Tuesday, April 8, 2014

Emosi

Konon, kata teori, anak-anak dengan ADD/ADHD tuh kebanyakan ngalamin keterlambatan perkembangan emosi. Keterlambatan itu cukup besar, sampe-sampe kematengan emosional seorang anak ADD/ADHD tuh sesuai dengan dua pertiga umur biologisnya. Artinya, kalo anaknya berumur 6 tahun, kematangan emosinya sesuai dengan anak umur 4 tahun.
Kalo anaknya berumur 15 tahun, kematangan emosinya sesuai dengan anak umur 10 tahun.
Saya lupa baca di mana soalnya udah lama :P

Taun-taun kemaren sih saya kerasa banget betapa susahnya si D mengontrol emosi. So far kayanya the worst year tuh waktu dia kelas TKB alias K2, yaitu taun lalu (sekarang si D udah kelas 1 SD).
Waktu TKA, temen-temen sekelasnya rata-rata masih sama, pada blingsatan, rentang perhatiannya pendek, susah fokus, gampang emosi, dan lain-lain. Pokonya mirip-mirip lah sama si D, gak beda jauh.
Masuk TKB, temen-temen sekelasnya pada berkembang, jadi lebih bisa fokus, rentang perhatian lebih panjang, masih blingsatan tapi mendingan hehehe... FYI, saya perhatiin temen-temen seangkatannya si D tuh pada aktiifff-aktiiifff banget, gurunya sendiri yang bilang sama saya. Angkatan yang di bawahnya, yang sekarang TKB, cenderung pada lebih anteng-anteng dibanding angkatannya si D dulu.  Buat saya pribadi ini sesuatu yang saya syukuri, soalnya si D jadi “tersamar” gitu perbedaannya hehehe.... Si D jadi cuma sedikit lebih blingsatan, sedikit lebih susah fokus, sedikit lebih heboh dan emosional (hm... bekas guru TK-nya D kalo baca ini mungkin berasa mau muntah kali ya, secara buat mereka bedanya lebih dari sedikit wkwkwkw...)

Seiring berjalannya waktu, temen-temennya makin mateng pola pikir dan emosinya, sementara si D yah berkembang juga, tapi lebih lambat. Seperti perhitungan usia emosional versus usia biologis di atas, perhatiin deh, semakin nambah umur si anak, semakin gede “gap” atau selisih antara umur emosional sama umur biologis. Artinya, makin nambah umur, anak-anak spesial akan semakin jauh dan lebih keliatan kelambatan perkembangan emosionalnya.
Sementara temen-temennya udah lebih mahir problem solving, si D masih berkutat dengan rasa frustrasi kalo ketemu problem, dan gak jarang teriak penuh emosi pada waktu frustrasi, atau throw a tantrum. Dengan pikirannya yang kurang fleksibel, si D juga rendah toleransinya pada saat main sama teman. Jadi misalnya kalo main lego barengan di kelas, kalo ada anak yang ambil legonya si D, dia bisa marah besar.  Pola pikir yang kaku juga bikin dia super duper peka sama “kesalahan” orang lain. Gak ada istilah “cincai lah...” buat si D. Everything is black or white, and has to be black or white. He wouldn’t settle for grey. Sekarang sih mendingan lah, dia mulai bisa nerima abu-abu, walopun masih ngotot nanya itu abu-abu tua (cenderung hitam) or abu-abu muda (cenderung putih) hahahah.....

Sampe umurnya menjelang 6 tahun, setiap mau jemput D pulang sekolah, hati saya kebat-kebit. Kadang saya bercanda sama my best friends, kalo bisa mah masukin sekolah asrama aja gitu ya, saking tertekannya saya sama urusan “afterschool mood” :P  Setiap pulang sekolah, si D bisa tantrum di mobil sekitar 2-3 kali lah dalam seminggu (6 hari sekolah). Kalo dalam seminggu cuma tantrum sekali berarti itu my lucky week. My unlucky week pernah deh 4 tantrum dalam seminggu. Kalo si D dijemput dengan senyum hepi di mukanya, saya tandain tuh kalender di rumah, buat reminder wkwkwkw.... Smile pada saat dijemput ibarat menang door prize, gak nyampe sebulan sekali. Thank God masa-masa itu udah berlalu ^___^
Sekarang masih ada sih sekali-sekali bete berat di mobil, especially kalo hari itu si D bertengkar ama best friend-nya, atau dapet hukuman yang menurut dia ga adil, dll.  Tapi frekuensi dan intensitasnya udah jauh berkurang. Thank God pisaaann!!!

Dalam hal social skills, si D terbilang OK sih. Dia suka banget berteman, dan gampang banget make friends. Misalnya lagi main di arena manjat-manjatan di mall gitu, dia selalu nemu temen yang dia ajak kenalan, bisa tau dari namanya, umurnya, sekolahnya kelas berapa, agamanya apa (pertanyaan favorit si D, entah kenapa, dia selalu butuh tau agamanya seseorang, pengen tau posisi tangan orang itu kalo berdoa gimana: lipat tangan, tangan menadah ke atas, atau ngatup di depan dada, wkwkwkw....), sampe keterangan random seperti jumlah giginya yang ompong atau suka enggaknya temennya itu makan junk food.

Tapiiii.... hasrat membara dalam dadanya untuk berteman gak sebanding sama kemampuannya menolerir kelakuan temen atau pilihannya temennya.
So, buat berteman jangka pendek kayak di play arena mall sih no problem.
Buat berteman jangka panjang kayak di sekolah itu yang sedikit problem.
Kalo ada temennya yang gak mau sharing misalnya, buat si D itu masalah besar. Kalo temennya gak mau diajak main petak umpet, si D cenderung maksain kehendaknya. Kalo temennya pungut barang dari lantai atau tempat sampah, wuidih si D bisa ribuuuttt teriak-teriak, karena buat dia itu JUOROK banget. Dia gak bisa cuek.  Kalo ada temen makan junk food misalnya, dia bisa heboh banget nge-judge, karena buat dia makan junk food itu NOT GOOD.

Salah satu contoh yang bikin saya geleng-geleng kepala adalah soal instruksi guru. Misalnya guru ada perlu ninggalin kelas, demi menjaga ketertiban, guru kan suka bilang, “Semua harus tetap di kursinya masing-masing ya, yang berdiri atau jalan-jalan akan dicatat namanya oleh ketua kelas, nanti Pak Guru hukum.”
Nah pikiran si D yang super saklek (kaku) itu NYEREP instruksi guru sampe titik koma plus intonasinya!  Walopun dia bukan ketua kelas, dia dengan penuh tanggung jawab melaksanakan instruksi guru. Begitu ada temen yang berdiri sedikiiittt aja, si D langsung heboh negur. Namanya anak kelas 1, kalo kebetulan watak anaknya emang tidak kalem, dia ga bakal terima dong ditegur, soalnya si D bukan ketua kelas, dan juga karena “guru kan gak liat...” atau karena dia perlu berdiri sedikit hanya untuk ambil barang doang.
Nah kalo temennya gak terima ditegur, si D bisa tambah naik emosinya, tambah keras negurnya, daaann... become distracted dan ilang fokus sampe dia sendiri lupa buat tetap di kursinya, berdiri and jalan2... -.-‘
Pas guru balik ke kelas, jreng... jreng... yang terlihat adalah si D lagi berkeliaran dan teriak2 marah. Alhasil yang dihukum si D dong, berdiri satu kaki sambil dua tangan pegang telinga.  Temen yang tadi berdiri mah gak dapet hukuman, karena yah berdirinya juga cuma sedikit, udah duduk lagi pas guru datang. Pelanggaran kecil yang ga penting, cuma penting di benak si D nan rumit itu......

Adegan sejenis ini beberapa kali terulang, dengan detail yang berbeda-beda.
Jangan salah, saya MENDUKUNG PENUH guru menegakkan disiplin. Saya gak pernah protes kalo anak saya dihukum. Sekali dua keberatan sih kalo boleh jujur, tergantung kasusnya, tapi ya udahlah, gak ada sistem atau sekolah atau guru yang sempurna ya, cincai lah... :)

Saya selalu tekankan sama si D, bahwa di atas dia tuh selalu ada otoritas dan dia wajib tunduk sama otoritas itu. Otoritas tertinggi di segala tempat dan waktu tentu aja Tuhan, tapi di rumah, orangtua adalah otoritas kedua di bawah Tuhan, orangtua adalah wakilnya Tuhan. Di sekolah, otoritas tertinggi setelah Tuhan adalah guru.

Yang tricky adalah: si D demen TESTING, artinya ngetes (ngapain saya jelasin ya, wkwkwk...).  Dia suka ngetes apa yang akan otoritasnya lakukan kalo dia berbuat A, B, C, dst.  Kalo otoritasnya dia rasa “lulus tes”, si D akan lebih mudah tunduk.
Dengan kata lain, YOU HAVE TO EARN D’S RESPECT.
Susyeh binti rumit lah pokonya... bertahun-tahun saya en papanya D berjuang jungkir balik, jatuh bangun, banting tulang, jepit.... tahan.... (loh kok jadi senam wkwkwkw.....) untuk memenangkan D’s respect and whole-hearted obedience.
Dengan menimbulkan judgment yang ga enak, dan tentu sajah dengan kekurangan di sana-sini, dengan segunduk pengorbanan.
Belum bisa dibilang berhasil lah ya, secara perjalanan masih panjang. Tapi dalam beberapa hal sih hasilnya mulai keliatan. Ibarat nanem biji cabe, mulai bertunas, cuma masih perlu diliat, itu beneran tunas pohon cabe atau rumput liar heheheh...

On the heavier note, sekali dua pernah juga ngalamin dipanggil ke sekolah gagara komplen ortu yang anaknya di-“zholimi” sama si D.
Sekali waktu pernah juga di sekolah minggu si D berkelahi sama temennya, sampe temennya luka berdarah >_<
Sampe stres saya menanti2 apa yang akan terjadi... surprisingly, gak ada yang terjadi. Saya ke guru sekolah minggunya, tapi gak ada komplenan apa2 tuh, thankfully...

Yah begitulah suka dukanya jadi ortu kali ya...
Penting buat tau cara ngatasin stres dan unhealthy guilt buat urusan2 yang gak menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mereview seperti yang baru aja saya lakukan, sepanjang 3 halaman ini hehehehe....
Ngeliat segala perkembangan dan kemajuan, kasih setia dan kemurahan Tuhan, bener2 bikin saya back to focus. Mawas diri dan memperbaiki diri, dan terus bertekun, maju terus, pantang mundur. :)

Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu,
supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami.
Buatlah kami bersukacita seimbang dengan hari-hari Engkau menindas kami,
seimbang dengan tahun-tahun kami mengalami celaka.
Biarlah kelihatan kepada hamba-hamba-Mu perbuatan-Mu, 
dan semarak-Mu kepada anak-anak mereka.
Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami,
dan teguhkanlah perbuatan tangan kami,
ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah itu.
Mazmur 90:14-17

1 comment:

  1. Punya anak kalo emang udah gaul ama anak2 laen kaya gini emang tambah rumit yah urusannya. Beneran kudu ditambah2in hikmat dari Tuhan buat mengarungi semuanya itu - konflik dengan orang2 laen di luar sana gitu lho...da kadang situasi rumit tapi kalo dijelasin malah bikin tambah runyam mah kudu bisa nelen ludah dan nahan diri buat ngomong nyak...Enlightening banget deh post ini, apalagi info tentang seberapa besar perbedaan antara kematengan emosi penderita ADD/ADHD sama umur aslinya.

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)