknya jadi kayak zombie lah, atau mematikan kreativitas anak, as depicted in the 1st comic strip di box paling akhir. Scene ini digambarkan dengan warna black n white suram, Calvin lagi kerja worksheet dengan sangat fokus, sampe-sampe Hobbes digambarkan kembali jadi boneka harimau, bukan harimau idup seperti imajinasinya yang biasa.
Can you now see the irony more clearly? :-/
Tapi di sisi lain, secara statistik sih sebagian besar anak ADHD terbantu dengan obat.

Di salah satu grup special needs yang saya ikutin, saya pernah ketemu seorang dengan ADHD yang sekarang udah dewasa. Dia struggling banget selama masa kecilnya, sampe-sampe dia sangat menyayangkan pilihan ortunya untuk gak kasih obat-obatan. Terlepas dari kecenderungan anak untuk menyalahkan ortunya, saya bisa bayangin sih kesusahannya orang ini. Sampe terpukul banget dia begitu tau bahwa sebenernya ada obat yang berpotensi mengurangi kesulitan akibat ADHD-nya, tapi ortunya memilih untuk gak nyoba.
Memang obat ini juga banyak efek sampingnya, dan banyak ortu yang milih cara herbal, alternatif, dan pendekatan non-obat. Tapi setiap kasus beda, setiap kondisi anak ADHD, situasi keluarga, keuangan, dan kemampuan orangtua beda, jadi gak bisa juga kita maksain suatu pilihan tertentu. Saya percaya semua ortu pasti ngasih yang menurut mereka paling baik buat anak-anaknya.

Sebagai penutup, ini saya kasih foto stuffed animal kesayangannya D.
It is to D just as Hobbes is to Calvin.
And YES, it is also a stuffed tiger! :D
Didn’t you believe it when I said Calvin and Hobbes is almost like our true story? ;)


No comments:

Post a Comment

Ayooo silakan berkomentar.... :)