Saturday, January 18, 2014

Resep Saus Tomat Homemade ala Mamaw

Lagi hobi ngedapur nih, so jangan bosen ya liat postingan resep :p

Seperti saya pernah bilang, si D kan pantang makan makanan/minuman yang mengandung pewarna tuh, sedangkan dia cukup doyan saus tomat, dan emang masakan2 kan banyak banget yg pake saus tomat. Saya pernah melototin bahan2 yg terkandung di dalem saus2 tomat komersil, ada yang produsennya gak nyantumin kalo dia pake pewarna (padahal warnanya merah genjreng, masa iya ga pake pewarna ya?), ada juga yang dengan curangnya pinternya nulis "pewarna alami tartrazine no Cl.12345 (misalnya)". Saya kasih tau ya, itu NGIBUL, sodara/i, gak ada yang alami klo udah pake nomer2 gitu. Emang pewarna makanan sih mustinya aman dikonsumsi, tapi karena dah bertaun2 ngerasain sendiri efek langsung pewarna makanan terhadap perilaku anak saya, saya jadi menabuh genderang perang sama para pewarna makanan yang bukan bikinan Tuhan sendiri, termasuk di dalamnya bahan2 pewarna di obat-obatan. Maksud saya pewarna makanan bikinan Tuhan adalah yang benar2 alami, seperti merah dari tomat, cabe, buah bit, hijau dari daun2an, ungu dari ubi ungu or buah naga, dst. Itu baru alami, Mas Produsen.... yang pake nomer mah ngakunya doang alami :p
Saya jadi mikir, kalo efeknya gak langsung kerasa dan gak keliatan, trus jadi santai2 aja makanin itu warna-warni selama berpuluh2 taun, gimana ceritanya ya? *bukan nakut2in loh yaaa.... ini cuma memperingatkan :p*

Anyway, back to saus tomat. Setelah berbulan2 survei bikin saus tomat, bbrp bulan lalu saya coba bikin, tapi hasilnya mengecewakan hehehe... selain si D nan superpicky ogah nyolek, saya juga ogah wkwkwwk... gak asik dicolek soalnya. Rasanya juga yah.. begitulah... akhirnya sausnya itu cuman kepake buat masak, gak buat dicolek2.
Tapi pengalaman emang guru yang terbaik ya (cieehh..). Setelah direnungkan dan diresapi dan direncanakan baik2, akhirnya tempo hari saya berhasil bikin saus tomat yang lumayan oke. Menurut suami sih rasanya enaaakkk banget (selain karena dia suami yang baik, low maintenance, dan suportif, juga karena urusan makanan mah suami saya taunya cuma "ENAK" dan "ENAK BANGET" wkwkwk... so, klo dia udh bilang ga enak, berarti tuh makanan rasanya "OH SUNGGUH TERLALU!" wkwwkwk....). Menurut saya mah lumayan lah, bisa buat colek2, tapi klo buat masak seperti nasi goreng, saus fuyunghai mah rasanya emang muanteppp, Gan.... :)

So, cukup lah preambule-nya ya, biar ga kepanjangan. Ini dia resepnya (maap klo buat takeran mah saya emang penganut aliran "ini secukupnya, itu secukupnya" soale selera orang kan beda2 ya... yang penting sebisanya pakein semua bahan yang ditulis, mudah2an cocok di lidah ente2 semua yang nyoba):


SAUS TOMAT HOMEMADE ALA MAMAW

1 kg tomat merah, yang bagus ya, gak boleh ada yang bonyok atau hampir busuk
2 siung bawang putih, geprek, iris
1/2 bawang bombay kecil, iris dadu kecil
1 seledri iris halus
3-4 sdm cuka apel (sesuai selera masing2, kalo doyan asem silakan ditambah)
1 sdt garem (jadinya agak asin memang, tapi jangan dikurangin banget, soalnya garem ini fungsinya sbg pengawet alami)
2 sdt gula pasir (karena saya gak doyan asem, boleh aja dikurangi)
1 sdm butter buat numis (saya anti margarin karena berpewarna)
Sedikit mixed herbs (rempah2 kering botolan, banyak di supermarket, gak pake juga gak papa)


CATATAN PENTING:
Buat semua makanan yang diawetkan secara homemade, penting banget buat jaga sterilitasnya selama proses bikin dan penyimpanan. Klo tercemar, sausnya bakal jamuran atau gampang busuk. So perhatikan baik2 soal kebersihan ya. CUCI TANGAN. Blender, sendok, dan barang2 yang gak dipanasin di api sebaiknya disiram air panas dulu sebelum dipake.
Stoples kaca buat nyimpan sausnya HARUS direbus dulu selama 5-10 menit (diitung sejak airnya mendidih blubuk blubuk gitu; si stoples harus kerendam air dingin seluruhnya, baru api dinyalain ya, supaya gak pecah), dan setelah mendidih, gak boleh disentuh tangan, selain karena panas (BANGEETTT wkwkwk) juga supaya gak tercemar kuman dari tangan kita. So, pake penjepit (thong) steril yang tadi ikut direbus ujungnya aja (pemegangnya jangan direbus, ntar bingung lagi megangnya gimana wkwkwk).

Hm.. kok ribet ya? Emang ribet, namanya juga homemade :p ada harga yang harus dibayar.
Tapiii... jangan gentar dulu, kalo udah dilakonin 1-2 kali, pasti kita bisa langsung nemu selanya kok, nemu cara yang praktis buat kita masing2. Sekali lagi, pengalaman tuh guru yang yahut! :)
So, COBA AJA DULU, maju terus pantang munduuurrr!! Semangaattt!! :)

Cara membuat:
* Didihkan air kurleb 3 gelas, matikan api. Rendam tomat selama 1 menit. Pastikan tomatnya kerendam semua, klo perlu tambahin airnya atau dibagi 2x ngerendem. Klo saya mending airnya dibanyakin, biar gak 2x kerja :p
Tiriskan, panas2 kupas kulitnya (abis direndem ini jadi gampang copot kulitnya), potong 4, buang biji, cemplungin ke blender yang bersih. Konon proses ini juga bikin warna saus jadi merah cerah.
* Tumis bawang putih n bombay pake butter, masukin juga irisan seledri, kalo dah harum, masukin ke blender bareng tomat tadi. Blender sampe halus.
* Saring ke panci/wajan sambil ditekan2 kayak bikin bubur saring. Panasin di atas api, jangan gede2 apinya, tapi gak perlu terlalu kecil juga, lama entar (saya emang gak sabaran hihihi...)
* Kalo udah agak kental, masukin cuka apel, mixed herbs, garem, gula. Cicip rasanya, tambah2in apa lah yang dirasa kurang. Masak terus sampe kental, konsistensi yang bisa dicolek lah.
* Saus udah selesai, sekarang masukin ke stoples, mulai step ini bener2 KUDU HARUS secara steril ya!
* Sendokin pake sendok yang barusan dipake buat masak, atau kalo pake sendok makan, harus yang udah direbus bareng ama stoplesnya tadi. Klo udah, tutup stoplesnya tapi jangan terlalu rapet, asal mencegah kontaminasi aja (misal lalat hinggap atau kena debu). Kalo udah agak hangat, artinya tangan telanjang udah kuat megang bodi stoples berisi saus, tutup rapet2, masukin kulkas. Saya suka masih agak panas waktu saya tutupin rapet n masuk kulkas, nanti si isi stoples jadi vacuum sealed alias rapet dengan tekanan rendah di dalemnya, ini juga nambah awet si saus.

Nanti2 kalo ngambil saus, harus sendok bersih, and jangan keluar masuk, artinya ngambilnya sekali jadi aja (ini mengurangi kontaminasi n supaya awet), abis itu langsung tutup lagi stoplesnya, dan selalu simpan di kulkas ya. Konon tahan dua bulanan, asal jangan keseringan dibuka tutup.

Resep ini menghasilkan saus 100-150 cc doang, uhuk2... >_<
Namanya juga masih coba2... sekarang udah tau cocok, nanti2 klo bikin lagi saya bakal dobelin resepnya. Tapi jangan kebanyakan juga, ntar blom abis udah keburu busuk.

Stoplesnya bisa pake jar bekas selai (dulu saya belom musuhan ama pewarna :p), bisa juga beli the famous MASON JAR di ACE HARDWARE, gak mahal kok. Saya ada juga stoples kaca yang tutupnya plastik, beli di Daisho. Perlu diingat kalo tutupnya plastik gak bisa ikut direbus ya (stoplesnya juga jangan yang plastik!), paling disiram air mendidih aja. Makanya itu mason jar bagus punya emang, silakan dibeli, dan liat sendiri keungulannya (semoga ada staf ace hardware yang ngasih compliment karena saya udah promosiin produk dagangannya :p)

Ini pic nya (kalo lagi bisa ngaplot... saya pake stoples bertutup plastik dari Daisho). Oh iya jangan lupa kasih label biar tau umur si saus ya...

*duh ga berhasil ngaplot lagi... huhu... mohon maap ya... :'(*

Ayoooo bikin saus tomat homemade..! Bisa juga loh buat pamer di FB dan BB -LHO?! Ngajarin gak bener... ROFL

Update: Yaay berhasil aplot!


2 comments:

  1. HAHAHAHAHAHAHAHAHHHH...duh bodor pisan bacanya...tapi ga heran pengen "pamer" kalo udah susah payah kaya gini hi hi...sayang ga berhasil diaplot potona he he...

    ReplyDelete
  2. Maaf, mau tanya nih. Sausnya tahan berapa lama ya??

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)