Tuesday, March 26, 2013

Selumbar di Matamu



“Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”  Matius 7:5


Baru-baru ini saya tertampar oleh ayat ini. 
Pasalnya, anak saya tuh suka cerita ke saya ngaduin kesalahan temennya, nge-judge gitu lah. Contohnya: “Mah, tadi si X narik2 tangan si Y loh sampe mau jatuh, ngga baik ya begitu Mah?”  atau “Si Z itu suka melek loh Mah, kalo lagi berdoa!” atau pernah juga bilang, “Bapak itu tadi bilang GILA loh Mah, ga boleh ya, begitu? GILA itu kan bad word ya?”

Padahal si D sendiri juga suka narik2 or terkadang malah menggebuk temen yg bikin dia marah.
Si D juga kadang2 melek kalo berdoa, lha kalo ga melek dari mana dia tau si Z juga melek? :D
Dan setelah dijelaskan bahwa kata GILA itu kadang2 bukan bad word, misalnya GILA BOLA yg artinya SANGAT SUKA BOLA, baru dia ngerti.

Kadang saya rada2 prihatin jadinya. Kok anak saya ini kayanya suka banget cari-cari kesalahan orang laen. Terutama di sekolah, di mana dia paling banyak ketemu temen2 sebaya, selain cari kesalahan temen, si D juga sangat terbeban (oh betapa halusnya istilahku) untuk mengoreksi kesalahan temennya.

Diliat2 mirip siapa ya....?

Huhuhuhu... dengan berat hati saya ngaku, MIRIP SAMA MAMANYA!  ...>_<...

Yup saya juga suka mengoreksi kesalahan dia.
Menurut saya sih saya masih lakukan ini dalam kapasitas saya sebagai orangtuanya, yang emang kudu harus musti mendidik dia, sebatas maksimal yang saya mampu, supaya dia jalan di jalan yang benar.
Cuman si D kok bukannya nyerep ajaran tentang hal-hal yang benar, malah nyerep gaya saya mengoreksi dia... @.@

Tapi beberapa hari yang lalu mendadak saya seperti ditunjukin apa yang sebenernya selama ini saya kerjakan. Selama ini saya berusaha mengeluarkan selumbar dari mata anak saya. Kemungkinan besar dengan balok masih bertengger di mata saya sendiri.
Gimana dong caranya ngeluarin balok dari mata saya?

Saya rasa Tuhan ngasih tugas berat mendidik seorang anak buat saya yang penuh kekurangan dan mata berbalok ini juga dengan maksud khusus buat saya: buat mengasah dan menajamkan saya. “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya”-Amsal 27:17.

Seudah ngelewatin tahun-tahun awal di mana saya dan suami menabur benih-benih ajaran yang baik, mungkin sekarang udah saatnya kami bersabar mengamati tunas-tunasnya tumbuh.
Gak perlu dan gak bisa “cerewet” lagi, anaknya udah gak terima dicerewetin :)
Saya rasa ajaran tentang apa yang baik dan apa yang jelek udah cukup nyerep di dalam diri D, tinggal dia terapkan dalam kesehariannya. Koreksi tentu masih perlu, buat hal-hal yang mendesak aja kali ya. Selebihnya kami harus sabar2 menahan diri, ngebiarin D belajar dengan caranya sendiri, bikin kesalahan2 yang perlu dia alamin sendiri.
Sekarang ini yang lebih dia perlukan adalah contoh konkrit penerapan dari apa yang kami ajarin, alias TELADAN HIDUP.
Balok di mata saya harus dikeluarkan dengan cara berusaha jadi teladan hidup buat D.

Ajubileh susyahnye :)

Saya nulis posting begini bukannya saya udah berhasil jadi teladan. Waduuhhh masih jauuuhhhhh banget.
Salah satu PR terbesar saya adalah PITCH CONTROL. Bukan waktu nyanyi, tapi mencegah diri supaya ga “menyanyi” (dg nada setinggi lengkingan 8 oktafnya Mariah Carey) gagara kepancing emosi kalo liat si D “menyanyi” duluan (dia sering sekali menyanyi, baik secara harafiah maupun “menyanyi” dalam arti tereak2 marah :P ).

So, jadi teladan hidup? Yuuk mareeee.... ^___^

3 comments:

  1. GOOD LUCK deh yah buat kalian berdua...salut ama mawas dirinya he he he he...kalo gua sih dulu membangkang dalam hal "Will you LET ME make my own mistakes and learn from them on my own?" Dasar si bebal he he he...ini waktu fase remaja sih lebih kerasanya teh he he he he...

    ReplyDelete
  2. Mel, kayanya si D mirip elu dah hahaha... Susah pisan loh ngebiarin anak bikin salah n belajar sendiri dari kesalahannya. So, as always, KUDOS to tante Mimi!

    ReplyDelete
  3. Iya ga gampang yah? But sebagai anak, komo pas lagi remaja mah parah pisanlah boro2 mikirin perasaan ortu LOL!!! Skrg mah lebih kebayang sih da kita ga pengen orang laen (komo anak sendiri nya) terjerumus ke jurang/lubang/selokan he he he...but iya sih, takjub ama my Mom yang let me go far away esp. sebelom dia sendiri ketemu R2. And that is one of the things I really treasure from my Mom. She makes me feel that she trusts me and my judgment = appreciate my own decisions as a human being walaupun jero hate mah meureun ga hayang ngebiarin gua pergi jauh he he...

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)