Sunday, January 13, 2013

Confessions of a galaw mom :)

Banting tulang ngegedein anak emang gak ada matinye... Kayanya kok susaaahhh amat. Beneran deh yah child bearing and child rearing jadi susah payah akibat kejatuhan manusia dalam dosa.

Coba sapa ortu yang gak usaha dengan baca2 buku parenting? Kayanya udah baca sejubrek buku yah? Yang suaminya ga demen baca, baca sendiri gak sih, trus di-stabilo-in bagian2 pentingnya, trus kasih suami baca? :) Atau yang lebih rajin lagi, bela-belain nerjemahin bagian2 pentingnya supaya suami mau ikutan baca? Hihihi... (eum.. ini bukan pengalaman pribadi :P )

Dari segambreng teori, awalnya masih banyak yang bisa dipraktekin. Lama-lama makin anak tambah gede, teori-teori itu berontokan satu persatu. Sampe akhirnya kita bikin teori sendiri, hahaha... Tapi bener, soalnya metode2 yang bisa diterapkan itu ya cocok2an sih. Karena setiap anak emang dari sonohnya beda-beda. Seorang sodara saya pernah bilang gini ttg twin girlsnya: “Di dalam perut sama2, ngedidiknya sama2, tapi C&K tuh bedaaaa bgt.”

Namanya ortu, selalu berusaha ngasih yang terbaik en ngajarin yang terbaik.

Kita ngajarin anak bahwa makan junk food itu gak baik.
Eh bukannya jadi demen makanan sehat, si anak malah menghakimi temen2nya yang makan junk food.

Kita ngajarin anak supaya sabar nunggu giliran, mau sharing mainan, enggak egois.
Eh bukan jadi anak teladan yang berbudi luhur, si anak malah nangkepnya orang lain harus selalu didahulukan, dirinya sendiri ga penting.

Kita ngajarin anak supaya mandiri: mandi sendiri, makan sendiri.
Si anak malah ngerasa “mama enggak sayang” -> Ini sih bener pengalaman pribadi, anak saya suka ngeles gini kalo saya dorong utk mandiri: “Mamaw ga sayang D ya, soalnya D merasa gak diurusin” :O

Kita ngajarin anak supaya ga gampang nyerah kalo ketemu kesusahan.
Si anak malah merasa terlalu di-push sampe timbul akar pahit.

Kita ngajarin anak bahwa hasil yang jelek itu enggak apa-apa, karna dia masih dalam proses belajar.
Si anak jadi ogah usaha, merasa dirinya paling pinter dan paling hebat.

Kita ngajarin anak supaya berusaha yang optimal, jangan cepet puas ama hasil yang didapat.
Si anak malah tumbuh jadi kelewat perfeksionis.


Betapa susahnya nemu BALANCE. Di mana dalam proses mendidik anak, disiplin yang sehat diimbangi dengan pengertian bahwa anak (dan juga ortunya) masih dalam proses belajar. Perlu ada room for errors (room nya kudu yang luaasss ya). Bahwa kalo udah didisiplin berulang2 kok ga berhasil juga, itu bukan gak ada hasil, tapi BELUM KELIHATAN hasilnya.

Betapa susahnya terus BERTEKUN tanpa melihat hasil, karena kita orangtua jadi bertanya2 apa metode kita udah pas atau kelewat keras, atau kelewat permisif. Waktu hasilnya mulai keliatan, udah telat buat mengubah metode yang kita pake.

Saya juga pengennya mah jadi ortu yang sempurna. Minimal sesempurna yang saya bisa. Masa udah bela2in jadi SAHM -Stay At Home Mom- tapi ga bisa jadi supermom? Tapi pemikiran kaya gini ga bener, soalnya kalo pas keadaan lancar dan OK, saya jadi jumawa, besar kepala. Saya ngerasa bisa atau bahkan lebih baik dari mama2 lain. Pas lagi susah, baru saya bertobat en sadar betapa kadang2 yang anak tangkap dari didikan saya justru melenceng (banget) dari maksud saya.

Kalo lagi down, saya suka bilang gini ke Tuhan:
“Tuhan, saya nggak tau harus berbuat apa...”
Tuhan jawab: “Tanyalah padaKu, Aku Mahatahu.”

“Tuhan, saya kurang sabar. Tolong kasih saya kesabaran extra, tapi ga pake proses ya Tuhan, mau langsung hasilnya...”
Tuhan jawab: “Enak aje lu... :) Belajarlah kepadaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.”

“Tuhan, ampuni kalo selama parenting saya banyak salah dan kekurangan ya... Lindungi anakku dari kesalahan2ku, baik yang saya sadari maupun yang tidak saya sadari...”
Tuhan jawab: “Oke deh, karena Aku panjang sabar dan berlimpah kasih setia.”

Allah sanggup mengubah hal-hal yang tampaknya jelek menjadi kebaikan!
So, be encouraged, dear Moms.... Ga ada tuh supermom or a perfect mom. Yang paling baik tuh an ordinary mom yang mau belajar dan berproses dan bergantung pada Tuhan, sepenuhnya menyadari bahwa Tuhan yang memegang kendali.


Tetapi apa yang bodoh bagi dunia,
dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat,
dan apa yang lemah bagi dunia,
dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia,
dipilih Allah,
bahkan apa yang tidak berarti,
dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.
Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita.
Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.
Karena itu seperti ada tertulis:
“Siapa saja yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan.”

1 Korintus 1:27-31

3 comments:

  1. AKHIRNYAAAAAAAAA bisa baca juga. YAAAAAAAAAAAAAYYY!!! :-D

    My Mom tuh ga pernah baca parenting book da dia ga demen baca buku hi hi hi...kecuali waktu bacain buku buat gua yang ngotot minta dibacain buku beratus2 kali kajeun udah apal (waktu gua belom bisa baca buku sendiri). Tapi gua selalu inget my Mom bilang berkali2, "Emangna boga anak teh ngeunah? Ngagedean badan anak mah gampang, tapi ngedidikna eta nu hese." HA HA HA HA HA HA HA...

    SETUJU banget soal an ordinary person yang bergantung penuh ke God da kalo manusia sempurna mah moal butuh God nya... Kemaren ini pas gua lagi frustrasi, gua sempet tanya ke God if there was anything good at all/purpose to all my turbulent frustration so that I could bear the turbulence better. Trus Dia jawab gini, "So that you'll look to Me for your worth instead of what the world deems as your worth." :-D And my heart was appeased he he...

    But anyway, I always respect you A LOT as a parent, Piot, apalagi karena D tuh kan unik yah and skrg masih tahap di mana si Ivan tuh sering kudu papisah ama kalian juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanx Mel! Such kind n encouraging words. And I admire u n ur mom VERY much. So much wisdom flowing from both of u :)

      Delete
  2. Mama darrreeeeennnnn......sama sama, aku juga lagi galauuuuu ngadepin Keiko, saya sampai sedih bgt, sepertinya gak ada guna saya di rumah...hikkss..ini lagi bener2"jatuh" karena sejak dia ultah kemarin dia "sulit", saya juga ngerasa buku parenting itu kayak mama D, cuma sekarang saya byk doa, byk..byk..cuma itu usaha saya, dan juga minta sama Tuhan spy mama dan papanya di beri kekuatan , thx mama D, buat sharing ...

    ReplyDelete

Ayooo silakan berkomentar.... :)