Saturday, September 21, 2013

Peti Harta Karunku...

Unmotivated.
Alias kurang motivasi.

Itu salah satu kendala yang sering saya temuin dalam ngadepin si D. Maksudnya, si D itu most of the time udah ngerti apa2 yang diharapkan dari dia, tapi suka ogah melakukan itu.
Contoh misalnya kami minta untuk dia bilang “Iya, Mah/Pah...” kalo dikasih tau sesuatu, nah kadang dia ga inget atau males jawab, jadi diem aja gitu. Kan kita bingung, ni anak denger ngga, apa lagi tenggelem dalam lamunan ya...
Atau diminta cuci tangan karena udah mau makan, nah dia lambaattt-lambaaatttt tarohin mainannya, atau malah nerusin main.

Selama ini saya terapin sistem reward. Terutama kalo ada sesuatu hal khusus yang saya pengen banget dia kerjakan, dan ini lumayan manjur. Rewardnya kudu “agak besar” atau sesuatu yang dia idam-idamkan banget, karena usahanya dia juga ekstra ya...

Reward terbaru adalah kartu hewan-hewan idaman si D, yang saya janji akan kasih kalo dia udah kumpulin 5 stiker. Dia dapet 1 stiker setiap kali langsung pulang pas dijemput pulang skul.
FYI, selama ini tuh susaaaahhh banget nyuruh D pulang dari skul. Kadang saya udah jemput naik mobil di pintu lobi skul, sampe udah ada beberapa mobil lain yg antri, anaknya gak dateng-dateng. Sampe2 saya terpaksa keluar lagi, muter, masuk gerbang sekali lagi, dan ngantri lagi dari belakang -.-‘

Sampe bapak penjaga skul udah apal deh kalo si D susah dijemput, dia udah galak banget kalo manggilin D, kadang2 saya sampe mengernyit dengernya, abis kok enak bener bentakin anak orang >_< Tapi yah apa boleh buat, saya aja emak kandungnya geregetan, apalagi orang asing ya... Kalo sayanya turun dari mobil, jemput dia masuk ke dalem bangunan skul, wah itu lebih parah lagi susahnya. Dia malah ngoceh cerita ini itu sambil lari menjauh lagi. Dulu2 zaman TKA sih kalo jemput saya parkir, terus saya turun. Nah dulu itu saya sampe kudu pasang alarm HP, kalo alarm bunyi dia HARUS ikut, atau Mama jalan sendiri ke mobil. Itu juga kisahnya panjang, kadang pake nangis2 ngamuk pas waktunya alarm bunyi >_< Sampe2 maknyak dicap emak galak sama guru2 di skul –sigh... mereka gak tau aja, sampe udah abis akal ngajak dia pulang. Gak mungkin juga kan diturutin terus kemauannya utk main lama di skul (menurut saya sih gitu, hihih... Galak ya emang :P). So, balik lagi ke stiker. Saya tegasin bahwa syaratnya D dapet 1 stiker kalo begitu liat mobil kita dateng, dia langsung nyamperin ke pintu lobi, atau begitu dipanggil dari speaker, dia langsung ke lobi tempat jemputan. Setelah berpanjang lebar ngebahasin syarat2 -> trust me, si D ruweeettt bgt pikirannya buat urusan kayak gini.
Sampe2 dia bilang, “Kalo D lagi main perosotan, lagi ada di atas perosotan, trus mobil datang, D harus langsung lompat turun, terus lari sekencang2nya ke pintu lobi, gitu ya Mah?” :O
Mama jadi speechless dan ngeri kalo dibawa ekstrim begitu, jadi langsung menjelaskan dengan tidak singkat, sedetail mungkin dan sejelas-jelasnya supaya gak bisa lagi ada celah untuk dijadiin alesan.
Persis kayak para wakil rakyat bikin RUU *elap keringat, peres... elap keringat, peres...*
But, singkat cerita, it worked! ^__^

Mungkin di antara yang baca ada yang mikir, ntar kalo rewardnya udah dapet dia balik lagi dong ke kebiasaan lama??
MUDAH-MUDAHAN yah, insya Allah engga hehhehee....
Asal kebiasaan langsung pulang udah kebentuk, moga2 sih lebih gampang ya ke depannya. At least saya sangat berharap begitu. Soalnya udah bertaon-taon nih ngurus issue ini, mulai rempong aye... ^.^''
Dan kalo ga mempan juga sih saya bisa aja sita noh rewardnya selama beberapa waktu hohohohoho..... *ketawa jahat*

Beberapa minggu lalu saya bikinin TREASURE CHEST alias Peti Harta Karun buat memotivasi si D berperilaku baik sehari2nya. Sederhana aja sih, cuman satu wadah yang saya isi 3-4 reward kecil kayak kembang api, mainan kecil, penghapus pinsil, “voucher” tidur ditemenin Mama, atau apa aja yang kepikir.

Ini treasure chestnya - maap ya tampang saya sensor, buat keamanan :P (somehow nih blogger saya lagi eror, kagak bisa liat fotonya nongol, semoga bisa keaplot dg bener):


Note: saking hepinya, itu sekotak kolor baru juga ikut dia jeblusin ke treasure chest, ckckck....

Ini isinya:


Ini dalemnya, ada mainan uler2an juga:


Nah, buat point-nya, saya sempet kepikir mau pake bola2 pompom dimasukin ke gelas, atau apa gitu. But akhirnya saya pake yang udah ada aja di rumah *ngirit* meskipun bosen kayanya ya: our beloved biji saga hehehe....
So, idenya adalah catch D doing good, small as they are. Saban kali dia melakukan sesuatu yang baik, biarpun kecil, saya kasih dia 1 scoop biji saga (scoop-nya pake tutup botolnya), ditampung di cangkir plastik yang biasa buat agar-agar itu. Ntar kalo cangkir dah penuh, dia boleh pilih 1 item di treasure chestnya. Tapi kalo dia sengaja nolak melakukan sesuatu yang baik, atau berbuat hal yang tidak senonoh (apaaan seehh... wkwkwkwkw... maksudnya hal2 yang ga baik gitu), saya bisa juga kurangin 1 scoop.


Worked like magic! :D :D *Mama ketawa penuh kemenangan*
Suddenly dia jadi angelic D. Well, at least buat 2 hari pertama, sampe reward yang paling menarik hatinya udah berhasil digaet, baru deh rada loyo dikit semangatnya ngumpulin reward hehehehe....

Lucunya, dia ikut-ikutan bikinin saya Mama’s Treasure Chest @.@


Isinya beberapa voucher yang menarik (menurut dia, bukan menurut saya):


Keterangan:
- Da tidur sama Mama -> maksudnya “D tidur sama mama”, dia singkat namanya karena tempatnya gak cukup
- Da ke kolam ora dwasa -> “D ke kolam orang dewasa”, maksudnya waktu berenang (jadi saya kudu ngajak dia berenang! -.-‘) dia akan temenin saya ke kolam orang dewasa
- Mama di kolam ank kecil -> maksudnya saya nemenin dia ke kolam anak-anak (so, berenangnya 2x nih?! Ckckck...)

Dia kasih saya 1 scoop biji saga kalo saya juga kasih dia 1 scoop biji saga, atau kalo saya “berbuat baik” sama dia, hahahah... Kadang2 terharu, kadang2 jengkel, kadang2 lucu liatnya :)

2 hari yang lalu, saya ajak dia berenang karena kebetulan skulnya libur. Malemnya dia pengen tidur ditemenin Mama, jadi dia bilang, gini:
D : Mama dapet ya rewardnya, jadi malem ini Mama tidur sama D ya...
M : Oh, kan tadi D udah nemenin Mama ke kolam dewasa, jadi Mama udah dapet dong rewardnya.
D : Engga, reward yang itu mah buat nanti, kalo D kenaikan kelas. *Jaka sembung bawa gitar, gak nyambung, Jreeeng...*
M : Oh.... (terpaksa mengalah, cape)

Begitulah kisah our treasure chests :)

5 comments:

  1. Halah...bener2 anak lihai, sampe mikirin reward buat loe segala HAHAHAHAHAHAHHH...duh, makin baca detil tentang si D, makin beneran kebayang betapa nuar biasa capenya loe kudu mikirin segala hal biar si D tuh kaga sampe ngalamin yang enggak2 (contoh kasus yang dia bilang di perosotan itu). Itu tulisan tangannya lumayan tuhhhhh si D teh he he he...hasil gemblengan mamanya juga yah? HE HE...

    ReplyDelete
  2. Hahhaaaa, lucu amat sih... idenya dia tuh gak kebayang yah ladenin dia tiap hariii, pasti ngakak mulu saya baca aja udh smbil senyam senyum gak jelas ^^,

    ReplyDelete
  3. Fidi HartadinataTue Sep 24, 11:15:00 PM

    Hebat nat,lucu tentang reward na,biasa anak kecil sekarang mah nakal and lebih pinter2,jadi kudu lebih sabar wae nya

    ReplyDelete
  4. Bwaahahhaaa, terus kaya gitu yah D biar aunty terhibur baca celotehan2 mami tentang kamu :p wkwkkwkwkwk
    Tapi serius, lucu loh baca cerita2 tentang dia, dari dlu soal pertanyaan dinosaurus bsa kentut gak, smpe skrg hal2 yg baru wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Hi..mama D..kreatif bgt mamanya bikin rewa rd nya,,, saluttt :D, Puji Tuhan Keiko skrg dah gak sesusah dulu kalo jemput skul..krn dah pake jemputan...malah kdg dia minta saya yg jemput..anak 2 ..... mereka di kasih sama kita bikin kita buat lebih sabar sepertinya...dan slalu bergantung sama sang EMPUNYA hikmat . Semangatttt Mama D

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)