Monday, June 23, 2014

Racun di Sekitar Kita - Part 2

Homemade Daily Products

Melanjutkan postingan yang lalu (http://nataliasetiadi.blogspot.com/2014/06/racun-di-sekitar-kita-part-1.html), hari ini saya share resep homemade sampo, homemade conditioner, and homemade deodorant. Kalo belom nemu produk organik (atau nemu tapi gak kebeli :p), boleh dicoba walopun pastinya beda banget sama sampo&conditioner komersil.
Buat deodorant nya sih saya acung jempol dah, bener2 OKE :)

Sampo Baking Soda
1 sdt baking soda (alias soda kue, bukan baking powder ya!) – bahasa kimianya Sodium bicarbonat atau natrium bikarbonat
100 – 150 cc air (saya pake aqua yang buat diminum) – trial and error sendiri buat nentuin cocoknya pake yang pekat atau yang encer ya
2-3 tetes essential oil (optional, buat wangi2 and nambah efek2 tertentu, misalnya wangi lavender memberi efek menenangkan, peppermint memberi efek segar, dlsb)

Cara membuat:
Masukin ke botol (paling enak yang ada pencetannya, kayak botol sampo/sabun yang biasa kita pake tuh), kocok sampe larut, terus udah deh, pake buat keramas.

Gak disangka, lumayan juga loh... awalnya aja rambut terasa agak berminyak, karena rambutnya udah kebiasa ama produk sampo komersil yang dipenuhi zat2 kimia, tapi gak lama tuh, semingguan doang. Padahal saya tinggal di kota dengan kelembaban dan suhu yang tinggi, belom lagi polusi, dan kulit saya emang cenderung berminyak banget.
Sayangnya setelah dipake selama 2-3 bulan, saya ngerasa rambut rontok. Demikian juga suami dan temen saya yang sama2 nyoba pake sampo baking soda ini. Mestinya dimodifikasi kali ya, tapi sampe sekarang belom nemu lagi tuh resep sampo homemade simpel yang OK. Banyak resep di internet, tapi rata2 bahannya susah didapat di Indo dan saya keburu ilfil deh, males aja kalo tuh sampo udah susah payah dibikin eh masih bermasalah ya...

Homemade Hair Conditioner
1 sdt cuka apel (ACV atau apple cider vinegar)
100 – 150 cc air (again, saya pake aqua buat minum)
1-2 tetes essential oil (optional)

Cara membuat:
Campur semuanya sampe larut, pakenya sama seperti kita pake conditioner.

Conditioner ini gak bikin bau asem seperti yang saya curigai sebelomnya (makanya jangan negative thinking dulu, hihihi...:P), dan rambut jadi lembut, mirip lah sama pake conditioner komersil.
But setelah saya stop pake sampo baking soda, saya stop juga pake conditioner  ini, dan dengan sangat menyesal saya balik lagi ke conditioner komersil. :(

But saya tetep share resepnya di sini ya, sapa tau ada yang butuh, and kebetulan cocok. Atau justru mau kasih tips biar saya bisa bikin modifikasi resep ini, wah that would be VERY welcome deh :)

Homemade Deodorant
6 sdm minyak kelapa organik (saya pake Javara cold press coconut oil, belom bersertifikat organik sih, tapi lumayan lah)
4 sdm baking soda (sodium bikarbonat atau natrium bikarbonat, atau soda kue, BUKAN baking powder ya!)
4 sdm tepung arrowroot (atau tepung ubi garut, atau ararut – boleh diganti tepung maizena)
2-3 tetes essential oil (optional, kalo mau pake dianjurkan wangi lemon karena ada efek antibakterialnya)

Cara membuat:
Karena minyak kelapa ini bentuknya cair di suhu > 24 derajat C, saya sih gak perlu pake panasin dulu, langsung aja campur and adukin. Masukin ke wadah bersih yang bisa ditutup, simpan di suhu dingin (saya simpan di kulkas).

Setiap abis mandi, saya usap aja pake jari (kayak ngambil balsem gitu), trus dioles ke keti. Udah deh.

FYI, di produk-produk deodoran yang banyak ditemui di supermarket, banyak banget yang mengandung paraben (metilparaben, butilparaben, propilparaben, etilparaben). Bahan ini adalah pengawet di dalam deodoran, kalo udah menumpuk katanya bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.  Belum lagi bahan-bahan lain, seperti propylene glicol (neurotoksin atau racun buat sistem saraf, bisa menyebabkan dermatitis kontak, kerusakan ginjal atau hati), atau aluminum klorhidrat.
Orang-orang yang punya riwayat kanker payudara di keluarganya, atau pernah ada tumor jinak di payudaranya sangat tidak disarankan menggunakan deodoran komersil. Malah, di negara-negara barat, rata-rata perempuan yang menjalani mammografi alias pemeriksaan rontgen payudara, disarankan untuk tidak menggunakan deodoran.

Saya enggak bilang bahan2 itu secara langsung menyebabkan kanker ya, karena penelitiannya juga belum konklusif, alias masih banyak yang hasilnya saling bertentangan. Tapi kalo mau hidup lebih sehat sih sebaiknya dihindari aja lah ya, bahan-bahan ini.
Kalo ada alternatif lain, ngapain juga kita numpukin zat-zat berbahaya ke badan sendiri. Apalagi kalo lagi hamil, atau menyusui. Banyak banget loh bahan-bahan yang setelah diteliti ternyata berpotensi menyebabkan gangguan tumbuh kembang janin/bayi/anak, gangguan hormon (heran ga sih, makin ke sini makin banyak orang yang susah banget hamil dan punya anak), makin banyak anak yang ngalamin gangguan tumbuh kembang atau berkebutuhan khusus, dan lain-lain.

Segitu aja ya, semoga bermanfaat...

1 comment:

  1. Gua di sini masalahnya ama kulit kepala kering, apalagi in winter. Rambutnya mah ga kering, tapi kulit kepalanya iya. Satu2nya cara ampuh dan praktis yang udah gua coba tuh pake cuka biasa aja campur air gua balurin ke kulit kepala, tunggu 30 detik, trus bilas, baru gua pake shampoo biasa asal aja. Harusnya sih idealnya ga pake shampoo lagi, tapi pernah gua coba malah jadi depes (flat) banget itu rambut gua (apalagi in winter gua pake winter cap mulu kan), jadi tetep akhirnya pake shampoo keneh ujung2nya. Belom pernah sih coba bikin shampoo sendiri, tapi kalo bikin rontok mah gawat oge...

    Dedorant gua kaga pake, tapi si R2 suka pake tuh. Beneranlah salut ama loe, niat pisaaaannn, dari soal makanan dan laen2 juga. Salutttt!

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)